Begini Cara Mudah Reset Bios Pada Komputer

Tidak semua orang tahu cara untuk reset BIOS atau CMOS , dan ada kalanya anda perlu untuk meresetnya ketika komputer anda terlihat memiliki masalah. Jika komputer memiliki masalah seperti booting, kesalahan saat boot, atau masalah yang abnormal lain yang tidak dapat diselesaikan, anda bisa mencoba mengatur ulang CMOS ke pengaturan default seperti yang akan dijelaskan di bawah ini.




Muat Pilihan Default atau Reset Pada Bios

Dalam konfigurasi CMOS, anda bisa mencari opsi untuk mengatur ulang nilai-nilai CMOS yang biasanya tertera dalam menu pilihan pengaturan default atau pilihan Fail-safe. Untuk itu, hal yang perlu anda lakukan adalah :

  • Masuk Ke BIOS ketika komputer pertama kali dihidupkan atau direstart. Biasanya, tombol singkat untuk masuk ke Bios adalah tombol Delete, bisa berbeda pada setiap produsen.
  • Pada menu Bios, anda bisa dengan mudah mencari pilihan Default atau Fail-safe. Akan ada tombol fungsi untuk melakukan hal ini. Misalnya, F5, F6, F9, F11, atau tombol F12, untuk menetapkan sebagai jalan pintas dalam memuat pengaturan default. setup lain mungkin memiliki daftar pilihan yang dapat anda gunakan tombol panah.

  • Ketika menemukan dan memilih pilihan ini, anda mungkin akan ditanya apakah Anda yakin Anda ingin memuat default. Tekan Y untuk ya atau panah ke opsi ya.
  • Setelah nilai default telah ditetapkan, pastikan untuk menyimpannya sebelum anda keluar dari pengaturan Bios.

Reset Configuration Data

Jika Anda baru saja menambahkan hardware baru atau nilai ulang default tidak membantu menyelesaikan masalah boot, Anda juga mungkin bisa mengatur ulang data konfigurasi.

Catatan: Tidak semua layar pengaturan CMOS memiliki fitur ini.

  • Anda bisa masuk lagi ke Bios
  • Pilihan tersebut biasanya di bawah menu Advanced
  • Jika Anda bekerja pada komputer dengan Phoenix BIOS yang memiliki Main – Advanced – Security – dll di bagian atas layar, Anda bisa mendapatkan untuk pengaturan ini dengan menggunakan panah kanan untuk pindah ke pilihan Advanced.

  • Di bawah Advanced, anda bisa melihat pilihan Reset Configuration Data dan ubah nilai dari Disabled atau No to Enabled ke pilihan Enabled atau Ya.
  • Setelah selesai, tekan tombol F10 untuk keluar dan menyimpan setup.

Lazada Indonesia
Dalam PnP Konfigurasi / PCI

Jika Anda bekerja dengan BIOS Phoenix yang memiliki pilihan yang berbeda dan salah satunya adalah PnP Configuration / PCI, anda bisa memindahkan kursor ke opsi ini dan tekan Enter. Dalam Konfigurasi PnP / PCI, anda bisa mengubah Reset Configuration Data dari Disable ke Enable.

Setelah dilakukan, tekan tombol F10, Simpan setup dan Keluar CMOS.

Metode Hard reset CMOS

Setelah dilakukan, tekan tombol F10, Simpan setup dan Keluar CMOS. Jika langkah di atas ternyata tidak mengatur ulang pengaturan CMOS, atau ternyata anda memiliki password untuk masuk Bios dan anda lupa, sebaiknya melepas baterai CMOS, seperti yang ada di gambar. Proses ini menyebabkan komputer untuk melupakan semua pengaturan CMOS, termasuk password. Tunggu 5 menit setelah anda mengeluarkan baterai, kemudian tempatkan kembali baterai ke motherboard dan nyalakann komputer.

jumper atau dip switch
jumper atau dip switch

Jika komputer Anda tidak memiliki baterai CMOS atau Anda tidak dapat menemukannya, Anda bisa melakukan hard reset pada CMOS dengan menggunakan jumper atau dip switch di motherboard. Informasi tentang ini dapat ditemukan di buku manual komputer atau motherboard Anda .



Comments