HP Pavilion Aero 13-BE002AU Review : Laptop Ringan, Kinerja Nendang!

HP Pavilion Aero 13-BE002AU Review : Laptop Ringan, Kinerja Nendang!

Punya laptop yang dukung mobilitas tinggi tentu saja sangat menyenangkan, apalagi jika performanya powerful. Nah, dari sekian banyak laptop hebat yang mendukung hal tersebut, HP Pavilion Aero 13 bisa menjadi kandidat ideal untuk pergi.

Mengapa begitu? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Update Harga GPU AMD Radeon RX 6000 Series (Desember 2022)

HP Pavilion Aero 13-BE002AU : Yang Kami Tahu Sejauh ini

Harga

Laptop ini disebut HP Pavilion Aero 13-BE002AU, dimana harganya itu sekitar 14 sd 15 jutaan. Nilai yang cukup tinggi, tapi bisa sepadan. Beberapa fitur utama yang ditawarkan juga cukup menggiurkan.

Cek harga terbaru HP Pavilion Aero 13-BE002AU 👉 https://shope.ee/6ABYGP2MTd

Desain

Benefit terbesar laptop ini itu ada di dukungan mobilitas. Laptop ini ringan banget bro, malah punya berat dibawah 1Kg loh sama ketebalan cuma sekitar 1.6 cm. Mereka yang suka pergi keluar dan pengen enggak ribet saat bawa laptop, setidaknya seri ini bisa jadi jawaban ideal.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Kalo desain sih relatif. Kami lihat kalau desainnya lebih ke arah clean sama simple. Estetika enggak terlalu keliatan banget, kayak standar laptop HP seperti yang biasa pernah coba.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Tapi kualitas materi yang ditawarin lebih solid dibanding edisi entry level.

Konektivitas

Kalo konektivitas sih lengkap, cuma opsinya enggak banyak. Buat port, bagian kiri ada port HDMI, USB Type A sama USB Type C dan port jack audio. Bagian kanan cuma ada port USB Type A sama Jack power.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Simple, tapi lengkap. Sayangnya, mereka yang punya banyak perangkat pasti perlu beli perangkat extra agar bisa tersambung semuanya. Apalagi, laptop ini enggak nyediain card reader.

Kalo networking, HP Pavilion Aero udah dukung WiFi 6 sama Bluetooth 5.2 combo. Opsinya udah modern dan bisa memenuhi standar internet kenceng.

Audio & Webcam

Audio laptop ini sangat baik. Dengerin musik atau nonton video jelas, meskipun tingkat suaranya enggak bisa tinggi banget. Tp cukup sih, apalagi audionya udah pake Bang & Olufsen lewat dual speaker.

Kalo webcam, resolusinya dukung 720p dan udah terintegrasi dual array digital microphones. Kualitas gambar sih cukup buat sekedar misal konverensi video, tp kalo lebih dari itu pasti perlu beli perangkat extra.

Layar & Fitur Extra

Kalo layar, ukurannya cukup kecil sekitar 13.3 Inci, tapi punya resolusi besar nyampe 2560×1600 atau sebutan pendeknya WQXGA. Panelnya udah IPS, kecerahan tinggi nyampe 400 Nits sama udah dukung sRGB nyampe 100%. Kualitas layar ok punya, enggak cuma buat kebutuhan multi media, kalangan konten creator juga bisa cocok tuh.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Buat keamanan extra, laptop ini udah dukung finger print. Login bisa makin aman, meskipun fitur extra yang dibawa enggak banyak banget sih.

Spesifikasi Inti

Processor AMD Ryzen™ 7 5800U (up to 4.4 GHz max boost clock, 16 MB L3 cache, 8 cores, 16 threads)
Memory 16 GB DDR4-3200 MHz RAM (onboard)
Hard drive 512 GB PCIe® NVMe™ M.2 SSD
Display 13.3″ diagonal, WQXGA (2560 x 1600), IPS, micro-edge, anti-glare, 400 nits, 100% sRGB
Wireless connectivity Realtek Wi-Fi 6 (2×2) and Bluetooth® 5.2 combo (Supporting Gigabit data rate)
External ports 1 SuperSpeed USB Type-C® 10Gbps signaling rate (USB Power Delivery, DisplayPort™ 1.4, HP Sleep and Charge); 2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate; 1 HDMI 2.0; 1 AC smart pin; 1 headphone/microphone combo
Minimum dimensions (W x D x H) 29.7 x 20.9 x 1.69 cm
Weight <1 kg
Power supply type 65 W Smart AC power adapter
Battery type 3-cell, 43 Wh Li-ion polymer
Battery life mixed usage Up to 10 hours
Video Playback Battery life Up to 9 hours and 45 minutes
Webcam HP Wide Vision 720p HD camera with integrated dual array digital microphones
Audio Audio by B&O; Dual speakers; HP Audio Boost

Nah, bobot yang ringan bukan berarti punya spek ringan juga. Malah udah cukup powerful buat kebutuhan aplikasi menuntut.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

 

CPU udah pake Ryzen 7 5800U yang punya 8 core sama 16 threads. Clockspeed tinggi nyampe 4.4 Ghz, meskipun konfigurasi default TDP cuma sebesar 15W.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Dipake buat urusan kerjaaan menuntut masih nyaman. Buktinya tes CinebenchR23 sama Blender masih bisa bersaing sama CPU Intel terbaru.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

RAM defaultnya 16GB DDR4 3200 Mhz. Sayangnya, RAM enggak bisa diupgrade. Itu karena enggak ada slot buat RAM, opsinya udah di solder sama produsen. Cuma, fiturnya udah dual channel, jadi performa masih ok dan sangat mencukupi.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Storagenya udah pake SSD kapasitas 512GB. Interfacenya PCIe gen3  NVMe dan speed juga kenceng nyampe 3GB/s. Enggak ada slot tambahan buat SSD, jd jika pengen upgrade. Yg lama perlu diganti dulu.

Kalo grafis, opsinya pake Radeon Graphic bawaan CPU. Cukup buat kebutuhan kasual atau game ringan kayak judul eSPort DOTA atau CS:Go. Di Resolusi 1080p masih dapet fps yang nyaman.

Tapi buat kebutuhan beban grafis yang lebih menuntut sih mending jangan. GPU ini punya batasannya, enggak sebaik grafis external.

Ruang Upgrade

Btw, bongkar laptop secara DIY cukup mudah. Enggak butuh waktu lama, cuma perlu tau kuncinya aja. Contoh, bagian baud tersembunyi. Perlu buka bantalan bawah.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Tapi sekali lagi, ruang upgrade terbatas. Enggak ada slot buat RAM sama SSD cuma satu slot.

Keyboard & Touchpad

Keyboard yang dipake punya tombol yang cukup besar dan jelas. Ada backlight juga sama pemakaiannya nyaman. Tombol shortcut juga ada, entah buat ngatur kecerahan atau volume.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Touchpad juga luas, cuma area lebar mungkin agak terbatas. Tapi nyaman buat dragging sama kliknya juga enggak keras.

Performa

Di tes pake software PC Mark10 punya overall score nyampe 5084. Buat kegiatan kasual seperti web browser atau produktivitas kayak spreadsheet masih ok.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Apalagi CPUnya udah punya fitur multi-tasking yang bagus. Tapi buat kegiatan pembuatan konten misal photo editing mungkin agak terbatas. Grafisnya masih integrated dan enggak powerful banget.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Nah, di 3D Mark Time Spy makin jelas dari performa overall laptop ini. Graphic scorenya cuma 1054, kalo CPU score lebih ok nyampe angka 5268.

Kinerja Baterai & Suhu

Btw, baterai laptop ini pake 3 cell 43Wh Li-Ion polymer yang punya kapasitas 3242 mAh. Klaimnya itu bisa punya daya tahan nyampe 9 jam 45 menit buat pemakaian video playback.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Nyatanya ternyata enggak segitu. Ini malah cuma daya tahan nyampe 4.42 menit saat tes nonton video. Main game bisa berkurang cuma nyampe 2.20 menit.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Kami pikir ada kemungkinan sampel yang dipake udah berkurang kualitasnya. Apalagi laptopnya enggak fresh banget.  Tapi kalo suhu sih aman dan enggak panas. Dipake multi-tasking kayak jalanin cinebench suhu enggak lebih dari 70.

Simpulan

HP Pavilion Aero 13 jelas punya benefit dari mobilitas dengan bobot yang super ringan. Kualitas layar juga terbaik. Harga disisi lain masih terhitung cukup ramah ketika ngeliat spek inti.

Sayang, kinerja baterai enggak sebaik apa yang diklaim. Mereka yang butuh daya tahan baterai pasti perlu ngelirik laptop lain. Meskipun buat kebutuhan kasual sih masih mencukupi. Ruang upgrade juga terbatas, malah enggak ada slot RAM sama sekali. Tapi kapasitas 16GB udah jauh dari cukup.

HP Pavilion Aero 13-BE002AU

Meskipun begitu, rekomendasi tetep ada. Apalagi buat kalian yang butuh solusi laptop super ringan buat dibawa kemana-mana tanpa ribet.

Jadi, itu dia ulasan singkat HP Pavilion Aero 13. Enggak semua diungkap, tapi semoga bermanfaat!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com