7 Pilihan Prosesor Terbaik Untuk Desktop Tahun 2017

7 Pilihan Prosesor Terbaik Untuk Desktop Tahun 2017

Prosesor Terbaik Untuk Desktop – Akhir tahun 2017 segera tiba, dan tahun ini tampaknya menghadirkan banyak pilihan prosesor terbaru yang sangat menarik, baik untuk seri desktop maupun notebook. Ada banyak hal yang bisa kami katakan, namun yang pasti kami akan hadirkan beberapa pilihan terbaik dari semua yang ada. Jadi, mari kita ungkap pilihan prosesor terbaik hingga penghujung tahun 2017 yang akan segera tertutup.

Tahun 2017 bisa dikatakan menghadirkan kompetisi yang benar-benar luar biasa untuk pasar prosesor. Kita bisa melihat kebangkitan AMD dengan pilihan prosesor yang benar-benar tajam serta pilihan harga yang jauh lebih ringan. Inilah pula yang menjadi alasan Intel menghadirkan pilihan prosesor terbaiknya dengan harga yang juga tidak kalah hebatnya. Namun dari yang semua hadir, hanya beberapa diantara semua barisan prosesor ini layak untuk dihadirkan sebagai pilihan yang terbaik untuk konsumen. Jadi, mari kita lihat pilihan prosesor terbaik tahun 2017 ini sesuai dengan kelasnya masing-masing.

Baca juga : 7 Pilihan Prosesor Terbaik Dibawah Harga 2 jutaan

7 Pilihan Prosesor Terbaik Untuk Desktop Tahun 2017

1. Prosesor Terbaik Untuk Gaming Kelas entry Level : Intel Pentium G4560

Ada banyak pilihan prosesor yang sangat baik untuk gaming, namun jika anda menginginkan sesuatu yang benar-benar handal dengan harga yang jauh lebih terjangkau, maka kehadiran dari seri Intel Pentium G4560 bisa memberikan nilai ideal untuk kaum anggaran yang terbatas. Dengan hadirnya seri ini, anda bahkan bisa menjalankan beberapa game terbaru dengan pilihan FPS yang cukup layak, apalagi jika anda menyempurnakan pilihan ini dengan perangkat lainnya yang pas.

Prosesor Terbaik untuk desktop
credit : funkykit.com

Apa yang terbaik dari seri ini adalah kinerja yang bisa dikatakan jauh lebih baik jika dibandingkan dengan seri sebelumnya. Anda bahkan akan mengetahui bahwa ia kini hadir dengan dukungan teknologi hyper-threading yang benar-benar akan memompa kinerja prosesor jauh lebih maju. Sayangnya, prosesor sempat naik dalam urusan harga, namun tampaknya harga yang ditawarkan kembali normal (meskipun sedikit mahal).

2. Prosesor Workstation Terbaik Kelas Entry Level : AMD Ryzen 1300X

Jika anda berencana untuk menghadirkan banyak aplikasi berat pada rig anda, entah menjalankan kegiatan rendering, streaming dan gaming dalam waktu bersamaan, pilihan yang sangat baik dengan harga terjangkau hadir dari seri Ryzen 3. Hadirnya seri Ryzen yang menggapai kelas terbawah benar-benar menyempurnakan pilihan ini sebagai sesuatu yang sangat “mengganggu” tim biru. Dengan kekuatan baru dari kubu merah ini, anda akan mendapatkan sesuatu yang benar-benar layak untuk semua hal yang akan anda lakukan, yang tidak terbatas saja pada dunia gaming.

Itu karena prosesor ini hadir dengan kekuatan quad core dengan 4 inti prosesor serta 4 thread dengan total cache hingga 10MB (L2+L3). Prosesor ini memiliki tingkat clockspeed dasar sebesar 3.5 Ghz dan memiliki turbo core hingga 3.7 Ghz. Apa yang terbaik dari pilihan ini adalah fitur unlocked, sehingga anda tidak memiliki batasan clockspeed hanya pada 3.7Ghz saja. Apalagi, pilihan seri ryzen memiliki banyak teknologi canggih serta dukungan motherboard yang juga cukup terjangkau(termasuk untuk fitur OC).

3. Prosesor Terbaik Kelas Menengah (Mid-Range) : Intel Core i5-8400 8th gen

Intel Coffee Lake generasi ke-8 merupakan jawaban Intel untuk membungkam jajaran AMD Ryzen dengan pilihan yang jauh lebih baik. Dan kini mereka menghadirkan sesuatu yang benar-benar luar biasa dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Jika anda menginginkan sesuatu yang istimewa dari mereka, pilihan prosesor Intel Core i5-8400 merupakan jawaban yang paling ideal. Meskipun tidak mendukung OC, namun tetap saja ia memiliki sesuatu yang istimewa untuk didapatkan. 6 inti yang dilapisi pilihan 6 thread merupakan jawabannya, dengan tingkat clockspeed dasar sebesar 2.8 Ghz dan mampu diboosting hingga 4.0 Ghz merupakan sesuatu yang luar biasa. Apalagi ia memiliki tingkat cache sebesar 9MB dengan dukungan TDP minim sekitar 65W saja.

Meskipun anda perlu memiliki motherboard seri Z370, namun ada banyak pilihan yang terjangkau diluar sana, bahkan jauh lebih baik lagi. Hadirnya seri ini memberikan rasa yang manis bagi para pembuat konten creator yang tidak hanya berfokus pada gaming saja, apalagi pilihan prosesor ini benar-benar sangat layak untuk semua aplikasi berat yang anda miliki.



