Home » Tips Upgrade SSD, Ketahui Lebih Pasti Sebelum Membeli

Tips Upgrade SSD, Ketahui Lebih Pasti Sebelum Membeli

Gimana sih cara upgrade ke SSD? Misal, kalian masih pake Harddisk dan ingin peningkatan performa yang lebih baik dengan pake SSD. Sebenernya cukup mudah dan pasti banyak yang udah tau juga tentang hal ini. Tapi enggak sedikit juga yang masih belum mengerti tentang hal tersebut.

Jadi dalam artikel tutorial kali ini, saya akan ungkap langkah-langkah untuk upgrade dari HDD ke SSD termasuk syarat penting sebelum melakukannya.

Baca juga : Rekomendasi Laptop Gaming Murah Tahun 2022

Ketahui Dulu tentang Tipe SSD

Ok, Upgrade storage ke SSD pastinya jadi momen terbesar tentang peningkatan kinerja sistem bisa lebih baik. Tapi kalian perlu mengetahui dulu tentang kompabilitas alias syarat agar proses upgrade ini bisa bekerja dengan baik dan sesuai harapan.

SSD itu sendiri punya banyak varian, entah standar SSD SATA maupun NVMe. Keduanya punya interface yang berbeda, dan kinerja juga berlaku sama. SSD SATA biasanya punya harga lebih terjangkau, namun itu masih lebih baik dibanding HDD. Umumnya SSD SATA kinerja dibatasi enggak lebih dari 600MB/s.

Tips Upgrade SSD

Sedangkan NVMe memakai interface PCIe yang punya potensi bandwith lebih besar, jadi kinerja bakal jauh lebih tinggi dibanding SATA. Kinerja bisa tergantung tipe PCIe yang didukung. Semakin baru generasi PCIe yang didukung, maka potensi kinerja bisa lebih baik. Malah sekarang udah ada generasi SSD PCIe 5.0 dengan potensi kinerja bisa diatas 10GB/s. Tapi harga biasanya jauh lebih mahal.

Disisi lain, SSD umumnya punya dua bentuk faktor, bisa datang dengan ukuran 2.5” atau M.2 Keduanya sangat berbeda dari ukuran. Biasanya, SSD dengan ukuran 2.5” bisa lebih fleksibel dari sisi pemasangan. Tapi SSD M.2 perlu perangkat yang mendukung slot tersebut, biasanya datang dari motherboard. Jadi, SSD ukuran 2.5” umumnya punya kompabilitas lebih baik dari ukuran yang dibawa, kalo SSD M.2 perlu motherboard yang kompatibel, apalagi jika SSD yang dipakai dukung generasi terbaru.

Baca juga : Berapa Sih Suhu SSD Yang Ideal itu? Simak Selengkapnya Disini

Syarat Upgrade ke SSD

Nah, dari patokan dasar diatas, setidaknya kita udah mengetahui fondasi penting saat akan upgrade. Pertama dari tipe SSD. Kalian bisa menyesuaikan dengan kebutuhan, entah SSD berbasis SATA yang biasanya harga lebih terjangkau. Atau ingin performa yang lebih baik lewat NVMe SSD, meskipun resiko harga lebih mahal.

SATA SSD umumnya datang dengan ukuran 2.5”, meskipun ada juga opsi M.2. Biasanya, SSD tipe ini masih ideal untuk dipertimbangkan buat pengguna yang punya anggaran terbatas. Selain itu, opsi ini cocok untuk pengguna yang masih punya perangkat lama, apalagi enggak ada slot M.2 di perangkat.

Kalo SSD berbasis M.2, biasanya ideal buat mereka yang ingin performa jauh lebih baik, apalagi jika tipenya NVMe. SSD ini tentu punya kinerja yang lebih superior, disisi lain enggak butuh ruang extra juga di casing, karena biasanya menyatu di motherboard. Tapi harga pastinya lebih mahal.

Nah, SSD NVMe biasanya punya kompabilitas tersendiri sesuai dengan generasi PCIe yang didukung. Misal, kalian berencana ingin memakai SSD PCIe 4.0, maka perangkat yang didukung misal motherboard juga perlu sesuai. Meskipun, sebenarnya masih kompatible dengan generasi lama. Tapi kinerja bakal terbatas.

Contoh kasus, SSD PCIe 4.0 dengan read speed up to 7GB/s masih bisa dipasang di slot M.2 yang masih dukung PCIe 3.0. Tapi kinerja bakal enggak maksimal karena biasanya PCIe 3.0 max Cuma dukung kinerja up to 4GB/s.

Baca juga : Rekomendasi NVMe SSD 500GB, Harga Lebih Terjangkau

Terus, Opsi SSD mana yang ideal?

Udah banyak tipe SSD hebat diluar sana, entah ukuran M.2 atau SATA. Banyak merek populer dengan opsi menarik, tapi enggak sedikit juga ada merk yang baru muncul. Harga bisa sangat menggoda, tapi menurut saya pribadi mending sesuaikan dengan anggaran yang kalian miliki. Langkah pertamanya itu.

Lalu, pastikan kejelasan spesifikasi produk di web resmi tentang merk yang ingin kalian beli. Biasanya langkah ini penting untuk mengetahui lebih detail SSD tersebut, entah potensi kinerja, varian kapasitas maupun garansi. Biasanya kalo enggak jelas, agak susah juga untuk direkomendasikan.

Dan jika budget sudah sesuai, terus kejelasan produknya ada, langkah terakhir itu sesuaikan dengan kebutuhan. Pengguna yang ingin kinerja powerful bisa ambil opsi terbaik. Biasanya ideal buat mereka yang sering berhadapan dengan kegiatan transfer data yang tinggi. Tapi orang-orang kasual yang hanya ingin upgrade sederhana dan sudah puas dibanding HDD, SSD SATA juga udah mencukupi.

Simpulan

Jadi, itu dia beberapa tips penting saat kalian berencana akan upgrade dari HDD ke SSD. Pastinya enggak semua yang bisa saya ungkap, tapi semoga bermanfaat ya!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait