- Hardware, Kartu Grafis

Gigabyte Radeon RX 550 OC : Kartu Grafis 1 Jutaan Dengan Kinerja Terbaik

Jika anda sedang mencari kartu grafis terbaik untuk gaming dengan pilihan harga terjangkau, Gigabyte Radeon RX 550 bisa menjadi pilihan terbaik untuk memulai. Ya, kartu grafis senilai 1,5 jutaan ini memiliki semua spesifikasi dasar untuk bisa memainkan berbagai game terbaru dengan tingkat FPS yang nyaman baik pada resolusi 1080p atau dibawahnya. Apalagi konsumsi daya listrik cukup rendah, anda bahkan tidak memerlukan daya tambahan untuk GPU ini. Mari kita lihat sekilas mengenai Gigabyte RX 550 Gaming OC dibawah ini.

Sementara kebanyakan gamer sedang memiliki kesulitan untuk mencari kartu grafis mid-end untuk dipadukan dengan komponen rig terbaik mereka, GPU kelas entry level tampaknya tidak terlalu berpengaruh, karena GPU kelas ini sangat tidak ideal untuk dunia pertambangan. Sehingga, komponen kelas entry level ini masih menjadi pilihan terbaik untuk pembangun anggaran.

Nah, berbicara mengenai hal tersebut, Radeon RX 550 sebenarnya sudah hadir beberapa bulan yang lalu (atau kurang), dan ini merupakan salah satu kartu grafis anggaran terbaik untuk gaming tingkat entry level atau E-Sport game. Anda bisa membawa GPU tersebut untuk memainkan hampir semua gaming terbaru dengan pengaturan antara low-end atau medium, namun juga bisa memberikan pengaturan maksimal pada beberapa game terdahulu.

Gigabyte Radeon RX 550 : Spesifikasi

Ketika AMD tidak memiliki kartu referensi untuk seri RX 550, Gigabyte hadir sebagai salah satu pengisi seri ini dengan desain dan kemampuan yang menjanjikan. Ya, kartu grafis seharga 1.5 jutaan ini sangat ideal bagi mereka yang sedang mencari GPU dengan anggaran terbaik untuk kebutuhan “kasual” mereka dalam memberikan tingkat FPS yang layak dalam bermain gaming.

Gigabyte RX 550 hadir dengan spesifikasi memori internal 2 GB DDR5 dengan memory bus pada 128-bit. GPU ini sudah memiliki fitur OC clockspeed hingga 1195 Mhz dan fitur gaming mode pada 1183 Mhz, sehingga ia akan memberikan pengalaman yang sangat baik dalam bermain dengan tingkat FPS yang lebih baik lagi dari sebelumnya.

GPU Polaris Radeon RX 550 ini hanya memiliki unit Compute 8 dan 512 stream prosesor, namun anda tidak perlu banyak tenaga kuda untuk menggerakkan berbagai permainan e-sport maupun permainan kasual lainnya. Gigabyte RX 550 didukung dengan slot PCIe tanpa kabel daya tambahan yang diperlukan. Dan ini adalah solusi terbaik saat anda tidak menginginkan anggaran keuangan anda untuk membayar lebih dalam hal tagihan listrik yang semakin hari semakin naik.

GPU ini dibangun berdasarkan teknologi proses 14 nm dengan kecepatan jam memori onboard kartu video ini memiliki kecepatan 7000 Mhz. Versi Lama memori clock, bersama dengan ukuran bus memori, memberi tahu kita jumlah bandwidth memori yang dimiliki kartu grafis. Semakin banyak bandwidth memori yang dimiliki kartu, maka semakin baik ia dapat menangani resolusi yang lebih tinggi.

Kartu grafis ini mampu menampung resolusi maksimal hingga 7680×4320@60Hz dengan setup multi monitor hingga 3 buah. Selain itu, RX 550 sudah mendukung DX 12 dan OpenGL 4.5, sehingga anda tidak perlu khawatir mengenai masa depan dengan segala urusan teknologi terbaru.

SpesifikasiGigabyte Radeon RX 550 Gaming OC
HargaRP 1.430.000 (Beli)
Graphics ProcessingRadeon RX550
Core ClockOC mode: 1195 MHz
Gaming mode: 1183 MHz
Process Technology14 nm
Memory Clock7000 MHz
Memory Size2 GB
Memory TypeGDDR5
Memory Bus128 bit
OutputDual-link DVI-D *1
HDMI-2.0b*1 (Max Resolution: 4096x2160 @60 Hz)
Display Port-1.4 *1 (Max Resolution: 7680x4320 @60 Hz)
Digital max resolution7680x4320@60Hz
Multi-view3
Card sizeH=29.2 L=170 W=114.6 mm
PCB FormATX
DirectX12
OpenGL4.5
Recommended PSU400W





Gigabyte Radeon RX 550 : Desain

Kartu grafis ini akan memakan dual slot pada casing dengan ukuran H=29.2 L=170 W=114.6 mm. Gigabyte RX 550 ini memiliki pendingin yang dirancang khusus untuk memaksimalkan pendinginan GPU. Hadirnya kipas unik dengan pisau 90mm bersamaan dengan fungsi kipas aktif 3D aktif akan memberikan kapasitas disipasi panas yang cukup efektif untuk kinerja yang lebih tinggi pada suhu yang lebih rendah. Hasilnya,  kipas pendingin pada RX 550 ini secara efektif mampu meningkatkan aliran udara sebesar 23% daripada kipas tradisional.

Selain itu, kipas semi pasif juga akan tetap aktif saat GPU berada di bawah pemuatan atau suhu yang ditetapkan pada game berdaya rendah. Hal ini memungkinkan gamer menikmati gameplay dalam suasana keheningan saat sistem berjalan ringan atau tidak aktif.

Disisi lain juga GPU ini memiliki choke dan kapasitor berkualitas tinggi, sehingga kartu grafis ini juga bisa memberikan kinerja yang luar biasa dengan umur sistem yang cukup tahan lama. Sedangkan untuk urusan port, Gigabyte RX 550 ini dilengkapi dengan satu Dual-link DVI-D, satu DP, dan satu port HDMI. Kartu grafis ini juga dapat menghadirkan pemutaran video 4K yang cukup menawan dan halus.

Gigabyte Radeon RX 550 : Performa Gaming

Radeon RX 550 sebenarnya mampu menangani berbagai game yang cukup menuntut seperti The Division dan Rise of the Tomb Raider, dua game paling cantik dalam memori baru-baru ini, meski pada setting rendah dengan resolusi 1080p.  Namun, kartu grafis akan lebih manjur jika pada permainan e-sports secara teratur atau resolusi yang lebih rendah jika anda menginginkan high-setting pada game-game lainnya. Dan ini juga tergantung pada pilihan komponen hardware lainnya, seperti kekuatan prosesor dan memori.

Kesimpulan

Sederhananya, Gigabyte Radeon RX 550 sangat ideal untuk mereka yang berencana untuk membangun rig baru atau upgrade baru dengan anggaran terbatas. Radeon RX 550 memberikan rasio performa yang sangat baik pada kisaran harga yang cukup terjangkau. GPU ini bahkan merupakan arsitektur GCN generasi ke-4 terbaru dengan menggunakan proses 14nm, dan dilengkapi 512 stream processors, memori GDDR5 2GB / 4GB dan lebar bus memori 128-bit. Ia akan memberikan kinerja yang sangat baik untuk mengatasi game e-sports dan MMORPG yang populer dengan resolusi 1080p dengan pengaturan detail hingga High.

Selain dukungan DirectX 12 dan Vulkan, sejumlah teknologi pengembangan game dibuat, seperti Radeon FreeSync, AMD Virtual Super Resolution (VSR), teknologi AMD Eyefinity, yang membantu mengoptimalkan pengalaman bermain game di judul favorit anda.



 Baca Juga :

Loading…

Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat