Kabar Gembira, Harga SSD Global Bakal Turun 3-8% Enggak Lama Lagi

Kabar Gembira, Harga SSD Global Bakal Turun 3-8% Enggak Lama Lagi

Kabar gembira nih, apalagi jika kalian bakal membeli SSD beberapa bulan ke depan. Kabarnya, harga SSD bakal turun sekitar 3-8% selama kuartal ketiga akibat dari kelebihan pasokan NAND.

Hal tersebut diungkap Firma analisis pasar TrendForce yang melaporkan harga solid-state drive konsumen beberapa bulan mendatang.

Baca juga : Standar PCIe 7.0 Siap Menanti Tahun 2025, Performa Bandwith Up To 512 GB/s

TrendForce menulis bahwa sementara backstop pesanan tetap ada, permintaan untuk SSD telah turun dibandingkan tingkat tahun lalu ketika bekerja dari rumah adalah norma, dan lebih banyak orang membeli hardware komputer.

Faktor lain yang familiar berada di balik permintaan pendinginan untuk SSD: penurunan ekonomi global dan kenaikan inflasi memengaruhi seberapa banyak orang bersedia untuk membelanjakan uangnya. Hal itu menyebabkan perusahaan, terutama produsen smartphone Tiongkok, mengurangi stok. Dengan demikian, ada kelebihan pasokan di pasar flash NAND.

Penjualan yang lebih rendah dan kelebihan pasokan berarti harga untuk wafer TLC dan QLC NAND terus turun. Mereka turun 8-13% di Q2 dan diyakini turun 5-10% di kuartal ketiga.

Tapi, cerita berbeda untuk storage perusahaan. TrendForce mengharapkan kapasitas pembelian SSD perusahaan global tumbuh 10% kuartal-ke-kuartal, sebagian berkat pesanan dari pusat data hyperscale, yang berarti harga SSD ini diperkirakan akan tetap datar.

Dari semua hal tersebut, setidaknya ada kabar yang positif bagi penggemar yang berencana untuk membangun PC tanpa harus khawatir harga naik lagi. Disisi lain, VGA juga semakin terjangkau, waktunya untuk upgrade?

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com