Keren, PC enthusiast ini Berhasil Upgrade VRAM RTX 2070 Dari 8GB Ke 16GB

Istilah “Upgrade” tampaknya tidak hanya berlaku mengganti komponen PC semata, namun komponen internal pada perangkat VGA juga bisa terjadi. Sebagai contoh, PC enthusiast VIK-on baru saja mendemonstrasikan upgrade VRAM RTX 2070 dari 8GB ke opsi 16GB di channel YouTubenya.

Itu tentu sangat mengesankan, mengingat hal tersebut jarang terjadi (atau belum pernah terjadi) dan bisa menjadi sumber inspirasi pengguna. Meskipun jauh dari rekomendasi untuk benar-benar melakukannya.

Baca juga : Patch Terbaru Cyberpunk 2077 Sudah Meluncur, Banyak Perbaikan Penting Siap Menanti

Dalam presentasi video terperinci, VIK-on mendemonstrasikan bagaimana ia dengan hati-hati melepas chip memori GDDR6 8 Gb Micron dari kartunya, kemudian menggantinya dengan chip 16 Gb buatan Samsung yang ia beli dari AliExpress seharga $ 200 atau kisaran 2.8 jutaan.

RTX 2070

Proses penggantian memori ternyata sangat sulit untuk dilakukan, karena ia harus terlebih dahulu melepas solder chip yang ada menggunakan senapan angin panas sambil menjaga kontak pada PCB tetap utuh; dan mensolder chip memori BGA pengganti pada tempatnya. Selain itu, satu set “jumper” pada PCB perlu dimodifikasi agar dapat mengenali memori Samsung.

Tapi hasilnya sangat mengesankan, dimana VGA berhasil booting ke desktop. GPU-Z bahkan bisa membaca ukuran memori penuh 16 GB dan berhasil melewati 3DMark TimeSpy, meskipun dengan kinerja 30% lebih rendah daripada RTX 2070 normal (6176 poin vs. ~ 9107 poin).

RTX 2070

Kinerja turun, tapi tetap saja sesuatu yang istimewa mengingat “TU106” bisa mengenali memori beralamat 16 GB (yang berarti semua saluran memorinya utuh), tanpa perlu mod BIOS, yang tidak mungkin dilakukan.

Comments

Related Posts