Home » Prosesor Laptop Terbaru Tahun 2022 : Intel vs AMD

Prosesor Laptop Terbaru Tahun 2022 : Intel vs AMD

Awal taun ini, persaingan Intel sama AMD makin panas, enggak cuma buat CPU desktop aja, tapi prosesor laptop juga makin menjadi. Betapa tidak, Intel bawa fitur hybrid antara Performance sama Efficieny Cores andalan Desktop ke seri mobile. AMD enggak mau kalah, Ryzen 6000 Mobile series kini bergerak ke teknologi 6nm yang bawa arsitektur Zen 3+, pastinya bawa segudang fitur menjanjikan.

Baca juga : Cek Harga & Spesifikasi : GeForce RTX 3050 vs Radeon RX 6500 XT

Kedua perusahaan kompak ngumumin CPU mobile terbaru di CES 2022. Intel punya prosesor mobile terbaru generasi ke-12 yang dipimpin oleh Core i9-12900HK. Diklaim sebagai prosesor laptop terkenceng yang pernah dibuat.

Pilihan terbaik AMD ada di tangan Ryzen 9 6980HX yang punya kekuatan 8 Core 16 threads, max boost up to 5Ghz dan punya fitur OC. CPU ini diklaim AMD sebagai prosesor laptop tercepat yang pernah dibuat produsen. Bahkan bawa iGPU yang lebih powerful juga.

Prosesor-Laptop-Intel-5

Nah, dukungan memori DDR5 juga berlaku buat kedua platform termasuk konektivitas yang jauh lebih mewah seperti WiFi 6E, USB4 sama Thunderbolt 4.

Prosesor Mobile Intel 12th Gen Line up

Ok, mari kita ngobrol dulu dari sisi Intel, dimana produsen ngerilis 3 versi CPU, antara seri H yang dikhususin ke high-performance, biasanya buat laptop gaming. Sejauh yang kami tau, ada 8 prosesor  H Series yang udah tersedia. Opsi terbaik ada di Core i9-12900HK. Prosesor ini punya kekuatan 14 Cores yang terbagi menjadi 6 cores sebagai P-Cores (Performance Cores) dan 8 Cores sebagai E-Cores (Efficiency Cores). Default TDP sebesar 45W, namun bisa di up TDPnya nyampe 115W lewat turbo Power. Jadi, potensi clockspeed bakal lebih tinggi nyampe 5 Ghz.Prosesor-Laptop-Intel-1
Kemudian ada P-Series, dimana ini masih jadi bagian high-performance CPU kayak H series, seperti jumlah clockspeed yang tinggi sama TDP yang besar. Cuma P-Series lebih dikhususin buat laptop tipis. Hal terbaiknya, ini bawa integrated GPU terbaru Intel Iris Xe. Jadi nantinya ini bisa jadi graphic tunggal bawaan laptop, potensi performa jauh lebih baik dibanding standar iGPU lama.

Prosesor-Laptop-Intel-2

Nah, Intel sendiri bawa 6 CPU buat P-Series ini, pilihan terbaik ada di Core i7-1280P yang punya 14 Cores dan 20 threads. Clockspeed up to 4.8 Ghz, khususnya buat P-Cores dan Default TDP 45W. Bisa di Up nyampe 64W.

Prosesor-Laptop-Intel-3

Terakhir ada U-Series dengan dua opsi TDP, antara 15W sama 9W. Pilihan ini paling banyak, mulai dari Core i7 nyampe Celeron terbaru sebagai opsi terendah. Nah, Intel tampaknya bikin penamaan yang simpel dan lebih fresh. Kayak Core i7 1265U misalnya, enggak terlalu panjang dan cukup mudah buat di ingat.

Prosesor-Laptop-Intel-4

Hal terbaik yang bisa ditawarin semua CPU terbaru Intel buat laptop ini pertama potensi peningkatan yang jauh lebih positif. Khususnya ketika fitur hybrid antara Performance sama Efficiency cores kini hadir pula di Laptop. Jadi, laptop bakal makin kenceng tentunya dari sisi CPU.

Prosesor Mobile AMD Ryzen 6000 Series Line Up

AMD disisi lain juga enggak kalah serunya. Tidak tanggung-tangguh, ada total 13 prosesor yang terdiri dari 8 prosesor H series yang dikhususkan untuk gamer dan creator, sedangkan 5 sisanya adalah seri U yang ideal buat laptop tipis, irit daya dan masih powerful.

Prosesor-Laptop-AMD-1

Semua prosesor yang hadir dari tim merah dibangun diatas arsitektur baru Zen 3+ dengan proseso manufaktur 6nm. Jadi, ada potensi yang signifikan dalam peningkatan performa dan lebih hemat daya. Disisi lain, produsen juga memperkenalkan integrated graphic RDNA 2 yang untuk pertama kalinya disematkan pada barisan prosesor ini.

Prosesor-Laptop-AMD-3

Pilihan terbaik prosesor mobile AMD ada ditangan Ryzen 9 6980HX dengan jumlah core 8 dan 16 threads, clockspeed up to 5.0 Ghz, Total L2+L3 Cache hingga 20MB dan default TDP 45W+. Sedangkan untuk seri U, opsi terbaik ada di seri Ryzen 7 6800U dengan jumlah core yang sama dengan 6980HX, namun clockspeed max up to 4.7Ghz dengan TDP 15-28W. Kedua CPU hebat ini bawa graphic bawaan RDNA 2 dengan jumlah GPU Cores hingga 12 (2.2Ghz).

Simpulan Awal

Hingga pada akhirnya, hadirnya prosesor laptop terbaru AMD dan Intel tentu punya banyak benefit besar buat konsumen. Peningkatan kinerja, hemat daya, konektivitas yang lebih diunggulkan entah dari sisi Intel seperti Thunderbolt 4 atau AMD lewat USB4.

Prosesor-Laptop-AMD-2

Harga yang akan jadi penentuan mana yang paling ideal, meskipun untuk mendapatkan opsi paling hebat tentu enggak datang dengan murah sih. Entah berlaku untuk laptop gaming, thin laptop atau entry level.

Comments

Artikel Terkait