- Peripheral, Promoted Content, Serba-serbi, Tutorial

6 Keuntungan Membuka Usaha Toko Elektronik Online di Bukalapak

Banyak orang beralih menjadi pengusaha toko elektronik karena termasuk peluang bisnis yang memungkinkan. Di era serba modern ini, masyarakat sudah mulai mencari peralatan-peralatan elektronik, misalkan AC, kulkas, TV, DVD player, mesin cuci, dan masih banyak lagi. Karena semakin banyaknya kebutuhan elektronik rumah tangga, maka semakin menjamur toko elektronik di kota-kota kecil atau besar.

Tapi, selain membuka toko fisiknya, ternyata banyak juga yang memanfaatkan bisnis online untuk menjual segala produk elektroniknya, seperti di Bukalapak. Bagaimana dengan keuntungannya? Seperti usaha lainnya, membuka usaha tersebut tentu punya profit tersendiri seperti di bawah ini.

Baca juga : Ini Dia 4 Kelebihan Utama Speaker Harman Kardon

1. Mendapat Omzet yang Besar

Ketika kamu berpikir untuk membuka toko elektronik, akan ada banyak sekali variasi usaha yang nantinya bisa kamu kembangkan. Mulai dari menjual barang-barang elektronik dan komponennya, fasilitas kredit barang, jual beli produk baru atau lama, sampai melakukan service antar jemput.

Kamu bisa tawarkan jasa-jasa tersebut di Bukalapak. Untuk service antar jemput, pastinya perlu kamu ingat jangan lupa masukan informasi lengkap di deskripsinya, seperti daerah mana yang bisa dijangkau dan kerusakan apa saja yang bisa kamu perbaiki.

2. Persaingannya Tidak Terlalu Tinggi

Jika kamu tinggal di kota, mungkin akan cukup kesulitan membuka usaha toko elektronik di sana. Tapi, kamu yang tinggal di daerah pedesaan atau kota kecil, dipastikan persaingannya masih tidak terlalu tinggi. Berbeda kalau kamu sudah mengembangkan bisnisnya di Bukalapak karena akan ada lebih banyak lagi kompetitor-kompetitornya.

Meski persaingannya lebih tinggi, kamu akan semakin banyak mendapatkan pelanggan, apalagi dari daerah-daerah seluruh Indonesia.

3. Risikonya Tergolong Kecil

Kamu yang membuka toko secara fisik, risiko yang didapat kemungkinan akan cukup besar. Tapi kamu yang membuat toko elektronik di Bukalapak, risiko yang kamu dapatkan akan lebih kecil. Kamu sebagai penjual online, sudah pasti akan lebih dijamin keamanannya baik penerimaan pembayaran dan order yang masuk.

4. Tidak Mengeluarkan Biaya Banyak

Mungkin kamu berpikir kalau membuka toko elektronik membutuhkan modal yang banyak. Memang benar. Kamu sudah pasti mengeluarkan banyak biaya jika kamu membukanya secara fisik. Biaya modal akan banyak terpakai di sewa tempat, membeli barang-barangnya, dan membayar listrik maupun air.

Kamu akan lebih hemat mengeluarkan biaya kalau kamu di Bukalapak. Tidak perlu menyewa tempat, membayar listrik dan air, atau menyewa karyawan. Cukup keluarkan modal untuk membeli produk-produknya saja, biaya yang tersisa bisa kamu pakai untuk keperluan lainnya.

5. Target Pasar Lebih Luas

Karena melalui online, Bukalapak bisa menjangkau seluruh masyarakat di Indonesia sehingga target pasar menjadi lebih besar. Kamu tidak usah lagi khawatir kalau toko fisikmu sepi pengunjung karena kemungkinan besar kamu juga akan mendapat order dari toko online-mu. Dengan cara tersebut, kamu tidak hanya mendapatkan pelanggan dari kotamu saja, tapi juga dari daerah lainnya.

6. Pangsa Pasar Juga Lebih Luas

Peralatan elektronik rumah tangga memang menjadi kebutuhan sehari-hari, sehingga dengan promosi yang sedikit saja, kamu masih bisa mendapatkan pelanggan. Di Bukalapak, toko elektronik online kamu akan memperoleh pangsa pasar yang lebih luas lagi. Belum lagi mereka juga memberikan diskon besar-besaran di event tertentu.

Misalkan calon pelanggan membandingkan harga proyektor di toko fisik dengan toko online kamu. Pasti mereka akan lebih memilih membelinya di Bukalapak karena harganya bisa lebih murah tapi berkualitas sama bagusnya. Maka dari itu, kamu tidak usah takut mengeluarkan promosi terlalu sedikit karena calon pelanggan sendirilah yang akan datang mencari produk elektronik kamu di Bukalapak.

Dari keuntungan-keuntungan seperti di atas, tidak kah sebaiknya kamu juga beralih ke toko online? Sudah menjangkau target pasar lebih luas, omzet pun akan semakin bertambah juga. Mulailah berbisnis toko elektronik di Bukalapak.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

2 thoughts on “6 Keuntungan Membuka Usaha Toko Elektronik Online di Bukalapak

Comments are closed.