Acer Aspire VX 15(Intel Core i5) Review : Performa Yang Ideal Untuk Gaming 1080p

Acer Aspire VX 15(Intel Core i5) Review : Performa Yang Ideal Untuk Gaming 1080p

Jika anda sedang mencari laptop gaming kelas mid-end yang layak untuk melahap semua permainan terbaru pada resolusi 1080p dan memiliki kinerja yang komputasi cukup ideal untuk pekerjaan multimedia sehari-hari, dan anda memiliki anggaran keuangan katakanlah 11 jutaan, maka laptop Acer Aspire VX 15 (5-591G-54VG) bisa menjadi daftar utama anda untuk dibeli.




Ya, Acer Aspire VX 15 sudah sangat ideal dengan kebutuhan gaming anda, karena anda dapat bermain game favorit pada resolusi 192×1080 tanpa banyak kendala. Acer Aspire VX 15 dengan harga 11 jutaan adalah laptop anggaran gaming yang memiliki GPU Nvidia GeForce GTX 1050 GPU dan prosesor Intel Core i5-7300HQ. Dan yang menarik disini, laptop dengan layar 15-inch ini juga dilengkapi dengan keyboard yang nyaman dan tajam, output audio yang baik serta kinerja yang ideal, walaupun ada beberapa sisi minus yang juga perlu anda lihat. Mari kita lihat ulasan lebih detail dibawah ini mengenai Acer Aspire VX 15 .

Acer Aspire VX 15 Review

Desain

Dengan dibalut warna hitam dengan garis warna merah, laptop gaming ini tampak ideal dalam paduan warna yang kompak. Aspire VX 15 ini terlihat cukup halus, dimana tutupnya terbuat dari plastik hitam dengan pola faux yang disikat aluminium, dan fitur logo Acer berwarna perak ditengah menegaskan kehadiran produsen yang berkelas yang diapit dengan dua garis merah.


Dan ketika anda mengangkat tutup Acer Aspire VX 15, anda akan menemukan sebuah layar 1080p dengan ukuran 15,6 inci , keyboard gaming yang lengkap dengan tombol angka; dan touchpad. Ada beberapa hiasan merah juga di sini, termasuk pada tombol  A, S, D dan tombol W serta pada perbatasan touchpad . Untuk urusan ukuran, Acer Aspire VX 15 memiliki ukuran 38.8 x 26.6x 2.7 cm dan memiliki berat 2.4 Kg, dan Aspire VX 15 sedikit lebih besar dari pesaingnya namun lebih ringan.VX 15

Berikut spesifikasi lengkap dari Acer Aspire VX 15 (5-591G-54VG) :

Acer Aspire VX   15
CPU2.5-GHz Intel Core i5-7300HQ CPU
Operating SystemWindows 10 Home
RAM8GB
RAM Upgradable to16GB
Hard Drive Size256GB SSD
Hard Drive TypeSerial ATA
Display Size15.6
Highest Available Resolution1920 x 1080
Graphics CardNvidia GeForce GTX 1050 GPU 4GB / Intel HD Graphics 630
Video Memory4GB
Wi-Fi802.11ac
Wi-Fi Model802.11ac WiFi featuring 2x2 MU-MIMO technology
BluetoothBluetooth 4.0
Touchpad Size4.1 x 3.0 inches
Ports (excluding USB)SD card slot
Ports (excluding USB)USB 2.0
Ports (excluding USB)USB 3.0
Ports (excluding USB)Ethernet
Ports (excluding USB)USB Type-C
Ports (excluding USB)HDMI-out
Ports (excluding USB)Kensington Lock
Ports (excluding USB)Headphone/Mic
Card SlotsSD memory reader
Warranty/SupportOne-year limited warranty
Size15.3 x 10.5 x 1.1 inches
Weight5.4 pounds

Konektivitas

Ketika kita bicara konektivitas, pada sisi kiri laptop, anda akan menemukan slot kunci, port USB 2.0, SD card reader dan jack headphone yang juga bisa dikombinasikan dengan mikrofon. Di sebelah kanan anda akan dihadirkan port USB C 3.1, sepasang port USB 3.0, port output HDMI dan sebuah jack Ethernet. Dan untuk urusan konektivitas, VX 15 sudah memenuhi standar laptop modern yang mampu mendukung kecepatan yang ideal untuk urusan transfer data dan sebagainya.

Display

Hadirnya layar 1080p dengan ukuran 15,6 inci, membuktikan bahwa VX 15 cukup tajam. Katakanlah anda bermain  Battlefield 1, ketika anda dalam misi dipantai dengan bebatuan terjal yang tajam, anda bisa melihat percikan api berasal dari kebakaran dan pistol yang memperlihatkan ketajaman warna yang ideal, walaupun adegan itu sedikit lebih gelap dari yang seharusnya.

Panel Aspire ini mampu mereproduksi warna hingga 65 persen dari sRGB color gamut, jatuh jauh di belakang 96-persen sRGB rata2 dari saingannya. Dan inilah salah satu kekurangan yang hadir dalam laptop gaming ini.





Berikut beberapa tes benchmark pada laptop Aspire VX 15 :

Keyboard dan Touchpad

VX 15 memiliki keyboard yang sangat responsif dan nyaman. Dengan hanya 1,6 milimeter perjalanan dan 65 gram gaya yang dibutuhkan untuk menekan tombol, anda bisa menemukan bahwa setiap kunci backlit memiliki keseimbangan yang solid dan sangat nyaman ketika anda bermain game atau hanya sekedar mengetik beberapa tugas. Sedangkan untuk urusan Touchpad, Acer Aspire VX 15 memiliki ukuran 4,1 x 3 inci yang halus dan responsif, serta mampu bekerja sangat ideal pada Windows 10 dengan  gerakan presisi.

Audio

Untuk urusan speaker, kualitas yang dihadirkan pada VX 15 sangat kuat dan seimbang. Anda bisa mendengar sebuah lagu dengan dentuman  setiap irama antara bass dan vocal sangat jelas dan keras. Dan ia bisa dengan mudah memenuhi ruangan konferensi kecil tanpa bantuan pihak ketiga.

Dan speaker yang hadir pun sangat ideal untuk bermain game, seperti Battlefield 1. Anda bisa dengan jelas mendengar bunyi cannonballs mendarat di pantai berpasir sebagai sesama prajurit berteriak dalam kekacauan. Dan hebarnya, anda  masih bisa melihat musik yang diatur di latar belakang.

Kinerja Hardware

Prosesor

Acer Aspire VX 15  dilengkapi dengan prosesor Quad core Intel Core i5-7300HQ, meskipun anda juga bisa memilih prosesor yang lebih kuat dengan Intel core i7 7700HQ. Intel Core i5-7300HQ adalah prosesor quad-core untuk notebook yang memiliki arsitektur Kaby Lake dan diumumkan pada bulan Januari 2017. Dan Core i5 ini tidak mendukung Hyper Threading dan serta memiliki clock yang lebih rendah. Core CPU berjalan pada 2,5-3,5 GHz (4 core hingga 3,1, 2 core hingga 3,3 GHz). Prosesor ini juga dilengkapi dengan HD Graphics 630 GPU serta dual-channel memory controller (DDR3L-1600 / DDR4-2400) dan diproduksi dalam proses 14nm dengan FinFET transistor.

Grafis

VX 15 dilengkapi dengan grafis Nvidia GTX 1050 GPU dengan 4GB VRAM, dan ini lebih dari cukup untuk bermain game terbaru yang paling menuntut pada resolusi 1080p, meskipun anda tida bisa mencapai pada pengaturan tertinggi (dan pasti tidak di VR).

Nvidia GTX 1050 merupakan GPU yang berdasarkan arsitektur Pascal dan diumumkan pada bulan Januari 2017. GTX 1050 menggunakan chip GP107, yang diproduksi dalam proses 14 nm pada Samsung.

Versi notebook berbeda sedikit dalam hal kecepatan, namun dilengkapi dengan 640 unit shader, seperti model desktop. Ia juga memiliki memori sampai dengan 4 GB GDDR5-VRAM yang terpasang melalui 128-bit interface dan data rate 7 Gbps memori (112 GB / s).

Anda bisa bersemangat bermain Battlefield 1 pada pengaturan High dengan framerate yang stabil di 33 dan 43 frame per detik. Ketika anda pindah ke pengaturan ke medium, anda bisa mencapai 57-60 fps.

Benchmark

Dengan berbekal prosesor Intel Core i5-7300HQ, 8GB RAM dan 256GB solid-state drive, serta kinerja grafis terbaru GTX 1050, laptop Aspire VX 15 sangat kuat dalam berbagai tes yang dihadirkan. Anda bisa memiliki hingga 40 tab yang terbuka di Google Chrome, juga streaming video 1080p di YouTube, dan anda tidak akan mengalami lag sama sekali.

Lihat hasil benchmark dibawah ini :

Daya tahan baterai

Sebagai notebook gaming, Aspire VX 15 memiliki daya tahan yang kuat, dimana ia berlangsung 7 jam dan 8 menit pada beberapa tes, baik saat berselancar web terus menerus melalui Wi-Fi ataupun bermain game, sehingga anda bisa dengan tenang membawa laptop ini dalam perjalanan yang cukup jauh dengan sekali isi.

Penyimpanan 

Acer Aspire VX 15 juga memiliki konfigurasi penyimpanan yang cukup mewah dan kualitas penyimpanan yang dihadirkan pada laptop ini sangat baik. Ini karena hadirnya pilihan penyimpanan SSD 256 GB untuk unit ritel, sehingga anda mendapatkan penyimpanan yang cukup untuk aplikasi yang paling penting dan beberapa file serta permainan yang dipilih pada drive penyimpanan cepat. Juga tersedia slot untuk HDD dan SSD tambahan pada laptop ini, sehingga memungkinkan anda untuk upgrae ke pilihan hardisk yang lebih besar. 

Webcam

Aspire VX 15 memiliki Webcam dengan maksimal resolusi 720p, dan ini sudah cukup standar untuk kamera laptop. Untuk itulah, anda jangan mengharapkan sesuatu yang lebih pada kebanyakan webcam bawaan laptop, karena untuk kualitas yang lebih baik, seperti untuk streaming video, sebaiknya anda perlu webcam pihak ketiga untuk menghadirkan kualitas yang lebih baik. Tapi untuk urusan aplikasi biasa, webcam ini sudah lebih dari cukup untuk anda.

Software dan Garansi

Aspire VX 15 menghadirkan perangkat lunak yang banyak dan terkadang menurut kami, kebanyakan yang dihadirkan justru tidak terlalu memiliki manfaat yang berarti, hanya beberapa dari mereka saja. Maka, sebaiknya anda jangan install semua software yang hadir pada laptop ini. Untuk urusan garansi, Acer Aspire VX 15 menghadirkan garansi satu tahun.

Pilihan konfigurasi

Untuk harga 10-13 jutaan, anda akan dihadirkan pilihan Acer Aspire VX 15 dengan Intel Core i5-7300HQ, 8GB RAM, 256GB SSD dan Nvidia GeForce GTX 1050 GPU dengan 4GB VRAM. Sedangkan untuk harga diatas 12 jutaan, anda bisa mendapatkan versi yang lebih baik, dimana ia memiliki CPU intel core i7-7700HQ, 16GB RAM, 256GB SSD dan GTX 1050.

Kesimpulan

Acer Aspire VX15(5-591G-54VG) merupakan notebook anggaran gaming yang solid walaupun ada beberapa minus yang hadir pada laptop ini. Ketika pilihan layar yang dihadirkan agak terbatas pada warna yang dihasilkan, namun ia cukup tajam dan layak untuk menghadirkan kualitas gambar yang baik.  




Apa yang terbaik dari laptop ini adalah keyboard yang nyaman dan bahkan sangat terlihat keren serta kekuatan baterai yang melebihi dari cukup untuk memuaskan hasrat anda saat sedang melakukan perjalanan jauh. Lalu pilihan kualitas Audio jauh diatas rata-rata kebanyakan laptop, dimana ia merupakan salah satu yang terbaik untuk urusan ini. Secara keseluruhan, Aspire VX 15 dengan prosesor Intel Core i5 7300HQ merupakan pilihan yang kuat jika Anda membutuhkan rig gaming dan tidak mampu untuk menghabiskan keuangan lebih dari 11 jutaan.

Pros : Keyboard responsif; speaker yang kuat; kekuatan baterai yang kuat

Cons : Display sedikit hambar; pilihan software yang kebanyakan adalah bloatware

sumber referensi dan gambar : laptopmag.com & acer.com

Baca juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com