Modus Penipuan Secara Online dan cara Menghindarinya

Cybercrime adalah bisnis yang sangat menguntungkan bagi para penjahat Internet , Pencuri yang keluar untuk mencuri uang Anda , dan jika mereka tidak bisa mendapatkan Anda secara langsung ,mereka bisa membobol  password melalui  rekening bank online Anda , mereka akan mencoba untuk mencuri identitas Anda atau menginfeksi komputer dengan spyware – yang , dan pada gilirannya , dapat digunakan untuk mendapatkan informasi pribadi untuk mengakses uang Anda .

Meskipun ada banyak cara penjahat ini menipu anda secara online , Anda dapat mempersenjatai diri dengan belajar setidaknya mengenali penipuan cybercrime yang paling umum . Beberapa hal dibawah ini patut anda pelajari untuk menghindari terjadinya penipuan secara online maupun mencegah malwar jahat masuk ke data pribadi anda.

1. Email Scams




Beberapa bentuk paling awal dari cybercrime adalah penipuan melalui email , yang terus berkembang hingga hari ini . Berikut adalah lima jenis yang paling umum :

Scam Dengan Modus Undian

Scam model ini adalah salah satu jenis yang paling umum dari penipuan email , di mana Anda menerima notifikasi apa yang tampak seperti email resmi dari sebuah perusahaan lotre asing . Baris subjek yang menawarkan pengumuman ucapan selamat , dan mungkin termasuk jumlah uang yang lumayan besar dan mengatakan bahwa  Anda ” menang . “

Berikut adalah tanda-tanda bahwa kemenangan undian anda palsu:

Pengirim tersebut  Apakah Nama Individu. Jika pengirim adalah individu – atau, setidaknya, jelas tidak memiliki email lotere secara resmi – maka bisa memastikan bahwa hal tersebut adalah  scam ,misalnya, mikesmith1453@earthlink.com tentu tidak akan menjadi orang penting untuk memberitahu Anda bahwa Anda telah memenangkan beberapa juta dolar.

Lottery /undian Tidaklah Exist. Melakukan pencarian Google yang sederhana. Apakah lotere bahkan ada? Anda mungkin menemukan bahwa tidak hanya lotere palsu , tapi bahwa scam itu terdokumentasi dengan baik.

Meminta informasi. Email scammer biasanya rutin meminta nama lengkap Anda, tanggal lahir, alamat jalan, dan nomor telepon. Hal ini dikenal sebagai penipuan phishing, yang dirancang untuk mendapatkan data Anda untuk mengungkapkan informasi pribadi yang sensitif. Setelah Anda merespon dengan informasi ini, Anda sudah bisa tertipu, dan akhirnya mungkin berakhir dengan identitas yang telah dicuri atau, bahkan lebih buruk, rekening bank telah kosong.

Scam dengan modus Survei

Penipuan email Ini umumnya terlihat cukup polos . Dan mungkin beberapa dari anda telah menyatakan berminat dalam isu-isu sosial , seperti pemanasan global atau perang di Timur Tengah , dan Anda sudah dikirim untuk survei yang meminta masukan Anda . Mengapa tidak berpartisipasi ? Kecuali Anda sudah secara khusus meminta untuk berada di survei milis , apa yang Anda dapatkan hanyalah spam.

Ketika Anda mengklik pada link email untuk mengambil survei , spyware berbahaya atau malware akan secara otomatis diinstal pada komputer Anda apalagi jika anda tidak memiliki anti virus yang baik. Setelah ini terjadi , penjahat cyber dapat memata-matai setiap gerakan yang Anda buat di komputer Anda , mengumpulkan password , informasi rekening bank , dan banyak lagi. Tiba-tiba , Anda mungkin melihat ribuan dolar biaya pada tagihan kartu kredit Anda dalm  pembelian Anda yang tidak pernah dibuat . hal ini adalah hasil dari pencurian identitas , dan dapat merusak kehidupan Anda .

Scam/ Penipuan yang bermodus PayPal atau Kartu Kredit Online / Perbankan

Pada awalnya , Anda mungkin benar-benar percaya ada sesuatu yang salah dengan account PayPal Anda , karena Anda akan menerima email yang tampaknya seperti dari PayPal dengan pesan peringatan seperti , ” Bertindak sekarang , atau akun Anda akan dinonaktifkan , ” atau ” pelanggaran Keamanan pada akun Anda . ” Hal ini dapat menyebabkan Anda panik , membuka email , klik link , dan masuk ke akun Anda .(Hal ini juga bisa terjadi bukan hanya melalui akun paypal,atau bank lainnya, akun game online yang anda mainkan bisa diambil)

Masalahnya adalah bahwa Anda tidak benar-benar di website PayPal , melainkan sebuah website palsu yang dirancang untuk terlihat sama dengan PayPal . Anda baru saja memberikan  alamat email dan password untuk account PayPal Anda yang sebenarnya ke cybercriminal , yang sekarang dapat menggunakan informasi tersebut untuk mengubah password Anda kedalam situs yang benar-benar resmi, dan jika mereka telah berhasil melakukanya, tentu akan menjadi mimpi buruk bagi anda.

Berikut adalah beberapa cara yang pasti untuk mengetahui apakah email dari PayPal tersebut asli atau  scam:

Alamat Email pengirim tersebut apakah Mencurigakan. Hanya jika karena nama pengirim adalah “PayPal Security Center” tidak membuatnya sah. Alamat seperti “security-paypal-center@int.paypal.uk.org”  sudah tentu berbeda dengan paypal resmi.

Korespondensi yang dimulai dengan “Pelanggan yang terhormat” adalah scam karena mereka Tidak Tahu Diri Anda. Entah itu PayPal atau perusahaan kartu kredit Anda, jika Anda melakukan bisnis dengan mereka, mereka tahu nama Anda dan akan menggunakan setiap kesempatan untuk menggunakannya.

URL Linked Bukan sah. Arahkan mouse anda ke atas link “Click here atau klik disini” atau “mengambil tindakan sekarang” , dan jika Anda melihat URL aneh yang tidak membawa Anda ke PayPal.com, jangan klik.

Nigeria Scam

Salah satu dari penipuan email lebih umum adalah cek penipuan dari Nigeria. Contohnya adalah ketika  Anda menerima email dari sebuah kerajaan yang terdengar orang dengan nama “Sir Arthur Von-Monsoon,” atau “Barrister Frank N. Stein” dengan permintaan untuk membantu memulihkan sejumlah besar uang dari bank di luar negeri.

Sebagai hadiah, Anda akan menerima potongan uang tunaiyang lumayan wah. Bagus, ya? Anda diberitahu bahwa uang akan ditransfer ke rekening bank Anda; Oleh karena itu, Anda harus memberikan informasi rekening bank Anda. Juga, ada biaya transfer yang terlibat, dan Anda harus membayar mereka juga. Setelah Anda membayar beberapa ratus dolar, menunggu rejeki nomplok besar kepada Anda, Anda menerima email lain yang menyatakan ada beberapa jenis perampokan, dan Anda harus mengirimkan sedikit lebih banyak uang.Hal Ini terus berlanjut sampai Anda menyadari bahwa uang habis tidak tersisa.

2. Scam/Penipuan Lewat Jejaring Sosial

Tidak hanya dari Email saja yang harus anda waspadai, tetapi dari situs jejaring sosialpun bisa menjadi kesempatan yang besar bagi penjahat seperti ini untuk melakukan aksinya. Salah satunya melalui penipuan dengan pesan lewat facebook.

Facebook Scam

Anda harus waspada terhadap permintaan uang dari teman – terutama karena hoax ini bisa tampak sangat nyata. Katakanlah Anda memiliki teman yang sering bepergian dan memposting gambar dan mengupdate tentang berbagai hal yang eksploitasi.

Tiba-tiba, ia mengirim pesan penting yang mengaku terjebak di suatu tempat di luar negeri dan membutuhkan uang untuk pulang. Sebelum Anda mengirim, mencoba untuk menghubungi dia dengan cara lain. Dia bisa menjadi korban dari account hack.Hal inilah yang anda harus waspadai dari modus penipuan lewat pesan Facebook.

Jika anda mengenali account facebook tersebut adalah teman dekat anda atau setidaknya memang dikenal dan memang meminta pertolongan, ada baiknya anda menghubungi langsung ke orangnya. Namun jika tidak benar , berarti akunnya telah dihack oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Foto Scam yang Mencurigakan

Hal ini adalah salah satu cara yang paling umum penipu  online untuk  memperoleh informasi login untuk membajak akun . Salah satu teman Anda , yang telah di-hack akun , memposting link pada halaman Anda dengan pesan seperti , ” OMG ! Apakah ini gambar telanjang ini adalah Anda ? “

Hal ini menyebabkan Anda panik dan Anda mengklik linktersebut , kemudian anda  menemukan diri kembali di halaman login Facebook . Dengan melakukan ini , Anda baru saja mengungkapkan  Facebook ( atau Twitter ) mengenai informasi login account Anda . Sekarang , beberapa cybercriminal di luar sana menggunakan profil Anda untuk mencoba untuk menipu teman Anda .




URL Scam Yang Tersembunyi

Sebagai pengguna Twitter , anda mungkin  selalu menggunakan TinyURL.com untuk mempersingkat link . Banyak pebisnis yang sah melakukan hal ini untuk mendapatkan  batas karakter Twitter .

Ketika Anda menerima follower baru di Twitter , periksa  update mereka sebelumnya . Apakah mereka semua terlihat seperti spam ? Apakah mereka mengikuti ribuan orang , namun memiliki beberapa pengikut mereka ? Apakah gambar profil mereka layak seperti taruhla Victoria Secret atau Maxim katalog penutup ? Jika hal ini terjadi , berhati-hatilah . Mengklik link mereka bisa membawa Anda ke situs web di mana spyware atau malware mungkin mendownload sendiri ke komputer Anda tanpa sepengetahuan Anda .

Terakhir adalah jika Anda telah jatuh kedalam  salah satu dari penipuan online, Anda tentu tidak sendirian . Penipu online sangat pintar , menggunakan metode licik untuk mendapatkan informasi dan uang dari orang-orang yang tidak menaruh curiga . Namun, Anda dapat melindungi identitas Anda dan uang Anda dengan mempersenjatai diri dengan pengetahuan – serta memperingatkan  anak-anak Anda , teman-teman anda untuk  menghindari jatuh korban scammers .

Comments