Home » TEAMGROUP ELITE DDR5 Review : Stabilitas & Performa Positif

TEAMGROUP ELITE DDR5 Review : Stabilitas & Performa Positif

Ketika udah ada banyak opsi memori DDR5, TEAMGROUP jadi salah satu produsen yang bisa dikatakan terdepan menghadirkan solusi memori kit versi terbaru ini dengan banyak varian menarik. Salah satunya tentu aja seri Elite yang populer sebagai pilihan low budget, namun masih tetap mengemas kualitas ic yang handal dan kompabilitas yang baik.

Nah, buat kalian penasaran tentang performa desktop RAM ELITE DDR5 ini, kebetulan kami punya sampel yang baru aja datang. Penasaran? Simak selengkapnya dibawah ini.

Baca juga : CORSAIR K70 RGB Pro : Keyboard Gaming Sejuta Pesona

TEAMGROUP ELITE U-DIMM DDR5 : Apa Yang Kami Tahu Sejauh ini

Desain overall sih biasa, bahkan enggak ada heatspreader sama sekali pada memori ini. Jadi buat mereka yang nyari estetika lebih buat urusan memori,  desktop RAM ELITE DDR5 ini tentu bukan jadi opsi terbaiknya. Tapi buat mereka yang butuh pilihan lebih murah dan potensi kinerja baik, maka seri ini bisa nyaman untuk pergi.

TEAMGROUP ELITE DDR5

Dibandrol dengan harga sekitar 4.6 jutaan untuk kapasitas 32GB (16×2) dengan speed XMP saat aktif sekitar 4.800 Mhz, memori kit ini jadi varian termurah untuk desktop RAM DDR5 yang udah ada dipasaran.

TEAMGROUP ELITE DDR5

Enggak ada embel-embel tambahan yang dihadirkan, entah heatspreader atau bonus extra. Jadi desainnya itu polos banget. Gamer atau enthusiast pasti enggak bakal terlalu tertarik dari sisi desain, tp buat mereka yang lebih mementingkan performa, pilihan ini tentu enggak terlalu bakal ngaruh. Atau bisa juga? Saya pribadi sih kalo urusan estetika relatif, cuma terkadang heatspreader tambahan bisa jadi bonus tambahan buat cooling extra.

TEAMGROUP ELITE DDR5

Btw, memori ini punya tinggi sekitar 32mm, jadi ukurannya enggak terlalu kecil. Cuma ya sekali lagi desain biasa banget, jadi buat mereka yang nyari estetika lebih, RAM ini pasti jauh dari kata rekomendasi.

Spesifikasi

Spesifikasi TEAMGROUP ELITE DDR5
Module Type DDR5 288 Pin non-ECC Unbuffered DIMM
Frequency 4800
Latency CL38-38-38-77
Capacity 16GBx2
Data Transfer Bandwidth 38,400 MB/s
(PC5 38400)
Voltage 1.1V
Compatibility Intel: Z690
Dimensions 32(H) x 134(L)mm
Warranty Lifetime warranty
Harga Cek harga terbaru disini

Buat spesifikasi, TEAMGROUP ELITE DDR5 ini punya varian terbatas, antara kapasitas maupun kecepatan yang ditawarkan. Antara 32GB (16GB x2) dan kecepatan 4800 Mhz. Jadi ini pasti cukup terbatas buat pengguna yang mencari opsi lain selain 32GB dan speed 4800 Mhz.

TEAMGROUP ELITE DDR5

Sedangkan chipset yang dibawa memori ini memakai micron, latency saat XMP aktif cukup rendah di CL-38-77 dengan voltase 1.1V dan kompabilitas pake mobo sekelas Maximus Z690 Hero dan CPU Intel terbaru 12th gen enggak ada masalah berarti, malah stabil banget. Btw, default speed memori ini di 4000 Mhz sebelum XMP aktif, dan nyatanya fitur OC sebenernya memungkinkan, tapi agak terbatas sih.

On-die ECC di memori ini juga berlaku. Artinya, di setiap 128 bit data, DRAM DDR5 itu punya 8 bit tambahan buat nyimpen ECC. DRAM secara internal menghitung ECC untuk data WR dan menyimpan kode ECC di penyimpanan tambahan.

Performa

Gimana dengan kinerja? Kebetulan nih kami sebelumnya udah pernah nyoba Fury Beast DDR5 dari Kingston, itu bisa jadi bahan perbandingan performanya dengan Elite DDR5 ini. Btw, kami sendiri pake platform Intel Z690 dengan mobo Maximus Hero sama CPU Intel Core i7-12700K.

SiSoftware Sandra tentu bisa jadi patokan awal buat melihat perbandingan performa antara Fury sama Elite DDR5 ini. Kingston Fury DDR5 sedikit lebih baik dalam hal kinerja memori bandwith multi-core dibanding Elite, khususnya antara Aggregate, integer dan Float.

TEAMGROUP ELITE DDR5

Sedangkan di 7-Zip file manager, kompresi dan decompresi juga Elite DDR5 sedikit tertinggal dibanding Fury Beast, meskipun kita rasa enggak terlalu jauh sih, atau iya juga?

TEAMGROUP ELITE DDR5

Tapi apa yang terbaik menurut kami tentang Elite DDR5 ini ada di stabilitas. Enggak ada kendala sama sekali buat pemakaian intensif atau beban ringan saat memakai platform mobo baru yang cukup high-end. Setidaknya ada jaminan kalau memori ini bisa sangat baik buat pembuat konten yang butuh kapasitas besar dengan harga yang enggak terlalu mencekik.

Suhu dirasa juga nyaman. Jadi meskipun tanpa heatspreader tambahan, suhu saat sedang kerja tinggi enggak melebihi diatas 40° Celsius. Jadi memori ini sih masih ok buat jadi pilihan utama.

Kesimpulan

TEAMGROUP ELITE DDR5 itu mungkin enggak punya nilai lebih dari sisi estetika, malah membosankan juga sih dengan desain polos yang hadir. Kami sendiri agak kecewa dengan desain, padahal kan harga 4.6 jutaan itu enggak murah loh. Minimal lah ada tambahan estika gitu biar lebih berasa estetikanya, seperti seri Elite DDR4. Saran aja sih.

TEAMGROUP ELITE DDR5

Kalo kinerja mungkin bukan yang terbaik, seperti saat kami komparasi dengan seri Fury Beast. Tapi stabilitas itu sangat baik. Enggak ada kendala berarti, dan masih bisa diandalkan buat kegiatan apapun yang cukup menuntut. Disisi lain, memori ini punya kapasitas besar dan speed juga tinggi. Latency juga enggak terlalu besar dan voltase default juga kecil.

Intinya, mereka yang pengen memori DDR5 di harga yang lebih murah, kompabilitas yang baik dan stabilitas positif, maka TEAMGROUP ELITE DDR5 tentu bisa banget buat dipertimbangkan. Tapi buat mereka yang pengen estetika lebih, maka ELITE DDR5 tentu bukan pilihan terbaiknya.

Jadi, itu dia ulasan singkat tentang memori terbaru ELITE DDR5 dari TEAMGROUP. Enggak semua sih diungkap, cuma yang pasti, semoga bermanfaat ya!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait