ASUS A456UQ : Harga, Spesifikasi & Performa

Aktivitas yang serba cepat dan gaya hidup modern hari ini membuat banyak orang mencari perangkat terbaiknya dengan fitur yang lengkap dan cepat untuk mempermudah segala pekerjaan mereka, termasuk untuk urusan laptop. Berbicara mengenai laptop, ASUS A456UQ bisa menjadi pilihan terbaik untuk memulai, karena selain harga yang ditawarkan cukup terjangkau, desain dan performa yang dimiliki laptop ini bisa memudahkan segala pekerjaan kita dan melengkapi gaya kehidupan modern hari ini dengan desain yang elegan dan sangat ideal untuk sebuah laptop mainstream.

ASUS memiliki jajaran produk mereka sesuai dengan segmentasi pengguna yang berbeda-beda. Ketika seri Zenbook  yang super mewah terlalu tinggi untuk dicapai, maka pilihan seri A biasanya hadir untuk mengisi kesenjangan dengan spesifikasi dan desain yang ideal untuk harapan kalangan mainstream. Pilihan seri ini pun bisa memenuhi berbagai tuntutan pengguna umum yang sesuai dengan kebutuhan  mereka, seperti kinerja multimedia yang sangat baik, kinerja gaming yang layak, dan tentu saja pilihan harga yang ditawarkan tidaklah terlalu tinggi dan cukup terjangkau.

Salah satu yang terbaik dari laptop seri A adalah kehadiran ASUS A456UQ, dengan pilihan prosesor kuat dari intel Core i7 7th gen, desain yang ideal dan elegan, pilihan konektivitas yang cukup baik, dan tentu saja kehadiran display yang cukup tajam dan resolusi Full HD yang akan membawa berita gembira bagi pengguna multimedia dengan anggaran ketat. Jadi, mari kita lihat sekilas mengenai laptop ASUS A456UQ dibawah ini.

ASUS A456UQ : Desain

Kadangkala, kita jangan terlalu berharap akan mendapatkan desain yang terbaik ketika membeli laptop dibawah harga 10 jutaan, namun apa yang dihadirkan ASUS pada seru A456UQ justru akan membuat kita memiliki kebanggaan tersendiri ketika melihat bentuk desain laptop ini. Dengan bobot sekitar 2.1 Kg dan ukuran 34.8 x 24.28 x 2.53 cm, anda akan dihadirkan laptop dengan bentuk desain yang biasa hadir pada laptop premium. Hadirnya 5 pilihan warna yang tersedia dengan bentuk desain klasik serta aksen yang mengesankan merupakan berita gembira bagi penyuka gaya modern.

  

Walaupun sebagian besar chassis pada laptop ini memiliki bahan plastik (jangan harap memiliki bahan logam dengan harga dibawah 10 jutaan), namun ia masih menghadirkan sisi premium dari bentuk desain dan pilihan variasi warna yang dihadirkan akan melengkapi pilihan pengguna. Ini menjadikan laptop ini sebagai salah satu yang sangat baik dan ideal dari segi desain dengan pilihan yang elegan dan penuh warna.

Ketika tutup kap dibuka, kehadiran layar dengan ukuran 14 ” mengisi tampilan utama laptop ini. Walaupun tidak memiliki bezel yang tipis, namun layar dengan ukuran 14″ cukup besar untuk memenuhi segala aktivitas pengguna dalam hal display. Hadir pula hamparan keyboard chiclet dan touchpad yang cukup besar. Mereka akan menjadi tempat kreativitas jari-jemari pengguna untuk menumpahkan segala sesuatunya pada laptop ini. Jika anda sedikit jeli, maka anda akan melihat bahwa webcam berada ditengah-tengah atas layar laptop dengan sebuah titik kecil.

Konektivitas

ASUS A456UQ memiliki keunggulan tersendiri dalam urusan port, karena kehadiran USB Type-C akan memberikan kesempurnaan tersendiri bagi setiap pengguna yang menginginkan satu paket untuk semua. Selain memberikan data transfer yang lebih cepat hingga 5Gb/s, anda juga akan membutuhkan port ini untuk tempat berlabuhnya berbagai perangkat lain dalam satu “dermaga” yang ideal untuk semuanya tanpa harus membeli converter atau kabel yang berbeda.

Pilihan konektivitas untuk urusan port lainnya juga hadir cukup lengkap pada laptop ini, selain USB Type-C, hadir pula pilihan USB 2.0, USB 3.0 (USB3.1 GEN1) untuk melengkapi segala kegiatan transfer data. Untuk urusan multi-display, laptop ini juga memiliki pilihan port yang juga sama lengkapnya dengan kehadiran port VGA dan HDMI. Sisinya adalah port untuk Audio dan LAN RJ45.

ASUS A456UQ : Spesifikasi Internal

Pada bagian inilah dimana semua kehebatan ASUS A456UQ hadir untuk memberikan performa terbaiknya pada konsumen. Laptop ini memiliki modal yang sangat baik dalam menghadirkan kinerja yang sangat baik untuk segala urusan. Ia dilengkapi dengan pilihan prosesor Intel Core i7 7500U dengan fitur dual core dan 4 Thread, 8GB RAM DDR4-2133, pilihan grafis Nvidia Geforce 940MX serta 1 Terabyte HDD pada kecepatan 5400RPM.

Intel Core i7-7500U merupakan prosesor dual-core dari arsitektur Kaby Lake dan memiliki tingkat clockspeed 2,7 Ghz dan fitur turboboost hingga 3,5 GHz. Prosesor ini juga mengintegrasikan HyperThreading untuk bekerja dengan maksimal 4 thread sekaligus. Prosesor ini memiliki performa yang lebih baik jika dibandingkan dengan generasi Skylake sebelumnya, walaupun diproduksi dalam proses 14 nm yang sama dengan 6500U. Prosesor ini mendukung DDR4 dual channel dan terintegrasi dengan pilihan grafis Intel HD Graphics 620 (clock pada 300 – 1050 MHz).

Sumber : notebookcheck.com

Anda bisa melemparkan semua pekerjaan apa saja yang dari pilihan entry level hingga medium pada prosesor ini. Meskipun ia juga memiliki keterbatasan untuk pekerjaan yang sangat menuntut karena fitur dual core yang dimilikinya. Namun semua dari itu, prosesor Core i7 7500U merupakan pilihan yang sangat baik yang hadir pada laptop ini, anda bahkan tidak harus mencari sesuatu yang lainnya jika ia sudah bisa mencukupi kebutuhan anda.

Hadir pula pilihan grafis Nvidia Geforce GT940MX dengan kapasitas VRAM 2GB DDR3 yang sangat baik untuk kinerja gaming yang tidak terlalu menuntut. Laptop dengan pilihan grafis ini akan memberikan tingkat FPS yang cukup ideal untuk hampir semua kasual gaming hari ini, termasuk beberapa game E-Sport yang populer. Bahkan beberapa game tahun lalu yang cukup menuntut seperti GTAV dan sebagainya bisa anda mainkan dengan tingkat FPS yang cukup baik, meskipun pilihan pengaturan terendah merupakan solusinya.

Spesifikasi ASUS A456UQ
HargaRP 9.699.000 (Beli)
ProsesorIntel Core i7 7500U (2.7 Ghz Up to 3.5 Ghz)
Memori8 GB DDR4 2133MHz SDRAM
Display14.0" (16:9) LED backlit FHD (1920x1080) Glare 60Hz Panel with 45% NTSC
GrafisNVIDIA GeForce 940MX , with 2GB GDDR3 VRAM
Storage1TB 5400RPM SATA HDD
Drive OptikSuper-Multi DVD
Card ReaderMulti-format card reader (SD/SDHC/SDXC)
WebCamVGA Web Camera
NetworkingWi-Fi
Integrated 802.11b/g/n
10/100/1000 Base T
Bluetooth
Built-in Bluetooth V4.0
Interface1 x COMBO audio jack
1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
1 x Type C USB3.0 (USB3.1 GEN1)
1 x Type A USB3.0 (USB3.1 GEN1)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
AudioASUS SonicMaster Technology
Baterai2 Cells 37 Whrs Polymer Battery
Adaptor DayaPlug Type :ø4 (mm)
Dimensi34.8 x 24.28 x 2.53 cm (WxDxH)
Berat2.1 kg
SekuritasKensington lock
BIOS Booting User Password Protection
HDD User Password Protection and Security





Storage

Hadirnya kapasitas penyimpanan sebesar 1 terabyte tentu merupakan pilihan yang sangat baik. Pilihan penyimpanan yang sangat besar juga akan menyediakan tempat yang luas untuk semua data file anda termasuk data gaming hari ini yang semakin besar. Laptop ini juga menyediakan pilihan slot SSD ketika anda berencana untuk mengupgrade atau menambah penyimpanan yang lebih baik.

Display

ASUS A456UQ juga memiliki display yang cukup baik. Dengan bermodalkan layar 14″, laptop ini sudah hadir dengan tingkat resolusi Full HD (1920×1080) yang ideal dengan tingkat ketajaman yang baik untuk pengguna multimedia, gaming dan sebagainya. Hanya saja, pilihan panel TN mungkin akan memberikan keterbatasan dalam urusan viewing angle. Inilah mungkin hal yang harus dikorbankan ASUS ketika mereka menghadirkan pilihan spesifikasi yang kuat, di sisi lain untuk menjaga harga tetap terjangkau, pilihan panel TN yang lebih murah dijadikan pilihan utama pada laptop ini.

Namun begitu, layar yang dihadirkan sudah cukup baik, apalagi layar pada laptop ini sudah mendukung teknologi ASUS Eye Care. Dengan hadirnya teknologi ini, ia akan secara efektif mengurangi tingkat cahaya biru yang menjadi penyebab utama degenerasi makula dan masalah retina hingga 33%. Teknologi tersebut tentu saja akan sangat bermanfaat untuk memberi kenyamanan dalam membaca, dan bisa melindungi anda dari kelelahan mata yang potensial dan penyakit lainnya.

Keyboard & Touchpad

Kehadiran keyboatd pada ASUS memang selalu menjadi hal terbaik, karena ASUS terkenal memiliki tingkat kenyamanan dan kualitas yang dapat diandalkan untuk urusan keyboard. Ini semua karena pilihan desain keyboard yang ergonomis, dimana hadirnya keyboard chiclet dengan jarak 1.8mm untuk setiap tombolnya mampu menyediakan ruang yang nyaman untuk segala jari-jemari anda dalam hal kegiatan mengetik yang lebih solid.

Sama halnya juga dari apa yang ditawarkan oleh Touchpad pada ASUS A456UQ. Dengan ukuran touchpad 106mm x 74mm yang cukup besar, anda akan menikmati setiap gerakan kursor yang dihadirkan oleh touchpad ini, apalagi kehadiran palm rejection bisa cukup bermanfaat untuk  membedakan antara ujung jari yang sebenarnya dan kontak palm untuk mengurangi gerakan kursor yang tidak disengaja.

Audio

Pilihan Audio mungkin cukup baik untuk memenuhi ruangan kecil seperti kamar anda, namun untuk ruangan yang besar tampaknya tidaklah terlalu ideal. Hadirnya Audio ASUS SonicMaster Technology bisa memberikan kualitas audio yang sangat baik, namun ini hanya cukup anda saja yang akan menikmatinya. Karena untuk kualitas yang lebih baik dan lebih keras, maka perangkat pihak ketiga akan menjembatani audio yang lebih besar untuk kebutuhan pesta kecil anda.

Baterai

Hadirnya pilihan baterai dengan fitur 2 Cells 37 Whrs Polymer Battery pada dasarnya cukup baik, apalagi anda melihat pilihan ini pada laptop anggaran. Kabar baiknya, pilihan baterai Li-Polymer bisa memberi kita hingga 700 siklus pengisian daya – 2,5 kali umur baterai standar ion Li-ion. Hanya saja, kemampuan ketahanan baterai yang dimiliki pada laptop ini akan bertahan beberapa jam saja, dan anda harus mengisi daya lagi untuk memulai kembali. Apalagi jika anda memakai laptop ini dengan kegiatan berat seperti gaming maupun surfing internet terus-menerus. Ini pasti akan cepat menguras baterai laptop anda, sehingga sebaiknya bawa setiap saat charger jika sewaktu-waktu anda membutuhkannya.

Kesimpulan

ASUS A456UQ merupakan pilihan yang sangat baik dan layak untuk anda pertimbangkan, karena selain memiliki desain yang elegan, fitur yang lengkap, ia juga memiliki modal yang sangat baik untuk kinerja komputasi yang cukup menuntut dan beberapa gaming kasual dengan tingkat FPS yang layak. Harga yang ditawarkannya pun cukup menggiurkan, dengan kisaran harga sekitar 9 jutaan, anda akan mendapatkan sebuah laptop yang memiliki prosesor Intel Core i7 7500U, pilihan ram yang cukup besar, serta kehadiran GPU diskrit yang baik. Apalagi, ia juga hadir dengan fitur layar Full HD dan pilihan port USB Type-C yang sangat baik.

Intinya, dari semua keterbatasan yang dimilikinya, sisi keunggulan yang ditawarkan laptop ini jauh lebih baik dan bisa menjadi pengisi harapan anda untuk memenuhi dan memudahkan segala pekerjaan anda dimanapun dan kapanpun.

 Baca Juga :




Comments