Cloud Hosting
Apa itu Ultra HD 4K

Anda pernah mendengar istilah 4K, atau mungkin anda pernah melihat suatu produk  yang ada logo 4K pada sebuah TV, Camera dan sebagainya.masih penasaran?

Apa sih 4K  itu?

Ultra HD ( 4K ) , atau Ultra High Definition , adalah sebuah langkah besar berikutnya dalam resolusi HDTV . Consumer Electronics Association ( CEA ) mendefinisikan bahwa sebuah televisi HD Ultra adalah sebuah gambaran yang menampilkan setidaknya 8 juta piksel aktif , dengan batas resolusi lebih rendah dari setidaknya 3840×2160 . Ada beberapa jenis 4K konten digital mulai dari resolusi 3840 x 2160 dan 4096 x 3112 , tapi resolusi 3840 x 2160 adalah jumlah yang paling konsisten yang banyak dilihat dan menjadi resolusi paling standar dari sejumlah produk UHD / 4K HDTV dan monitor  . Hal ini menjadi lompatan yang sangat besar dalam hal kualitas mengingat saat ini banyak produk masih menawarkan pada resolusi 1080p ( 1920 x 1080 piksel ) dan hal tersebut sudah cukup lebih dari kata bagus, apalagi yang  ditawarkan 4k Ultra HD .




Apa itu Ultra HD 4K

Bagaimana Perbedaan 1080p dengan 4K?

4K umumnya menawarkan empat kali dari resolusi HDTV 1080p . Meski begitu, konten 4K masih akan dikompresi untuk digunakan di rumah, sebagai perbandingan, menonton sebuah Film selama dua jam pada 30 frame per detik akan membutuhkan setidaknya 55TB   menurut sebuah posting dari Michael Cioni, yang bertindak sebagai pengawas menengah digital di The Girl with  dragon Tattoo . 4K video  juga mengambil jalan 1Gbps solid untuk pemutaran yang membutuhkan hard drive cepat dan lebih cepat dari biasanya contoh :koneksi Internet dan jaringan. Netflix, misalnya, menganjurkan koneksi 25Mbps untuk streaming (terkompresi) konten 4K . Koneksi HDMI pada perangkat Anda saat ini mungkin tidak cukup untuk menunjukkan video 4K  ; sebagian besar perangkat hiburan dan HDTV menggunakan HDMI 1.4, yang mendukung gambar HD Ultra pada 30 frame per detik. HDMI 2.0, yang semakin umum untuk HDTV 4K saat ini, mendukung Ultra HD pada 60 frame per detik. Seperti teknologi layar itu sendiri, hal ini akan memakan waktu sebagai  standar HDMI yang cukup umum untuk kedua HDTV dan pemutar media.

Apa itu Ultra HD 4K

Dalam hal layar  pada desktop , 4K membuat perbedaan yang besar ,bahkan ketika menonton film , semua detail gambar menjadi cukup jelas .  4K adalah lompatan yang  signifikan mengenai hal akan kejelasan dan detail gambarkarena faktor utama untuk HDTV  untuk 4K ,55 inci layar telah menjadi batas rendah untuk bisa mendapatkan 4K Ultra HD.

HDTV 4K telah berada di pasar sejak beberapa  tahun yang lalu, dan akhirnya kisaran harga pada awalnya sangat mahal kini merayap dan mulai menjadi agak terjangkau.  Hari ini mungkin anda  akan  menemukan  Monitor atau TV layar 4K   di bawah $ 2.000, meskipun model yang lebih besar dan lebih high-end dari merek besar masih jauh dari jangkauan dari harga tersebut.

Tahun lalu Samsung UN65HU8550FXZA, misalnya, adalah televisi 4K 65-inci sangat baik dan tersedia seharga $ 3.200 (42 jt lebih). Berbeda halnya dengan merk  Vizio P652ui-B2 dengan  harga $ 1.700 (22 jt lebih) dengan ukuran 65 inci tidaklah  cukup mengesankan, dari segi kualitas dan gambaran dari yang apa yang ditawarkan samsung .

Pada tahun-tahun mendatang akan banyak konten yang menampilkan kualitas 4K, sebagai contoh Netflix telah benar-benar membantu memperluas konten 4K yang tersedia bagi konsumen, dengan acara besar seperti Daredevil, House of Cards melalui layanan di 4K. Anda perlu sebuah televisi 4K yang dapat streaming konten 4K Netflix  (atau Nvidia Perisai Android TV) dan koneksi Internet yang cepat, tapi setidaknya ada beberapa cara untuk menonton 4K video. YouTube dan Amazon Instant Video juga mendukung konten UHD, meskipun televisi komersial dan film masih terbatas.

Apakah saat ini anda perlu kualitas 4K untuk menonton, bermain game?

Saat ini anda tidak perlu kualitas 4K , selain karena biaya untuk upgrade yang cukup mahal, Konten untuk kualitas ini masih jarang . Namun,untuk bermain game dengan kualitas 4K, saat ini sudah ramai tersedia di berbagai belahan dunia, dan banyak vendor dari kartu grafis maupun monitor telah menyediakan kualitas tersebut. Sebut saja vendor AMD Radeon yang mengeluarkan kartu grafis  AMD Radeon r9 295×2 yang dipersiapkan untuk menjajal kualitas gaming 4K.

 

Comments

Artikel Terkait