Playstation VR Kini Lebih Sempurna Dengan Hadirnya Perangkat Aim Controller

Playstation VR Kini Lebih Sempurna Dengan Hadirnya Perangkat Aim Controller

Playstation kini semakin lengkap dengan fitur VR yang dimilikinya, dan kehadiran virtual reality first person semakin membuatnya sempurna dan mendapatkan lebih banyak kejutan berkat pengembangan dari Impulse Gear untuk mendapatkan pengalaman penembak yang lebih seru bagi pengguna. Farpoint akan menjadi debut game dari pengembang yang akan keluar pada tanggal 16 Mei dan membawa serta perangkat senjata terbaru dari Sony yang disebut Aim Controller. Dengan hadirnya kontroler ini, PlayStation VR bisa menjadi platform utama untuk game FPS virtual reality.




Ide dari pengembangan perangkat ini, Impulse Gear merasa bahwa penawaran pengendali saat ini gagal untuk memenuhi pengalaman yang sebenarnya bisa menawarkan lebih. Ketika kebanyakan pengendali menawarkan kontrol tangan yang dilacak, namun ia tidak menawarkan sistem penggerak. Contohnya, Kontroler PlayStation Dual Shock 4 sebenarnya bisa menawarkan kontrol penggerak melalui bentuk thumbsticks, namun gamepad ternyata membatasi kemampuan anda untuk mengarahkan VR. Sehingga, Impulse Gear bekerja sama dengan Sony dalam pembuatan perangkat yang lebih maju, Aim Controller.

PlayStation Aim Controller dilengkapi dengan bola yang menyala seperti Move controller, yang memungkinkan kamera bisa melacak orientasi pengendali. Fitur controller ini bisa menangani kedua tangan Anda, anda hanya perlu memegang pada bagian Pegangan belakang, dimana ia bisa mencakup pemicu untuk jari telunjuk dan tangkai jempol dan keempat tombol masukan PlayStation (misal, persegi, lingkaran, segitiga) untuk ibu jari anda. Pegangan depan mencakup tombol D-pad, thumbnail kedua, tombol sharing dan option. sedangkan Tombol bahu kiri dan kanan juga berada di bagian depan pengontrol dimana jari telunjuk anda bisa beristirahat.

Sony mengatakan bahwa mereka “memprioritaskan posisi tombol pemicu dan stik analog” diatas tombol yang tidak biasa digunakan dalam game shooter. Perusahaan ini juga berusaha untuk memastikan pengendali bisa digunakan dengan kedua tangan agar bisa juga dipakai oleh  gamer kidal. Semua tombol ada di posisi sentral pada chassis seperti tabung controller.

Mereka juga mengatakan bahwa mereka telah merancang Aim Controller dengan struktur seperti tabung sehingga periferal tidak terlihat seperti senjata sebenarnya. Alasannya tentu saja agar semua pengguna bisa memakainya tanpa ada batasan umur, termasuk anak kecil, untuk “merasa nyaman saat bermain dengannya.”

Perangkat ini juga akan mendukung beberapa game lainnya dimasa mendatang.

Impulse Gear memiliki peran besar dalam mengembangkan PlayStation Aim Controller, namun periferal tidak hanya untuk game Farpoint saja. Contohnya First Contact Entertainment mengatakan bahwa mereka mengerjakan ulang permainan mereka untuk bisa mendukung Aim Controller. Pengembang mengerjakan ulang model senapan untuk memastikan bahwa permainan tersebut bisa menawarkan representasi 1: 1, di mana tangan anda bisa berada di atas pistol. Pengembang juga mengubah salah satu inti mekanika gameplay agar bisa bekerja lebih baik dengan Aim Controller.




Dengan hadirnya Aim Controller, kita seolah bisa melepaskan kebebasan untuk menggerakkan tangan Anda secara independen dalam permainan, yang dapat membatasi penggunaan case untuk controller. Kita hanya perlu menunggu dan melihat bagaimana pengembang merangkul perangkat baru yang menjanjikan ini dan tersedia dengan harga yang tidak terlalu mahal pastinya. PlayStation Aim Controller saat ini tersedia dalam paket dengan game Farpoint. Walaupun begitu, Sony juga menawarkan controller secara terpisah, namun masih dalam jumlah terbatas yang tersedia untuk perangkat mandiri.

Sumber referensi dan gambar : tomshardware.com

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com