Update Windows 11 KB5034765 Bermasalah, Bug Kritis dan Kritik Pengguna

Update Windows 11 KB5034765 Bermasalah, Bug Kritis dan Kritik Pengguna

Upaya Microsoft untuk meningkatkan pengalaman Windows 11 dengan update KB5034765 terbaru telah membuat pengguna bergulat dengan banyak sekali masalah, mengubah apa yang diharapkan sebagai perbaikan rutin menjadi memusingkan banyak orang.

Dirilis pada 13 Februari, pembaruan ini bertujuan untuk menghadirkan peningkatan non-keamanan untuk Windows 11 22H2 dan 23H2 namun malah menimbulkan tantangan yang tidak terduga.

Baca juga: Tips Hindari File Berbahaya Dari Nomor Tidak Dikenal Di WhatsApp

Pengguna yang bersemangat menginstal pembaruan KB5034765 segera menghadapi berbagai masalah. Laporan berdatangan tentang hilangnya Taskbar secara tiba-tiba, kerusakan tak terduga pada File Explorer, dan keluhan penurunan kinerja sistem pasca pembaruan. Microsoft secara resmi mengakui masalah ini, menandai contoh lain dari ketidakpuasan pengguna terhadap pembaruan Windows.

Masalah Instalasi

Selain masalah fungsionalitas, beberapa pengguna mengalami kendala selama proses instalasi itu sendiri. Kemajuan akan terhenti pada 96 persen, disertai dengan pesan kesalahan “0x800F0922” yang mengecewakan, menandakan bahwa “sesuatu tidak berjalan sesuai rencana.”

Sebagai tanggapan, Pembaruan Windows akan memulai rollback, mengembalikan sistem ke kondisi sebelumnya. Microsoft telah mengetahui masalah ini di dasbor Windows, meyakinkan pengguna bahwa pengembang secara aktif mengerjakan solusinya.

Perbaikan Sementara Microsoft

Sambil menunggu patch resmi, Microsoft menyarankan solusi bagi pengguna yang mengalami masalah instalasi. Dengan menghapus folder tersembunyi “C:$WinREAgent” dan kemudian memulai ulang pembaruan KB5034765, pengguna dapat mencapai instalasi yang berhasil, sesuai dengan rekomendasi Microsoft.

Terlepas dari kekacauan yang disebabkan oleh pembaruan ini, ada perbaikan dan perbaikan penting yang disertakan. Pengenalan “pengalaman” Copilot baru yang menggantikan fitur “tampilkan desktop” menonjol. Selain itu, pengguna di Windows 11 22H2 dapat mengharapkan solusi untuk masalah yang memengaruhi pengumuman Narator, Explorer.exe, dan pengunduhan metadata perangkat.

Patch Keamanan dan Perbaikan Zero-Day

Sisi positifnya, pembaruan KB5034765 mengatasi masalah keamanan penting. Sebanyak 73 kerentanan keamanan telah ditambal, dengan lima di antaranya diberi label kritis, mengatasi kekhawatiran terkait eksekusi kode jarak jauh, penolakan layanan, dan peningkatan hak akses. Selain itu, dua kerentanan zero-day yang dieksploitasi secara aktif – satu pada Fitur Keamanan SmartScreen (CVE-2024-21351) dan satu lagi pada Fitur Keamanan File Pintasan Internet (CVE-2024-21412) – telah berhasil diatasi.

Kesimpulan Awal

Saat pengguna Windows 11 menunggu perbaikan komprehensif untuk tantangan yang diperkenalkan oleh pembaruan KB5034765, Microsoft menekankan komitmennya untuk segera menyelesaikan masalah ini.

Pengguna disarankan untuk terus mendapatkan informasi melalui saluran resmi dan menerapkan patch atau solusi apa pun di masa mendatang yang disediakan oleh Microsoft untuk memastikan pengalaman Windows 11 yang lebih lancar dan aman.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com