ASUS Luncurkan Kartu Grafis GeForce RTX 40 SFF-Ready

ASUS Luncurkan Kartu Grafis GeForce RTX 40 SFF-Ready

ASUS telah meluncurkan kartu grafis “Ada” Seri Utama GeForce RTX 40-series, yang dirancang untuk memenuhi spesifikasi SFF-Ready baru dari NVIDIA. Standar ini mewajibkan dimensi maksimum 304 mm x 151 mm x 50 mm (panjang x tinggi x tebal) agar kartu grafis memenuhi syarat sebagai SFF-Ready.

Meskipun NVIDIA menargetkan standar ini pada GPU segmen performa dan kelas antusias (RTX 4070 SUPER dan lebih tinggi), ASUS telah memperluas penerapannya dengan menyertakan RTX 4060 Ti, RTX 4070, dan RTX 4070 SUPER.

Baca juga: Review ASUS ROG Strix XG27UCS: Monitor Gaming 4K Terbaik Tahun 2024?

Fitur dan Desain Utama

Kartu Seri Prime memiliki desain yang sama pada model RTX 4070 SUPER, RTX 4070, dan RTX 4060 Ti, berukuran 269 mm x 120 mm x 50 mm. Desain kompak ini mematuhi kriteria SFF-Ready, memastikan kompatibilitas dengan build faktor bentuk kecil (SFF). Namun, konfigurasi heatsink dan PCB bervariasi antara model RTX 4070/SUPER dan RTX 4060 Ti.

ASUS Luncurkan Kartu Grafis GeForce RTX 40 SFF-Ready

Fitur menonjol dari kartu ini adalah sistem pendingin canggih. Setiap kartu dilengkapi dengan trio kipas 70 mm yang memberikan ventilasi pada heatsink fin-stack aluminium. Desainnya mengoptimalkan aliran udara, dengan sebagian besar udara dari kipas ketiga melewati heatsink dan keluar melalui lubang besar di pelat belakang. Mekanisme pendinginan yang efisien ini memastikan kinerja optimal bahkan di bawah beban berat.

ASUS Luncurkan Kartu Grafis GeForce RTX 40 SFF-Ready

Input Daya

Persyaratan daya berbeda antar model:

  • RTX 4070 SUPER: Menggunakan input 12VHPWR 16-pin.
  • RTX 4070 dan RTX 4060 Ti: Mengandalkan input daya PCIe 8-pin tunggal.

Varian & Performa

ASUS menawarkan total enam SKU dalam Seri Prime, dengan dua varian per GPU. Setiap varian GPU meliputi:

  • Model Standar: Mematuhi kecepatan clock referensi NVIDIA.
  • Model OC: Menampilkan overclock pabrik kecil untuk meningkatkan kinerja.

Menariknya, Seri Prime tidak menyertakan model apa pun yang berbasis RTX 4070 Ti SUPER atau RTX 4080 SUPER saat ini. Dengan berfokus pada RTX 4060 Ti, RTX 4070, dan RTX 4070 SUPER. ASUS mungkin bertujuan untuk menyediakan serangkaian opsi yang memenuhi kebutuhan performa berbeda dengan tetap mempertahankan ukuran ringkas yang diperlukan untuk sistem SFF.

Reaksi Komunitas

Tampaknya, tidak semua orang senang dengan branding baru “SFF-Ready”. Beberapa pengguna mengungkapkan skeptisisme dan kekecewaan mereka di forum. Peluncuran kartu grafis seri Prime GeForce RTX 40 dari ASUS memicu berbagai reaksi dari komunitas teknologi, dengan banyak yang menyuarakan skeptisisme dan kritik mereka terhadap standar baru “SFF-Ready” yang ditetapkan oleh NVIDIA. Intinya, meskipun diberi label SFF-Ready, namun kenyataannya itu  tidak benar-benar sesuai dengan kriteria faktor bentuk kecil.

Beberapa orang berpendapat bahwa branding SFF-Ready disalahgunakan. Alih-alih menciptakan GPU yang benar-benar ringkas dan efisien yang sesuai dengan etos faktor bentuk kecil, produsen hanya memberi label pada model yang lebih besar dan kurang sesuai sebagai SFF-Ready untuk memanfaatkan standar baru. Penyebutan spesifik RTX 4060 Ti dan RTX 4070 Super menggambarkan maksud mereka, menunjukkan bahwa model-model ini terlalu besar untuk mewakili standar SFF-Ready.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com