Home » Era Baru Laptop Gaming Powerful Sudah Dimulai, Nvidia & Intel Siap Sajikan Combo Terbaik

Era Baru Laptop Gaming Powerful Sudah Dimulai, Nvidia & Intel Siap Sajikan Combo Terbaik

Laptop gaming hari ini bisa membawa sesuatu yang jauh lebih menyenangkan untuk dimainkan, khususnya untuk segmen entry level maupun kelas midrange. Terlebih lagi ketika Intel dan Nvidia memperkenalkan produk terbaru yang mendukung performa gaming satu sama lain jauh lebih baik, yakni combo CPU Intel H-Series 9th gen dan GPU Nvidia seri GTX 16XX.

Dan hingga sejauh ini, beberapa produsen ketiga sudah mulai memperkenalkan laptop gaming terbaru dengan nilai harga mulai dari $ 799 atau sekitar 11 jutaan rupiah. Disamping itu, kehadiran perangkat portable hebat ini juga tidak hanya dikhususkan untuk kekuatan gaming saja, namun juga ideal bagi para pembuat konten maupun hal-hal lainnya yang menuntut kinerja premium.

Baca juga : Prosesor Intel Generasi ke-9 seri H Resmi Diluncurkan, Core i9-9980HK Up to 5.0Ghz Sajian Utama

Pilihan terendah tampaknya akan tersaji dalam kombinasi prosesor Intel Core i5 H Series generasi ke-9 dan Nvidia GTX 1650 sebagai pilihan grafis utama. Ini akan menggantikan kekuatan prosesor Intel generasi ke-8 dengan seri GTX 1050 yang sudah cukup populer, meskipun tampaknya kita masih akan melihat sajian produk lama yang bisa dikatakan lebih di-refresh untuk membawa nilai spesifikasi baru tersebut.

Laptop Gaming

Disisi lain, Pembuat PC mengambil keuntungan dari combo ini, karena lebih dari 80 desain baru dari Dell / Alienware, HP / Voodoo, Lenovo, Acer, Asus, MSI dan banyak lagi akan datang ke pasar mulai hari ini dan selama beberapa minggu ke depan. “Intel membuat dorongan serius ke dalam permainan PC mobile dengan meluncurkan serangkaian CPU mobile generasi ke-9 terbaru yang secara khusus ditargetkan untuk penggemar gamer, pembuat konten, dan lainnya yang menuntut kinerja premium.” Ungkap Bob O’Donnell (Founder and chief analyst of TECHnalysis Research).

Sementara beberapa notebook baru ini diharapkan mempertahankan desain laptop gaming yang sebelumnya besar, namun kita juga tidak bisa memungkiri bahwa pihak produsen juga akan membawa pilihan yang jauh lebih tipis sebagai seri utama, meski tampaknya akan membawa nilai yang jauh lebih premium (termasuk juga dalam urusan harga).

Hanya saja, terlepas dari ukuran atau berat, semua laptop gaming baru berdasarkan kedua chip fresh dari Nvidia maupun Intel, semuanya akan mendapat manfaat dari sejumlah peningkatan teknologi utama lainnya. Di sisi platform Intel, semua Core CPU generasi ke-9 menawarkan dukungan untuk WiFi 6, memori DDR4 hingga 128 GB, dan memori Optane dan Optane SSD Intel, untuk waktu caching, pembukaan file, dan peluncuran aplikasi yang lebih cepat.

Laptop Gaming

Untuk memanfaatkan dua rasa berbeda dari Optane, Intel telah menciptakan modul kombinasi M.2 yang disebut H10 yang menampung chip memori Optane, serta SSD Optane yang dibangun dengan teknologi memori flash 3D NAND Intel. Kedua bagian bekerja bersama untuk memungkinkan jalur yang lebih optimal antara DRAM dan penyimpanan.

Pasangan ini akan memberikan nuansa yang lebih responsif ketika membuka file dan meluncurkan aplikasi di notebook yang menggabungkan H10 opsional. Seiring waktu, kinerja harus benar-benar meningkat karena lebih banyak aplikasi secara khusus mengambil keuntungan dari arsitektur sistem baru yang memungkinkan Optane.

Sedangkan untuk urusan grafis, GPU mobile GTX 16 series Nvidia yang baru memanfaatkan peningkatan arsitektur berbasis Turing yang sama dengan yang ditawarkan oleh CPU desktop seri 1600 secara utuh, semuanya adalah segalanya dari seri RTX 2000 high-end perusahaan kecuali inti RT yang berfokus pada ray-tracing dan core Tensor.

Nah, tahun ini bisa menjadi waktu yang terbaik untuk mendapatkan sebuah laptop gaming hebat berdasarkan dari dua kekuatan hebat tersebut, meski AMD tampaknya juga memiliki peluang untuk mendapatkan nilai yang sama dalam hal tenaga komputasi. Hanya saja, tim biru bisa dikatakan lebih banyak difavoritkan untuk urusan perangkat portable gaming, sehingga AMD perlu melakukan sesuatu yang jauh lebih keras lagi untuk meyakinkan konsumen, khususnya ketika itu berkaitan dengan gaming.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait