FIFA 18 VS PES 2018 : Perbandingan Gameplay, Grafis & Fitur Terbaru

Bersiap-siaplah bagi anda yang suka sekali mengenai game sepak bola, karena kehadiran 2 game yang paling poluler di dunia akan segera hadir dengan edisi terbaru, yakni FIFA 18 VS PES 2018. Kehadiran dua game terbaru ini tak terlepas dari musim terbaru liga sepakbola klub-klub di Eropa yang dimulai sejak agustus bulan kemarin. Ada banyak penggemar dari kedua seri game ini, dan ketika timbul pertanyaan sederhana, manakah yang terbaik? tentunya ini akan berbeda jawaban dari setiap gamer, juga termasuk saya. Jadi, mari kita lihat beberapa fitur unggulan yang ditawarkan masing-masih game tersebut dibawah ini.

Game PES dan FIFA sejak dulu selalu menjadi dua saingan abadi yang tidak pernah lelah untuk memberikan sesuatu yang terbaiknya kepada penggemar, sehingga kedua produsen game ini berusaha memberikan sesuatu yang berbeda dari musim ke musim.PES 2018 akan terlebih dahulu dirilis, dimana game ini akan dirilis secara global tanggal 12 september 2017, sedangkan FIFA 18 akan dirilis dua minggu kemudian atau tepatnya pada tanggal 29 september 2017.

Ada banyak hal yang menjadi sisi keunggulan dari dua game yang hadir pada satu genre yang sama, beberapa diantaranya menjadi sisi unik tersediri dari setiap permainan yang dihadirkan, dan yang lainnya merupakan kelebihan umum yang biasa hadir pada setiap musim yang berbeda. Penasarn apa saja fitur terbaru dari kedua game tersebut dan letak perbedaan yang dihadirkan? mari kita ungkap sekilas dari kedua game tersebut dibawah ini.

1. FIFA 18 VS PES 2018 : Cover Baru dengan Simbol Persaingan Abadi

Ketika Real Madrid merupakan musuh besar dan saingan abadi dari FC Barcelona, hal yang sama ditampilkan pada sampul cover depan antara PES 2018 dan FIFA 18. PES 2018 mengangkat tema dengan gambar Luis Suarez atau beberapa cover terbarunya yang kental dengan Barcelona seperti seperti kehadiran beberapa rekan Suarez seperti Lionel Messi, Inesta dan sebagainya. Ini bukan berarti mereka mengungulkan tim ini, melainkan produsen game telah mengontrak mereka atau lebih khususnya Luis Suarez sebagai bagian dari cover game PES 2018 terbaru.   

Berbeda halnya dengan sampul cover yang dihadirkan dari FIFA 18 , dimana produsen ini lebih memilih Cristiano Ronaldo sebagai bagian dari cover utamanya (termasuk juga deri seri edisi khusus). Ikon populer dari Real Madrid ini tentu menjadi pilihan terbaik untuk bisa menyaingi saingannya yang memakai sampul Barcelona, walaupun pada intinya lebih menghadirkan kualitas permainan yang lebih unik, nilai grafis yang jauh lebih tinggi serta fitur yang dihadirkan jauh lebih mewah.

   

2. FIFA 18 VS PES 2018 : Gameplay

Untuk urusan gameplay, baik dari FIFA 18 maupun PES 2018 memiliki sisi kelebihan dan beberapa fitur unik tersendiri. Sebagai contoh, ada banyak perbaikan besar untuk gameplay yang dihadirkan PES 2018 maupun FIFA 18 yang menjanjikan kecepatan permainan yang realistis dan sistem set piece ulang.

Untuk PES 2018, kini anda bisa menggunakan bagian tubuh pemain untuk mengontrol bola berkat fitur Real Touch + yang terbaru. Selain itu, kini pemain akan memiliki lebih banyak pilihan saat “bermain-main” dengan  bola daripada sebelumnya. Ini tentu tak lepas dari kehadiran Strategic Dribbling terbaru yang memungkinkan kita untuk membuat sentuhan yang jauh lebih halus, termasuk saat kita akan men-tackle lawan.

Hal yang sama juga dilakukan oleh FIFA 18, dimana salah satu keunggulan game ini adalah kehadiran “real player motion technology” yang akan menggunakan gaya secara realitis dari setiap pemain serta gaya dribbling sebenarnya dari beberapa pemain top dunia. Anda akan melihat bagaimana cara sebenarnya tendangan bebas Cristiano Ronaldo serta gaya sprint Raheem Sterling sesuai dengan karakter aslinya.





