Home » Radeon RX 7900 XT Dikabarkan Akan Memiliki VRAM 24GB GDDR6 & Bus Memori 384-bit

Radeon RX 7900 XT Dikabarkan Akan Memiliki VRAM 24GB GDDR6 & Bus Memori 384-bit

Generasi terbaru GPU AMD RDNA3 dikabarkan siap dirilis akhir tahun ini. Dan rumornya ini, seri unggulan Radeon RX 7900 XT dilaporkan akan memiliki desain GPU Multi-Chip-Module (MCM) dengan Infinity Cache 384 MB dan memori 24 GB GDDR6.

Langkah AMD untuk memberikan kejutan besar tampaknya juga untuk mengantisipasi kehadiran GPU NVIDIA ADA Lovelace yang juga sama-sama memiliki nilai spesifikasi yang lebih menarik untuk diungkap.

Baca juga : Lenovo Umumkan Laptop Terbaru ThinkPad P16, Intel 12th Gen HX Series Inside

Disisi lain, kedua produsen ini akan melakukan debut seri terbaru buat urusan GPU akhir tahun ini. Jadi akan banyak kompetisi sengit nantinya ketika keduanya hadir.

Dilihat dari rilis sebelumnya, AMD mungkin akan mengumumkan model kelas atas terlebih dahulu, yang akan didasarkan pada GPU Navi 31. Rumor mengatakan bahwa kalau ini akan menampilkan bus memori 384-bit, dan akan dikirimkan dengan VRAM hingga 24 GB. Dengan asumsi bahwa perusahaan akan menggunakan modul GDDR6 18 Gbps lagi yang menghasilkan bandwidth memori 864 GB/s.

Apa yang unik dari desain MCM, alih-alih menampilkan beberapa GCD (Graphics Compute Dies) seperti yang diperkirakan sebelumnya, AMD dilaporkan akan menggunakan enam MCD (Memory Compute Dies) dengan satu GCD besar.

Artinya, setiap MCD akan menampilkan 64 MB cache L3, menggabungkan total 384 MB dari apa yang disebut AMD Infinity Cache. Itu tiga kali lebih banyak dari GPU Navi 21. Memisahkan GPU menjadi beberapa cetakan juga dapat meningkatkan hasil, disisi lain menghasilkan biaya produksi yang lebih rendah.

GCD akan dibuat pada salah satu node proses 5nm TSMC, dengan MCD diturunkan ke node 6nm. CPU Zen 3 AMD menggunakan desain yang serupa, karena I/O Dies menggunakan proses GlobalFoundries yang kurang canggih.

Radeon RX 7900 XT pastinya bakal jadi bagian keluarga SKU kelas atas berdasarkan Navi 31. Nah, ini dilaporkan akan tiba pada kuartal ketiga atau keempat, dengan rumor yang menempatkan kinerja gamenya lebih dari dua kali lipat dari 6900XT.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait