Asus 456UR-GA094 Review : Spesifikasi Terbaru dan Harga

Asus 456UR-GA094 Review : Spesifikasi Terbaru dan Harga

Asus merupakan salah satu produsen laptop yang cukup terkenal karena kualitas yang dihadirkan sangat baik. Selain itu, Asus juga memiliki beragam produk yang sangat bervariasi dengan berbagai fitur dan pilihan harga yang bermacam-macam. Nah, jika anda sedang mencari laptop terjangkau dari Asus yang dikhususkan untuk berbagai aplikasi baik itu untuk gaming maupun kinerja multimedia dengan anggaran 7 jutaan, anda bisa mempertimbangkan laptop Asus A456URGA094D.

Laptop ini sebenarnya sudah lama beredar di Indonesia, namun seiring berkembangnya teknologi, Asus membuat beberapa perubahan yang cukup mendasar dalam spesifikasi yang dihadirkan. Seperti kehadiran prosesor terbaru dari Intel generasi ke-7 Kaby Lake Core i5 7200U yang menggantikan prosesor lama mereka sebelumnya, yakni Intel Core i5 6200U. Sehingga, kinerja secara signifikan lebih baik dibanding pendahulunya sekitar 20 hingga 30 %. Jadi mari kita lihat ulasan singkat dibawah ini mengenai Laptop Asus A456UR.

Asus 456UR-GA094 : Desain

Sebagaimana kita tahu bahwa Asus selalu menghadirkan produk yang sangat baik, dimana desain yang dihadirkan terhitung sangat solid. Bagian belakang penutup serta bagian atas unit dasar terbuat dari logam abu-abu perak. Sedangkan untuk bagian bawah dan bingkai layarnya terbuat dari plastik hitam. Walaupun begitu, hasil finishing brushed-metal-effect memberikan kesan premium pada laptop ini, apalagi ia hadir dengan 5 pilihan warna yang berbeda, yakni Chocolate Brown, Navy Blue, Arctic Snow, Glamour Red, dan Icicle Gold

Spesifikasi Laptop Asus A456UR-GA094D
ProsesorIntel® Core™ i5 7200U Processor
Sistem OperasiDOS
Memori4 GB DDR4 2133 Mhz
Display14.0" 16:9 HD (1366x768)
GrafisNVIDIA GeForce 930MX 2GB DDR5
Storage1 TB HDD
Drive OptikSuper-Multi DVD
Card Reader3 -in-1 card reader ( SD/ SDHC/ SDXC)
KameraVGA Web Camera
NetworkingTerintegrasi 802.11 b/g/n
Built-in Bluetooth™ V4.0 (Optional)
10/100/1000 Base T
Interface1 x COMBO audio jack
1 x VGA port/Mini D-sub 15-pin for external monitor
1 x USB 3.0 port(s)
1 x USB 2.0 port(s)
1 x USB-C Gen 1 (up to 5 Gbps)
1 x RJ45 LAN Jack for LAN insert
1 x HDMI
AudioASUS SonicMaster Technology
Baterai2Cells 37 Whrs Polymer Battery
Adaptor DayaOutput :
19 V DC, 3.42 A, 65 W
Input :
100 -240 V AC, 50/60 Hz universal
3/ 2 pin compact power supply system
Dimensi34.8 x 24.28 x 2.53 cm (WxDxH)
Berat2.1 kg with Battery
SekuritasKensington lock
BIOS Booting User Password Protection
HDD User Password Protection and Security
HargaRP 6.945.000 (Beli)

Secara keseluruhan, laptop dengan layar 14 inch ini menawarkan semua kebutuhan komputasi dengan desain dan kualitas terbaik serta memberi kita kesan yang mewah. Dengan bobot sekitar 2.1 Kg serta, laptop ini mencakup semua hal sehingga menjadikannya pilihan tepat untuk semua kebutuhan komputasi dengan gaya yang sangat elegan.

Konektivitas

Untuk urusan konektivitas, disisi kiri laptop anda akan dihadirkan dengan sebuah daya DC paling ujung, sebuah Port Lan, port VGA, HDMI, USB 3.0, USB Type C dan Port keamanan. Sedangkan disebelah kanan laptop, anda akan dihadirkan sebuah Card reader, soket headphone/headset/mikrofon, Port USB 2.0 dan drive optik DVDRW. Apa yang terbaik dalam urusan ini tentu saja kehadiran USB Type C yang akan memberikan segala fitur konektivitas dalam satu kabel. Anda bisa menghubungkan hampir semua perangkat pada laptop ini tanpa harus membeli banyak konverter kabel yang berbeda.

Modul WLAN pada laptop ini menggunakan chip Intel (Dual Band Wireless-AC 8260). Selain standar WLAN 802.11 a / b / g / n, ia juga mendukung standar AC yang  cepat. Kecepatan transfer dalam kondisi optimal juga ternyata sangat bagus. Sedangkan kehadiran webcam disudut paling atas layar memberikan kualitas yang biasa saja.

Display

Untuk urusan layar, laptop ini memiliki layar panel TN dengan resolusi HD. Walaupun tidak secara signifikan merupakan yang terbaik (juga dilihat dari sisi harga), tapi laptop ini memiliki kemampuan layar yang sangat baik. Apalagi ketika kita berada diluar ruangan, kualitas kecerahan yang dimiliki laptop ini terhitung cukup baik dengan memperlihatkan segala sesuatu dengan cukup jelas.

Selain itu, hadir pula  Teknologi ASUS Splendid yang akan memberikan koreksi suhu warna untuk mereproduksi warna jauh lebih dalam dan kaya. Terdapat empat mode visual yang dapat diakses dengan satu klik. Mode Vivid mengoptimalkan kontras untuk browsing foto atau menonton video dan film; Mode Eye Care mengurangi tingkat cahaya biru dan sangat ideal ketika Anda sedang membaca selama berjam-jam. Mode Normal telah disetel untuk tugas-tugas sehari-hari; sementara Mode Manual merupakan penyesuaian warna yang sesuai anda inginkan secara manual.

Keyboard & Touchpad

Asus juga terkenal karena barisan laptopnya memiliki keyboard yang sangat nyaman. Dengan bermodalkan keyboard chiclet yang cukup baik, ini tentu akan membuat pengalaman dalam mengetik jauh lebih nyaman. Apalagi fitur keyboard kini memiliki improviasi pada bagian back-assembly yang membuat jarak antar tombol hanya sekitar 1.8mm dan memiliki minimal key float, sehingga segala aktivitas pengetikan jauh terasa lebih solid pada setiap tombol yang ditekan.

Hal yang sama juga berlaku pada Touchpad, walaupun ia sedikit agak kasar dalam permukaan dengan fitur plastik yang dimilikinya. Dengan ukuran yang cukup besar sekitar 106mm x 74mm, hal yang sangat baik adalah ia memiliki fitur yang dapat membedakan antara ujung jari yang sebenarnya dan telapak tangan untuk melawan gerakan kursor yang tidak disengaja.. 

Baterai 

Walaupun bukan yang terbaik, untuk urusan baterai, laptop ini memiliki fitur yang ideal dalam hal ketahanan dengan maksimal jam yang bisa dicapai hingga 10 jam saat anda mengaktifkan profil balanced. Namun berbeda hasilnya ketika anda bermain game atau browsing internet secara terus menerus, ia akan mampu bertahan hingga 4-6 jam, dan ini sudah cukup baik jika dibandingkan dengan rata-rata laptop umum lainnya yang setara.

Spesifikasi Internal

Bagian ini merupakan apa yang terbaik dari laptop Asus 456UR. Ini karena kehadiran prosesor Intel Core i5 7200U generasi terbaru yang akan membuat segala pekerjaan anda bisa lebih mudah. Selain itu, laptop ini juga dilengkapi dengan kekuatan grafis diskrit Nvidia GT930MX yang akan mencukupi kebutuhan gaming anda. Hadirnya Ram 4 GB DDR4 juga akan memenuhi standar pekerjaan yang akan dilalui dengan mudah (walaupun anda pasti akan memerlukan tambahan Ram untuk gaming terbaru).

Intel Core i5-7200U merupakan prosesor dual-core dengan arsitektur Kaby Lake. Prosesor ini menawarkan dua core CPU dengan dasar clock 2.5 dengan  Boost Clock hingga 3.1 GHz dan mengintegrasikan HyperThreading untuk bisa bekerja dengan maksimal 4 thread sekaligus. Perbedaan arsitektur ini sebenarnya cukup kecil jika dibandingkan dengan generasi Skylake, oleh karena itu kinerja per MHz juga sangat mirip. SoC menyertakan pengontrol memory DDR4 dual channel dan prosesor ini juga terintegrasi dengan grafis Intel HD Graphics 620 (clock pada 300 – 1000 MHz). Prosesor ini diproduksi dalam proses 14nm FinFET yang lebih ditingkatkan di Intel. Sehingga, jika dibandingkan dengan Core i5-6200U berbasis Skylake yang lama, i5-7200U menawarkan kecepatan clock 300 MHz yang lebih tinggi. Akibatnya, prosesor ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

SeriesIntel Core i5 7200U
CodenameKaby Lake
Clock Rate2500 - 3100 MHz
Level 1 Cache128 KB
Level 2 Cache512 KB
Level 3 Cache3072 KB
Number of Cores / Threads2/ 4
Max. Power Consumption (TDP = Thermal Design Power)15 Watt
Manufacturing Technology14 nm
Max. Temperature100 °C
SocketBGA1356
FeaturesDual-Channel DDR4 Memory Controller, HyperThreading, AVX, AVX2, Quick Sync, Virtualization, AES-NI
GPUIntel HD Graphics 620 (300 - 1000 MHz)
64 Bit64 Bit support
Hardware VirtualizationVT-x, VT-d

Untuk urusan grafis, laptop ini sudah memiliki GPU Nvidia GeForce 930MX 2 GB DDR5. GeForce 930MX merupakan GPU entry level yang mendukung DirectX 12 untuk laptop yang diumumkan pada kuartal pertama tahun 2016. GPU ini merupakan penyegaran dari GeForce 930M dan sekarang mendukung memori grafis GDDR5. Hal ini didasarkan pada chip GM108 yang sama dan mungkin memiliki sedikit peningkatan clock rate. Oleh karena itu, kinerjanya sama dengan GPU Maxwell di Surface Book. Dengan hadirnya GDDR5 yang cepat, GPU ini bisa sedikit lebih cepat daripada GPU Maxwell di Surface Book. Dengan DDR3 itu akan berada di antara 930M dan 940M yang lebih tua.

Sehingga untuk urusan gaming, kemungkinan besar anda tidak akan memiliki masalah untuk memainkan hampir semua game terbaru dengan pengaturan yang bervariasi (tergantung dari jenis game) mulai dari medium hingga High. Sebagai contoh, anda bisa memainkan game GTA V dengan pengaturan medium pada resolusi HD tanpa banyak kendala. 

Pilihan penyimpanan dengan kekuatan 1 Terabyte Hard disk Sata dengan maksimum 5400 Rpm juga sudah cukup untuk memenuhi ruang ini. Bahkan, anda tidak akan memiliki masalah dengan kapasitas besar yang dimilikinya.Dan jika suatu saat anda akan mengupgrade atau menambah kapasitas penyimpanan, tersedia juga slot SSD agak kinerja transfer data jauh lebih baik. 

Audio

Pilihan Audio mungkin bukan yang terbaik, dan ia tidak terlalu ideal untuk ruangan yang besar. Namun jika anda mengaktifkan suara didalam ruangan kecil, ia akan memberikan nuansa audio yang sangat baik. Apalagi, fitur SonicMaster yang ada pada laptop ini dikembangkan dengan tujuan yang tegas, yaitu memberikan Anda notebook PC dengan pilihan audio yang ideal.

Webcam

Anda tidak bisa mengharapkan sesuatu yang baik pada pilihan webcam kecuali untuk sekedar videocall sederhana, itupun anda harus berada dalam ruangan yang cukup terang, karena jika tidak, fitur ini akan memberikan hasil yang tidak terlalu baik. Jika anda menginginkan sesuatu yang lebih baik lagi, pilihan pihak ketiga bisa menjadi alternatif terbaik dalam hal Webcam.

Kesimpulan

Dengan memiliki hampir semua fitur yang dihadirkan pada laptop Asus 4560UR, apalagi dengan harga yang cukup terjangkau, laptop ini bisa anda pertimbangkan sebagai pilihan pertama ketika sedang mencari laptop baik itu untuk kebutuhan multimedia maupun gaming. Apalagi kehadiran prosesor terbaru yang sangat baik dan pilihan grafis yang juga sama baiknya merupakan salah satu faktor utama yang perlu anda pertimbangkan. Selain itu, pilihan konfigurasi warna juga sangat bervariasi, sehingga dengan desain yang sangat solid, mewah, laptop ini sangat ideal bagi para pencari laptop dengan kualitas terbaik dengan pilihan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga : 



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com