Serangan Sonik Dan Ultrasonik Bisa Menyebabkan HDD & OS Crash

Serangan Sonik Dan Ultrasonik Bisa Menyebabkan HDD & OS Crash

Baru-baru ini, sebuah penelitian memperlihatkan sesuatu yang mengejutkan banyak orang. Betapa tidak, serangan sonik dan ultrasonik yang hadir dalam speaker berbiaya rendah ternyata bisa merusak hard drive dan OS menjadi crash. Suara-suara yang diputar di luar rak atau speaker yang dibenamkan sering membutuhkan reboot. Sehingga, ini bisa dimanfaatan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan aksi kejahatan.

Menurut para peneliti dari universitas Michigan dan Zhejiang yang mempresentasikan hal ini di acara Simposium IEEE pekan lalu, ancaman baru yang menggunakan suara sonik dan ultrasonik bisa mengganggu HDD magnetik saat mereka membaca atau menulis data. Para peneliti menunjukkan bagaimana teknik ini dapat menghentikan beberapa sistem video-surveillance untuk berhenti merekam.

Mereka mendemonstrasikan dengan hanya waktu 12 detik dari gangguan yang dibuat, akustik yang dirancang khusus tersebut akan menyebabkan hilangnya video dalam sistem 720p yang dibuat oleh Ezviz. Bahkan suara yang berlangsung selama 105 detik atau lebih juga bisa menyebabkan HDD Western Digital 3.5 di perangkat berhenti merekam sama sekali hingga diperlukan reboot.

Baca juga : Malware VPNFilter Serang Ratusan Ribu Perangkat Router

Inilah Yang Kami Tahu Tentang Serangan Sonik Dan Ultrasonik

Perangkat ini menggunakan penyimpanan flash ke rumah firmware, tetapi secara default menggunakan HDD magnetik untuk menyimpan sejumlah besar video yang direkamnya. Serangan itu menggunakan speaker yang tergantung di langit-langit yang beristirahat sekitar empat inci di atas HDD sistem pengawasan. Para peneliti tidak membuang casing atau merusak sistem pengawasan, dimana ini diungkap dalam sebuah makalah yang berjudul : Blue Note: How Intentional Acoustic Interference Damages Availability and Integrity in Hard Disk Drives and Operating Systems

Teknik ini juga ternyata dapat mengganggu HDD di komputer desktop dan laptop yang menjalankan Windows dan Linux. Dalam beberapa kasus, bahkan diperlukan reboot sebelum PC bekerja dengan benar. Teknik ini membutuhkan waktu hanya 45 detik untuk menyebabkan laptop Dell XPS 159550 menjadi tidak responsif sementara ketika terkena “serangan stimulasi otomatis” —berarti saat laptop memutar audio berbahaya melalui speaker yang ada di dalamnya. Ketika suara diputar selama dua menit atau lebih, komputer harus di-reboot agar drive bekerja dengan benar lagi.

Teknik ini berfungsi karena bunyi yang dapat didengar dapat menyebabkan tumpukan kepala HDD bergetar di luar batas normal. Getaran ini akan mendorong kepala HDD cukup jauh dari pusat lintasan drive untuk mencegah penulisan sementara. Suara ultrasonik, sebaliknya, dapat menciptakan positif palsu dalam sensor kejut HDD, yang dirancang untuk mencegah kecelakaan kepala. Ini menyebabkan dorongan untuk tidak perlu untuk memarkirkan kepalanya. Selain digunakan untuk melawan komputer dan sistem pengawasan, para peneliti mengatakan serangan itu juga mungkin jadi akan menargetkan perangkat medis yang menggunakan HDD magnetik.

Penelitian ini sebagian besar bersifat esoterik, karena sudah ada banyak cara yang lebih mudah untuk secara temporer menghapus komputer dan sistem embedded. Namun, itu memunculkan kemungkinan bahwa, suatu saat nanti, penyerang mungkin memiliki cara baru untuk melakukan serangan denial-of-service attacks. Para peneliti, yang mendemonstrasikan teknik ini pada Simposium IEEE pekan lalu tentang Keamanan dan Privasi, telah mengusulkan beberapa metode untuk mendeteksi dan mencegah serangan, beberapa di antaranya dapat diimplementasikan dengan tweak firmware sederhana. Untuk lebih jelasnya, anda bisa membaca dokumen yang lebih jelasnya disini.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com