Group Hacker Di Turki Membuat Kompetisi Meretas Dan Berhadiah Pula

Sekelompok hacker Turki terkemuka yang selalu melakukan serangan yang dilancarkan pada Situs, kini mereka menjadikan kejahatan tersebut sebagai semacam permainan dan mereka bahkan memberikan hadiah kepada orang-orang yang berhasil mencapai target yang telah ditetapkan khususnya bagi mereka yang berhasil meretas situs tertentu.




Hal ini memberikan loyalitas poin yang diberikan group hacker tersebut bagi orang-orang yang berhasil pada setiap serangan singkat mereka terhadap sejumlah kecil situs web. Poin login papan skor dan hal ini pun dapat diuangkan serta mereka bisa memiliki akses gratis ke hacking tools lainnya.

Semua situs yang ditargetkan dan dijalankan oleh organisasi tersebut biasanya yang menentang dengan pemerintah Turki ataupun yang berlawanan ideologi dengan mereka. Perusahaan yang berkaitan dengan keamanan, Forcepoint mengatakan bahwa biasanya mereka menjalankan serangan pada sebuah situs tertentu setelah group hacker tersebut telah menawarkan poin hadiah untuk serangan tertentu.

Hadiah tersebut bisa diambil di situs yang disebut “Surface Defence“, situs yang dijalankan dari jaringan web gelap Tor dan memberikan hacker akses alat untuk memulai serangan web yang disebut Sledgehammer.

Alat ini berusaha untuk menyerang situs web agar bisa pergi secara offline dengan membombardir mereka dengan lebih banyak data dari yang mereka biasa dapat menangani, dan jenis serangan ini biasa dikenal sebagai Distributed Denial of Service.


Coba Gratis Anti Virus Terbaik Kapersky Selama 30 Hari


Sebuah hadiah dari satu titik diberikan untuk setiap 10 menit dari serangan yang diarahkan pada salah satu target, kata Forcepoint dalam sebuah laporan. Target tersebut termasuk kepada sekelompok komunitas Kurdi yang biasa menjalankan kampanye mereka, juga ada target untuk organisasi media, partai politik oposisi dan situs genosida Armenia.

Selain itu, mereka juga berhasil memukul situs dari Uni Demokratik Kristen Jerman dan festival film Israel. Dan uniknya, akan ada sebuah papan skor secara live dimana hal tersebut juga dilihat langsung oleh peneliti keamanan Forcepoint yang menunjukkan bahwa hacker dari berbagai kelompok yang berbeda di Turki telah mengambil bagian dalam kompetisi tersebut.

Hacker di atas papan biasanya telah mengumpulkan lebih dari 450 poin. Hadiah tersebut termasuk alat serangan DDoS yang lebih canggih, Fraud bots untuk software penipuan dan software hacker lainnya.

“Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah hacker yang telah dibuat semacam ‘gamified’ platform hacking dimana setiap peserta bisa bersaing satu sama lain, dan mungkin juga mereka bisa menghalalkan segara cara untuk memenangkan kompetisi tersebut” kata Carl Leonard, analis keamanan utama dari Forcepoint dalam sebuah pernyataan.

Mr. Leonard mengatakan bahwa kelompok tersebut mungkin telah di”gamified” hacking dalam upaya untuk menarik hacker lainnya dan membangun “massa kritis” dari penyerang yang dapat memiliki dampak nyata pada target.

Namun, Forcepoint dalam laporannya mengatakan bahwa analisis alat Sledgehammer mungkin menunjukkan ada alasan lain di balik kompetisi tersebut, dan mengingat bahwa keadaan di negeri Turki tersebut sedang memanas.

Perangkat lunak ini tampaknya memiliki pintu belakang built in yang memungkinkan mata-mata dari penciptanya kepada siapa pun yang menggunakannya. “pembuat alat ini sedang berusaha untuk meretas seorang peretas ” kata Forcepoint.



Comments