4. Prosesor Workstation Terbaik Kelas High-End : AMD Ryzen 1700

Jika streaming, rendering dan pilihan aplikasi berat yang sering anda lakukan, maka pilihan yang paling bisa diandalkan untuk semua kegiatan anda adalah seri AMD Ryzen 1700. Apa yang terbaik dari prosesor ini adalah kemampuannya untuk memberikan performa yang sangat baik untuk segala hal yang cukup menuntut, apalagi harga yang ditawarkannya terhitung paling terjangkau dengan kisaran harga sekitar 4 jutaan saja.

Prosesor ini memiliki pilihan 8 inti prosesor dengan pilihan 16 thread yang memukau. Prosesor ini disempurnakan dengan dukungan cache hingga 20MB (L2+L3) serta maksimum turbo core hingga 3.7 Ghz. Fitur unlocked juga merupakan salah satu kelebihan prosesor ini, apalagi AMD benar-benar menghadirkan sesuatu yang baik untuk urusan TDP yang hanya memiliki 65W saja. Ibaratnya, anda bisa menghadirkan sesuatu yang istimewa pada sebuah rig high-end namun terhitung cukup terjangkau dengan pilihan prosesor ini.

5. Prosesor Terbaik Kelas Enthusiast : Intel Core i7-8700K

Jajaran prosesor Intel Coffee Lake Generasi ke-8 benar-benar memberikan sesuatu yang layak untuk pengguna kelas enthusiast sebagai pilihan terbaiknya. Dan salah satunya hadir dari seri Core i7-8700K terbaru yang akan memberikan kemampuan memukau untuk setiap urusan yang paling menuntut sekalipun. Dengan kisaran harga 6.7 juta, anda akan memiliki sebuah impian yang sempurna dengan kemampuan yang super handal.

Prosesor ini hadir dengan kekuatan 6 inti prosesor dengan pilihan 12 Thread. Selain itu, ia juga hadir dengan pilihan total cache sebesar 12MB, apalagi tingkat clockspeed maksimum yang dihadirkan bisa mencapai 4.7Ghz (tanpa OC). Pilihan unlocked juga menjadi sebuah hadiah istimewa pada prosesor ini, apalagi jika anda memiliki perangkat dukungan yang terbaik untuk memulai semua proses OC hingga titik maksimum.

6. Prosesor Terbaik Kelas Profesional : AMD Ryzen Threadripper 1950X

Dulu, pilihan prosesor paling extreme biasanya hadir dengan kisaran harga yang benar-benar mengerutkan kening pengguna dengan kisaran harga yang begitu menggila. Namun kini, pilihan prosesor terbaik untuk kelas ini jauh lebih ideal dan terjangkau. Ini semua berkat kehadiran dari seri Ryzen Threadripper yang dikhususkan untuk kalangan professional. Dengan kisaran harga sekitar 14 jutaan, anda akan mendapatkan sebuah prosesor dengan kekuatan 16 Core serta 32 Thread yang benar-benar menghentakan jantung anda.

Selain itu, dengan tingkat clockspeed maksimum hingga 4.0Ghz, kekuatan ini benar-benar bisa menyempurnakan semua kegiatan paling extreme yang anda lakukan dalam dunia komputasi, apalagi ia memiliki total cache hingga 41.5 MB(L1+L2+L3) yang benar-benar luar biasa. Pilihan prosesor ini juga hadir dengan dukungan Quad memori Channel hingga maksimum 2667Mhz yang akan memberikan kinerja extra untuk setiap pekerjaan anda.

7. Prosesor Terbaik Kelas Extreme : Intel Core i9-7980XE

Jika harga benar-benar tidak menjadi masalah untuk anda, pilihan extreme terbaik yang akan menyempurnakan semua hal yang anda alami dalam hidup ini bisa jadi hadir pada seri Intel Core i9-7980XE. Apa yang benar-benar memukai adalah ia memiliki kekuatan 18 Core serta 36 Thread, anda bisa menjajal semua hal yang anda lakukan pada pekerjaan yang paling menuntut sekalipun. Dengan kisaran harga sekitar 29 jutaan, anda mungkin perlu pilihan perangkat lainnya yang terbaik untuk mendukung semua performa pilihan prosesor ini.

Prosesor ini memiliki clockspeed dasar sebesar 2.6 Ghz, seolah tampak biasa saja, bahkan terhitung sangat kecil. Namun, ternyata ia memiliki kemampuan turbo frekuensi hingga 4.2 Ghz, dan itu benar-benar luar biasa untuk sebuah prosesor dengan 18 Core didalamnya. Pilihan cache sebesar 24.75MB juga bisa diandalkan untuk menerjemahkan semua perintah ke CPU dengan cepat, apalagi ia memiliki dukungan quad channel memori serta dukungan memori maksimum hingga 128GB. Apalagi yang anda harapkan untuk prosesor terhebat tahun 2017 ini?

Kesimpulan

Jadi, itu dia 7 pilihan prosesor terbaik Tahun 2017 ini yang sudah hadir dan siap memberikan sesuatu yang benar-benar diandalkan untuk semua hal yang akan anda lakukan. Berbagai pilihan prosesor ini sudah ditentukan sesuai dengan kelas dan harga yang ditawarkan. Dan untuk urusan kinerja, anda bahkan akan mengetahui bahwa semua pilihan prosesor ini bisa melampaui semua harapan anda, bukan begitu?

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com