HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review : Ryzen 7 5800H vs RTX 3050 Combo Ampuh?

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review : Ryzen 7 5800H vs RTX 3050 Combo Ampuh?

Butuh laptop powerful yang mendukung segudang pekerjaan menuntut? HP VICTUS GAMING 16 dengan kekuatan AMD Ryzen 7 5800H bisa jadi solusi ideal lain untuk dipertimbangkan.

Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : Apacer NOX 16GB DDR4 3200 Mhz Review : Harga Murah, Overclocking Mudah

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

HP VICTUS GAMING 16 itu sebenernya punya banyak varian, khususnya dari tipe spek yang ditawarin. Nah, kami sendiri dapet sampel dengan opsi prosesor Ryzen 7 5800H sama GPU RTX 3050. Kayaknya versi ini enggak tersedia di indo, yang tersedia itu GPUnya pake RTX 3060.

Jadi kalo harga, kami belum bisa ungkap sepenuhnya. Tapi Kalo ingin versi dengan GPU RTX 3060 harganya sekitar 18.9 jutaan, tp katanya sekarang ada diskon harga nih. GPU bisa lebih powerful, Cuma SSD didapet kapasitasnya 512GB. Sedangkan seri yang kami pake hingga 1TB.

Desain

Desain HP VICTUS GAMING 16-e0094AX overall positif. Bahan casing laptop ini mungkin biasa, materinya masih plastik. Tapi kokoh dan punya finishing yang baik. Selain itu, ada tambahan estetika dari sisi logo V yang punya kesan simpel tapi elegan.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Kalo bobot cukup berat sekitar 2.46 KG sama ketebalan sekitar 2.3cm. Pasti ribet buat dibawa keluar, terlebih lagi laptop ini punya ukuran layar yang besar juga. Cuma ya masih memungkinkan.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Keyboard juga simpel, tapi fiturnya lengkap. Ada tombol numpad juga. Itu sih pasti ok banget buat user yang butuh tambahan tombol di keyboard. Backlight ada, tapi enggak dukung RGB lighting. Kalian bisa atur manual lewat tombol shortcut buat aktifinnya.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Sayangnya, penempatan tombol power ada dibagian tengah sebelah tombol del. Kadang ini bisa pemicu sesuatu yang enggak diinginkan ketika salah mencet. Misal mau delete atau pencet tombol F12 saat ngetik, bisa malah nyentuh tombol power. Agak riskan kalo misal pekerjaannya enggak sempet di save.

Product name HP Victus 16-e0094AX
Microprocessor AMD Ryzen™ 7 5800H (up to 4.4 GHz max boost clock, 16 MB L3 cache, 8 cores, 16 threads)
Chipset AMD Integrated SoC
Memory, standard 16 GB DDR4-3200 MHz RAM (2 x 8 GB)
Video graphics NVIDIA® GeForce RTX™ 3050 Laptop GPU (4 GB GDDR6 dedicated)
Hard drive 1 TB PCIe® NVMe™ TLC M.2 SSD
Display 40.9 cm (16.1″) diagonal, FHD (1920 x 1080), 144 Hz, 7 ms response time, IPS, micro-edge, anti-glare, Low Blue Light, 300 nits, 100% sRGB
Wireless connectivity Realtek Wi-Fi 6 (2×2) and Bluetooth® 5.2 combo (Supporting Gigabit data rate)
Network interface Integrated 10/100/1000 GbE LAN
Expansion slots 1 multi-format SD media card reader
External ports 1 SuperSpeed USB Type-C® 5Gbps signaling rate (DisplayPort™ 1.4, HP Sleep and Charge);
   1 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate (HP Sleep and Charge);
  2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate; 1 HDMI 2.1; 1 RJ-45; 1 AC smart pin; 1 headphone/microphone combo
Minimum dimensions (W x D x H) 37 x 26 x 2.35 cm
Weight Starting at 2.46 kg
Power supply type 200 W Smart AC power adapter
Battery type 4-cell, 70 Wh Li-ion polymer
Battery life mixed usage Up to 8 hours and 45 minutes
Video Playback Battery life Up to 11 hours and 30 minutes
Webcam HP Wide Vision 720p HD camera with integrated dual array digital microphones
Audio Audio by B&O; Dual speakers; HP Audio Boost

Cek harga terbaru HP Victus 16-e0094AX disini

Layar

Btw, Layar HP itu sendiri ukurannya 16”. Ukuran yang dibawa terasa lebih luas, malah nyaman enggak Cuma main game semata. Buat editing atau hiburan juga bakal lebih berasa positifnya. Resolusinya Full HD, panel IPS dan dukung refresh rate 144 Hz sama waktu respon 7 ms.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Gamer bisa manfaatkan fitur ini buat dapetin pengalaman terbaik. Layar bakal terasa lebih smooth, apalagi saat main game kenceng. Disisi lain, kualitas brightness juga udah sangat memadai nyampe 300 Nits.

Konektivitas

Konektivitas juga lengkap dan modern. Ada 3 port USB A 3.0 yang udah dukung speed 5Gbps, port USB juga ada, fiturnya udah 3.1 Gen 1 dan dukung HP sleep and charge. Sisa Port I/O ada LAN, Jack audio combo sama Card Reader.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Networking nirkabel juga ada, fiturnya udah WiFi 6 sama Bluetooh 5.2 combo.

Audio

Audio pake Realtek dan udah dukung Bang & olufson, jadi soundnya itu renyah, bassnya berasa. Cuma max suara agak terbatas sih, enggak terlalu tinggi. Tapi cukup lah buat denger musik atau nonton hiburan di ruangan kecil.

Garansi & Bonus Software

Btw, kalian juga udah dapet bonus Windows 10 original, upgrade ke 11 juga memungkinkan. Trus ada bonus office juga, tapi trial sih. Perlu aktifin dulu dan batas waktunya Cuma sebulan. Kalo garansi, tertulis di web itu nyampe 2 tahun.

Ruang Upgrade

Benefit terbesar lain yang ditawarin laptop ini ada di ruang upgrade. Pertama laptop ini gampang dibongkar dan bisa banget dilakuin secara DIY alias Do it yourself. Enggak ribet gitu lah. Slot memori ada dua, defaultnya udah ke isi semua. Kalian bisa ganti RAM bawaan ke opsi yang lebih besar.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Tempat SSD juga ada dua slot M.2, satunya udah ke isi SSD bawaan. Sisanya masih kosong. Jadi jika rencana pengen nambah storage, kalian bisa pasang slot yang kosong, masih kompatible sama NVMe SSD gen 3.

Spesifikasi inti

Buat spek, ini jadi magnet utama yang ditawarin HP Victus gaming 16 ini. CPU sampel yang dipake itu Ryzen 7 5800H. Corenya ada 8, threadnya 16, clockspeed tinggi nyampe 4.4 Ghz, sama L3 cache nyampe 16MB.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

CPU ini masih jadi salah satu prosesor laptop terbaik nyampe sekarang. Di Cinebench R23 aja bisa ngasilin multi skor yang tinggi nyampe 9938 poin, masih lebih ok dibanding Core i7 generasi ke-11, Cuma kalo single core masih dibawah Intel.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Intinya sih prosesor masih tangguh buat kegiatan multi-tasking, jadi pasti banyak benefitnya buat mereka yang punya segudang aplikasi buannyak. Saat tes blender skenario BMW27 aja proses render udah kenceng, enggak butuh waktu 4 menit udah selesai.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Kalo GPU, GeForce RTX 3050 tentu juga opsi grafis ampuh lainnya di kelas mid-range. Gaming 1080p rata kanan masih mungkin, enggak terbatas buat game eSport atau judul triple A. Kami coba di Shadow Of The Tomb raider sama Red Dead Redemption 2 max setting framerate masih nyaman. Jadi, bisa banget deh buat mabar online bareng temen tanpa harus khawatir performa kurang nendang.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Default RAM bawaan kapasitasnya 16GB, pake dua keping. Speednya 3200 Mhz. Saya kira sih RAM udah mencukupi buat kebutuhan modern, entah gaming atau buat aplikasi menuntut.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Buat storage, SSD NVMe kapasitas 1 TB jadi pilihan utama. Speed read kenceng nyampe 1.6GB/s, writenya pun hampir sama. Bukan versi terbaik sih, Cuma masih ok dibanding standar SATA SSD. Apalagi kapasitasnya 1 TB.

Suhu & Performa Baterai

Buat suhu, khususnya prosesor terhitung tinggi, tapi sebenernya masih dalam batasan aman. Suhu rata-rata saat main game itu nyampe 86° Celsius saat laptop posisinya di charging. Idle bisa diatas 50° Celsius, kasual atau pekerjaan ringan nyampe 70° Celsius. Kalo pengen lebih aman, idealnya beli cooling tambahan, sama pemakaian ada jeda. Misal berhenti 10 menit setelah main game 3 jam sekali. Atau jangan sering di colok kabel chargingnya.

HP VICTUS GAMING 16-e0094AX Review

Sisi positifnya, kipas enggak berisik, saat kerja tinggi sekalipun. Jarang2 juga laptop gaming masih tetep quiet saat pemakaian intensif. Jadi nyaman lah dan bagian dek juga enggak terlalu panas.

Kalo baterai, karena laptop gaming biasanya enggak diprioritasin biar hemat energi, kinerja pasti agak kurang.Tapi, laptop ini nyatanya punya performa baterai dibawah rata-rata laptop gaming yang pernah kami coba, Terlebih lagi kapasitasnya cuma 3800 mAH.  Saat kerja kasual aja butuh waktu Cuma 2 jam, padahal rata-rata itu bisa nyampe 3 sd 4 jam.

Simpulan

Ruang upgrade yang baik, sama combo ampuh CPU dan GPU powerful tentu jadi magnet utama HP Victus Gaming ini. ukuran layar yang luas dan kualitas positif juga bonus tambahan lain. Jadi, laptop ini bisa ideal buat banyak kalangan, enggak Cuma gamer semata. Konten creator malah bisa dapet benefit juga.

Kalo desain sih mungkin relatif biasa, meskipun preferensi tiap orang bisa beda-beda. Cuma minus terbesar laptop ini sih dari sisi baterai yang dirasa lebih rendah dibanding rata-rata laptop gaming sekelasnya.

Penempatan tombol power dirasa bisa riskan, apalagi saat sedang mengerjakan aplikasi penting. Laptop bisa tiba-tiba mati saat salah mencet, bisa enggak ke save tuh. Buat suhu mungkin agak tinggi, tapi masih terhitung aman. Dan fan nya pun enggak berisik. Itu sih yang penting. Bagian dek juga enggak panas. Jadi pemakaian intensif bakal nyaman.

Jadi, itu dia ulasan singkat HP Victus Gaming 16. Enggak semua diungkap, tapi yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com