3. FIFA 18 VS PES 2018 : Grafis

Sisi grafis merupakan salah satu perbaikan lain yang dihadirkan pada kedua game tersebut. Dimana anda tentu saja akan melihat perbedaan grafis dari seri sebelumnya. Dan perlu diingat pula, seiring dengan peningkatan grafis yang dihadirkan, maka anda harus melihat syarat minimal untuk sistem bagi mereka yang masih tetap setia pada desktop PC.

Salah satu hal yang cukup signifikan pada game PES 2018 adalah pilihan grafis yang lebih baik pada area tertentu. Konami telah memperbaiki grafis mereka dan menyertakan lebih banyak untuk urusan pemindaian wajah pemain daripada sebelumnya, sehingga gambar yang dihadirkan lebih realistis dan hampir serupa dengan wajah pemain asli.

 

Hal yang sama juga terjadi pada FIFA 18, walaupun menurut saya FIFA 18 sedikit lebih baik dalam hal urusan grafis. Ini karena mereka memakai scan wajah pemain yang sebenarnya termasuk juga dalam hal urusan presentasi.

4. FIFA 18 VS PES 2018 : Fitur Baru

Kehadiran pemain baru, pilihan stadion yang lebih banyak dan lebih banyak merupakan salah satu perbaikan lainnya yang dihadirkan pada kedua game tersebut. Pilihan fitur baru ini tentu akan membuat kita semangat dalam setiap gameplay yang kita mainkan pada stadion utama atau kandang lawan yang terasa menyeramkan.

Salah satu hal yang paling signifikan dari Konami Untuk PES 2018 terbarunya kehadiran stadion baru dan kita akan melihat bentuk yang jauh lebih megah dan realistis dibanding sebelumnya. PES kini memiliki kesepakatan lisensi yang besar dengan Barcelona, Borussia Dortmund dan Liverpool. Hasilnya, kini mereka juga memperbaiki tata letak viusal permainan, memperbaiki pencahayaan dan atmosfer dan stadion. Konami bahkan telah menciptakan terowongan dengan menggunakan lebih dari 20.000 elemen data asli yang rumit yang dikumpulkan di Camp Nou dan Signal Iduna Park.

Hal yang sama juga terjadi pada FIFA 18, dimana merka terus menambah daftar stadion berlisensi tahun ini dan sekali lagi akan mencakup semua stadion yang ada pada Liga Primer baru. Juga, kehadiran stadion Wanda Metropolitano terbaru yang berharga 60 Miliar yang menakjubkan dari Atletico Madrid serta Center StubHub LA Galaxy yang mengesankan akan muncul dalam permainan untuk pertama kalinya.

5. FIFA 18 VS PES 2018 : Harga & Pilihan Platform Yang Tersedia

Dengan semakin banyaknya kemudahan dan akses untuk konsumen dalam membeli, maka pilihan harga menjadi salah satu faktor yang dilihat bagi mereka yang menginginkan salah satu atau kedua game tersebut.

Untuk PES 2018, harga yang ditawarkan sekitar Rp. 670,000 rupiah. Ini tentu akan mengeluarkan dana yang cukup lumayan, namun sesuai dengan apa yang dihadirkan game ini. Sedangkan untuk FIFA 18 akan memiliki harga sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan PES, yakni sekitar 780 ribuan, dengan perbedaan sekitar 100 ribuan.

Sedangkan untuk platform yang didukung pada kedua game ini diantaranya :

  • FIFA 18 : PlayStation 4, Nintendo Switch, Xbox One, Xbox 360, PlayStation 3, Microsoft Windows
  • PES 2018 : PlayStation 4, Xbox One, PlayStation 3, Xbox 360, Microsoft Windows

Nah, sebaiknya gunakan platform yang sudah tersedia untuk anda saat ini daripada membeli yang baru.

Kesimpulan

Itu dia sedikit ulasan singkat mengenai beberapa hal yang terbaru termasuk sisi keunggulan dari kedua game yang memiliki genre yang sama ini. Dan dari semua hal tersebut, tentu akan ada banyak pendapat dari masing-masing pengguna, termasuk anda. Namun yang pasti, persiapkan perangkat anda dengan pilihan yang terbaik, apalagi kedua game ini sudah menyediakan layanan pre Order dimana anda sudah bisa memesannya dari sekarang. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments