Produk AMD Terbaru Zen CPU Di Tahun 2016

Beberapa waktu lalu Perusahaan AMD  mengungkapkan roadmap untuk beberapa tahun ke depan yang meliputi GPU terbaru ( kartu grafis yang baru tiba di kuartal ini dengan High Bandwidth Memory ) dan CPU terbarunya di tahun kedua 2015 dan awal tahun 2016. AMD akan memiliki 7000 seri baru CPU Carrizo yang akan keluar tahun ini , tetapi mereka lebih dispesifikasikan untuk notebooks .Namun  yang lebih menarik adalah rencana AMD untuk 2016 menampilkan prosesor terbaru mereka yaitu CPU : x86 Zen .

Pada tahun 2016 , Zen CPU ini akan menggunakan Simultaneous Multithreading ( SMT ) – mirip dengan Intel Hyperthreading – yang akan memungkinkan dalam hal peningkatan kinerja 40 % Instruksi Per Jam ( IPC ) throughput. Zen ini dicap juga memiliki ” high- bandwidth, sistem cache latency yang rendah, ” yang memungkinkan upaya perusahaan untuk membawa memori bandwidth yang tinggi untuk teknologi selain selain daripada GPU . Zen CPU dan APUS akan berjalan pada soket AM4 yang terbaru yang mendukung memori DDR4 .

Zen dan kartu grafis terbaru AMD merupakan fokus baru pada bagian desktop yang mempunyai  kinerja tinggi , di mana perusahaan ini akan memberikan daya saing yang signifikan untuk melawan  produk dari Nvidia dan Intel . Prosesor Zen akan mulai didistrubisikan pada tahun 2016. Yang pertama keluar dari seri ini akan menjadi high-end desktop  CPU .

i-35L9S0T2w0.878x0.Z-Z96KYq

K12 & X86 Core Dikonfirmasi akan Datang di Awal 2016

Rory Read seorang  Chief Executive Officer AMD mengungkapkan dalam sebuah wawancara dengan Bloomberg bahwa AMD juga akan menargetkan pada kuartal pertama tahun 2016 dalam  peluncuran produk yang berdasarkan teknologi terbaru AMD .

AMD juga saat ini bekerja pada beberapa desain produk yang akan memanfaatkan teknologi baru ,yang juga termasuk dual core CPU dengan kinerja tinggi baik yang berbasis ARM & X86 , Bandwidth Memory atau HBM untuk jangka pendek, Processor – in Memory atau PIM untuk proses manufaktur 14nm FinFET pendek dan canggih .

Rory juga menegaskan kembali bahwa produk roadmap & peluncuran jadwal yang jauh hari telah direncanakan akan lebih dapat diandalkan dibandingkan sebelumnya . Dengan insinyur AMD yang teruji akan membuktikan mereka dapat memberikan desain baru dari waktu ke waktu .

AMD masih memiliki beberapa produk yang akan datang sebelum kita melihat K12 pada kuartal pertama 2016. Carrizo APUS datang tahun depan bersama dengan x86 & ARM SOC 20nm pin yang kompatibel yang terbaru . Namun kita tidak akan melihat generasi berikutnya yang mempunyai kinerja tinggi dari produk FX CPU sampai tahun 2016. Hal ini sebelumnya dikonfirmasi oleh AMD CVP & GM dari divisi klien Bernd Lienhard selama sesi tanya jawab di APU14 .

Inti CPU baru ini akan sangat mungkin disertai dengan antusias socket baru dan chipset . Namun hal ini  masih belum jelas apakah AMD akan memperkenalkan soket terpadu untuk kedua APUS dan kinerja yang tinggi dari CPU atau jika mereka masih akan mempertahankan segmentasi pasar saat ini .

Berita telah beredar secara konsisten dari AMD yang bekerja pada desain GPU dengan  menggabungkan 3D Stacked High- Bandwidth Memory . Yaitu 20nm Pirate Islands dari keluarga GPU yang dimulai dengan GPU  unggulan Fiji yang datang tahun depan . Meskipun kita harus menunggu sampai 2016 untuk melihat baru desain CPU AMD untuk beraksi , 2015 masih menjadi tahun yang sangat menarik untuk grafis .



Comments