Home » Review Pertama Intel Arc A380 Tunjukan Performa Mengecewakan Di Kinerja Gaming

Review Pertama Intel Arc A380 Tunjukan Performa Mengecewakan Di Kinerja Gaming

Benchmark pertama Intel Arc GPU sudah bisa dilihat di situs Bilibili melalui seri A380. Nyatanya, GPU ini punya persepsi awal yang kurang baik, bahkan belum bisa memberikan performa nyata untuk gaming dibanding seri entry level AMD maupun NVIDIA.

Kartu grafis baru Intel ini bahkan tidak mengesankan dalam hal pendinginan, output video, atau estetika keseluruhan. Untuk performa, Intel mengklaim GPU ini memiliki 25 persen lebih cepat daripada Radeon RX 6400 dari AMD dengan harga yang sama.

Baca juga : Rekomendasi Laptop Gaming Murah Tahun 2022

Jika melihat spesifikasinya, Arc A380 pada dasarnya punya kelebihan seperti memori 6GB GDDR6 yang terhubung melalui bus 96-bit, interface PCIe 4.0 x8, dan tiga port DisplayPort 2.0. Btw, seri ini jadi yang pertama memasuki pasar, GPU entry-level yang diluncurkan seminggu yang lalu dengan banderol harga 1.030 yuan, atau sekitar 2.2 jutaan lebih.

Intel-Arc-A380-performa-1
Intel-Arc-A380-performa-2
Ulasan independen yang diterbitkan oleh pengguna Shenmedounengce menunjukkan kalau Arc A380 sebenernya punya hasil positif dari benchmark sintetis, di mana seri ini berada antara Radeon RX 6500 XT dan RTX 3050 Nvidia. Malah, A380 memiliki beberapa fitur ray-tracing bila dibandingkan dengan penawaran entry-level AMD.

Intel-Arc-A380-performa-3

Tapi untuk game dunia nyata, Arc A380 terbukti kurang kuat daripada Radeon RX 6400 AMD, dan itu termasuk judul populer seperti PUBG, GTA 5, Shadow of the Tomb Raider, League of Legends, Forza Horizon 5, dan Red Dead Redemption 2. Faktanya, kartu grafis entry-level Intel tersebut berkinerja lebih buruk daripada Nvidia GTX 1650 di seluruh judul DirectX 11, DirectX 12, dan Vulkan.

Jadi ketika Intel ingin memanfaatkan jendela peluang dengan GPU Intel Arc-nya, penundaan rilis karena mungkin juga mereka masih kurang percaya pada GPU diskrit pertama dengan banyak hal yang masih minus. Ulasan tersebut setidaknya bisa membenarkan asumsi sementara ini.

Disisi lain, banyak kalangan juga menilai kalau pengembangan driver dikatakan relatif kurang untuk GPU diskrit Team biru, jadi perusahaan bisa saja telah memutuskan untuk mengambil pendekatan yang lebih lambat tentang tanggal rilis di pasar global.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait