AMD Vega Siap Dirilis Tanggal 27 Juni Mendatang Dengan Debut Frontier Edition

AMD Vega Siap Dirilis Tanggal 27 Juni Mendatang Dengan Debut Frontier Edition

Kepastian tanggal rilis AMD Vega akhirnya menemukan titik terang setelah pihak AMD secara resmi mengumumkan bahwa mereka akan merilis Radeon Vega edisi pertama tanggal 27 juni mendatang dengan mencuat sebuah nama Radeon Vega Frontier Edition lengkap dengan spesifikasinya. Dan jika anda tertarik dengan kartu grafis high end ini, maka anda sudah bisa pre-orde mulai hari ini.




Tapi jangan terlalu bersemangat dulu, karena perangkat keras ini lebih ditujukan untuk “ilmuwan data, insinyur dan perancang produk” daripada gamer. Fokus profesional tersebut lebih tercermin dalam penetapan harga, yakni ada dua versi yang akan dihadirkan diantaranya :

  • Edisi Air-cooler Frontier Edition (pendingin udara) dengan patokan harga $ 1.200 atau sekitar 16 jutaan
  • Edisi Liquid Cooling Vega yang berpendingin cair dengan patokan harga $ 1.800 atau sekitar 24 jutraan dengan fitur pendingin yang sejuk di SabrePC.

Namun, spesifikasi Vega Frontier Edition ini akan memberi kita sekilas tentang apa yang dapat diharapkan dari kartu grafis Radeon RX Vega khusus untuk konsumen atau gamer saat diluncurkan pada akhir Juli.

Berikut adalah rincian spesifikasi Radeon Vega Frontier Edition,  dimana Konfigurasi berpendingin udara dan cairan berpendingin memiliki spesifikasi yang identik disamping rating desain termal (TDP) yang berbeda.

  • Stream processors: 4,096
  • Compute units: 64
  • Single precision floating point performance: 13.1 TFLOPS
  • Double-precision floating point performance: 26.2 TFLOPS
  • Pixel fill rate: 90 gigapixels per second
  • Memory: 16GB HBM2 in two stacks
  • Memory bandwidth: 483GBps
  • TDP: 300 watts (air-cooled), 375W (liquid-cooled)
  • Display outputs: three DisplayPort 1.4, HDMI “4K60”

Hanya saja, kecepatan clock untuk kartu grafis tersebut tidak diumumkan, namun kemungkinan besar akan mencapai sekitar 1.600MHz.

AMD Vega Frontier Edition ini tampaknya akan bersaing langsung dengan Nvidia Titan Xp melihat dari kisaran harga dan spesifikasi. Sebagai perbandingan, lihat daftar tabel dibawah ini.

AMD Vega
credit : pcworld.com

Namun, jika Anda ingin membandingkannya, Edisi Vega Frontier tercatat akan memiliki keuntungan tersendiri jika melihat spesifikasi yang dihadirkan pada tabel diatas dengan kartu grafis Nvidia.

Jadi apa artinya ini bagi konsumen dan gamer secara khusus?

Bos Radeon Raja Koduri mengatakan bahwa Edisi Frontier tidak mewakili puncak kinerja game khususnya untuk AMD Vega, apalagi jika kita melihat spesifikasi yang dihadirkan pada GPU ini jika dibandingkan dengan kartu grafis konsumen yang rumit,




Koduri  menambahkan “Konsumen RX akan jauh lebih baik dioptimalkan untuk semua judul game teratas dan RX Vega sebenarnya akan lebih cepat dari versi Frontier!”. Itu mungkin kita bisa melihat clockspeed yang lebih tinggi, dan bisa menyiksa TDP maksimum hingga 300W dari versi berpendingin udara – meskipun jika benar adanya, ia akan memiliki TDP 50W lebih tinggi dari pada Titan Xp dan GeForce GTX 1080 Ti milik Nvidia.

 Baca Juga :

Loading…

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com