FSP Hydro M Pro PSU Series : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

FSP Hydro M Pro PSU Series : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

FSP dikatakan jadi salah satu merk PSU (atau biasa juga disebut Power Supply) unggulan yang udah lama berpengalaman dan diperhitungkan hingga hari ini. Dan kini, produsen memiliki PSU seri terbaru Hydro M Pro yang bisa menjadi penengah antara fleksibilitas, harga dan performa.

Penasaran? Simak lebih detailnya dibawah ini.

Baca juga : External SSD vs HDD : Solusi Antara Harga & Kinerja

Sekilas Tentang FSP

Bicara tentang produk PSU dari FSP sih pasti enggak ada habisnya. Misal, merk FSP jadi salah satu brand yang udah cukup lama dan berpengalaman buat urusan Power Supply. Malah merk populer kayak Silverstone atau Zalman juga ambil engine PSU nya dari FSP.

Meskipun, awalnya FSP lebih dikenal buat urusan produk industri dan kurang terlalu populer dikalangan konsumen mainstream. Tapi sejak tahun 2002, hal tersebut berubah ketika produsen mulai menjual produk dengan nama brand tersebut.

Apa yang menarik, FSP ternyata jadi salah satu merk yang punya label sertifikat resmi terbanyak clearesult.com, situs resminya 80 plus. Jadi setidaknya produk mereka bisa dipercaya dalam urusan kualitas maupun label efisiensi yang dibawa.

Tentang Hydro M Pro

Nah, dari sekian banyaknya produk PSU FSP, seri terbaru muncul sebagai penengah antara fleksibilitas dan harga. Itu tidak lain adalah Hydro M Pro yang punya fitur semi modular. Meskipun terkadang suka banyak yang berpendapat kalo PSU tipe Semi modular katanya nanggung. Mending ambil full modular aja sekalian.

FSP Hydro M Pro PSU Series

Pendapat itu sebenernya enggak salah juga, Cuma menurut saya pribadi sih PSU tipe ini tetep ada hal positifnya. Contoh, PSU semi modular masih bisa memudahkan untuk mengatur kabel-kabel, fleksibilitasnya ada, bisa masang kabel sesuai kebutuhan, terus harga juga dirasa lebih ramah dibanding seri full modular.

Nah, hal yang dirasa nanggung menurut kebanyakan user itu biasanya terkait tipe kabel tetap 24 pin sama kabel CPU. Ini relatif, dan sebenernya kalo panjangnya mencukupi maka itu masih dipertimbangkan.

Harga

Hydro M Pro kapasitas 800W itu sendiri punya harga sekitar 1.1 jutaan hingga 1.2 jutaan lebih. Nilai itu bisa terhitung mahal, apalagi label sertifikatnya masih 80 plus bronze. Tapi jika dibanding tipe modular, harga dirasa masih nyaman. Tapi sekali lagi, mahal atau enggaknya sih relatif.

Btw, seri Hydro M Pro punya 4 varian kapasitas. Itu tentu bisa menuhi kebutuhan maupun menyesuaikan harga yang dimiliki konsumen, diantaranya :

Untuk garansi, PSU ini punya cakupan garansi hingga 5 tahun.

Desain

Buat desain, FSP Hydro M Pro itu sendiri punya ukuran ATX, panjang sekitar 15 cm dan lebar sekitar 14 cm. Design overall solid, mulai dari finishing, tipe kabel juga katanya flat high-grade ribbon. Mudah buat ngatur, kualitas juga ok punya.

FSP Hydro M Pro PSU Series

FSP Hydro M Pro PSU Series

Btw, kabel tetap PSU ini 24 pin sama buat power CPU, malah power CPU udah siap dukung dual CPU power 8-pin x2. Sisa kabel yang bisa dilepas PCIe 6+2 total jumlahnya ada 4, SATA ada 8, dan molex ada tiga. Jadi, RIG modern pake PSU ini udah ready, Cuma kalo buat dukungan GPU terbaru yang pake PCIe Gen5 belum tuh. Perlu beli converter tambahan buat 16 pin langsung.

Fan ukuran 12cm bawaan PSU ini diklaim juga bisa ngasi cooling lebih efektif. Alesan utamanya kipas udah pake hydraulic bearing, yang punya benefit dari ketahanan lebih panjang sama enggak berisik juga.

FSP Hydro M Pro PSU Series

Spesifikasi Inti

FSP Hydro M Pro Series
Rated Output Power 500W,600W,700W, 800W
Form Factor ATX
80 PLUS Certification 80 PLUS® 230V EU Bronze
Input Voltage 200-240V
Input Current 6A
Input Frequency 50-60Hz
PFC Active PFC
Efficiency 0,88
Fan Type HYB Fan, 120mm
Dimensions(L x W x H) 150 x 140 x 86mm
Protection OCP, OVP, OPP, SCP

Sekali lagi, FSP Hydro M Pro itu udah bawa Rating 80 plus bronze. Efisiensi saat bekerja di beban 50% bisa nyampe 89% dan rata-rata nyampe 88%. Ini malah udah diuji dan terdaftar di clearesult.com, situs resminya 80plus.

FSP Hydro M Pro PSU Series

Jadi, setidaknya PSU dengan label rating resmi sudah terbukti dan bisa memberikan kepercayaan lebih bagi konsumen. Soalnya suka ada label palsu diluar sana yang cuma memasang 80 plus, nyatanya enggak ada di daftar.

FSP Hydro M Pro PSU Series

Terus PSU ini juga punya beberapa fitur unggulan lain. Misal, desainnya udah single rail 12V, ideal buat GPU yang butuh tenaga paling haus daya. Kualitas kapasitor 450V terbaik, siap dukung dibawah beban kerja paling keras sekalipun, kayak suhu tinggi, fluktuasi tegangan puncak. Jadi stabilitas bakal lebih terjaga.

FSP Hydro M Pro PSU Series

Label keamanan juga lengkap, entah OCP, OVP, OPP dan SCP. Ini penting, karena sudah memenuhi syarat safety misal bisa mencegah perangkat dari korsleting. Atau PSU bakal segera mati ketika kelebihan tegangan. Nyatanya, enggak semua merk diluar sana yang punya label safety lengkap dan resmi.

Simpulan

FSP Hydro M Pro kalo diliat dari harga mungkin relatif, tapi menurut kami pribadi sih masih nyaman. Fitur semi modular juga bukan pilihan yang buruk, karena PSU ini masih menawarkan fleksibilitas yang baik. Misal mengatur kabel GPU atau SATA bisa nyesuain kebutuhan.

Terus kualitas FSP juga enggak usah diragukan lagi. Rating 80 plus sama label keamanan udah terdaftar resmi, siap dukung perangkat high-end juga.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang FSP Hydro M Pro, khususnya varian 800W. Enggak semua sih diungkap, tapi semoga bermanfaat ya!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com