Penjelasan Sederhana Mengenai Apa Itu Alamat IP atau IP Addres?

Anda pasti sering atau telah mendengar istilah dari “alamat IP” atau “IP Address”.  Kecuali Anda seorang teknisi, anda mungkin tidak memiliki bayangan lebih dari gagasan apa itu yang dimaksud alamat IP sebenarnya atau cara kerjanya. Mari kita menjelajahi konsep tersebut.

Sebuah alamat IP adalah produk yang menarik dari teknologi komputer modern yang dirancang untuk memungkinkan satu komputer (atau perangkat digital lainnya) untuk bisa berkomunikasi dengan yang lain melalui Internet.




Alamat IP akan memungkinkan lokasi harfiah dari miliaran perangkat digital yang terhubung ke Internet untuk menunjuk dan membedakan dari perangkat lain. Dalam arti yang nyata sama dengan ketika seseorang perlu alamat anda untuk mengirimkan surat, sehingga komputer remote memerlukan alamat IP Anda untuk berkomunikasi dengan komputer Anda.

“IP” singkatan dari Internet Protocol, sehingga alamat IP adalah alamat Internet Protocol. Apa artinya? Internet Protocol adalah seperangkat aturan yang mengatur aktivitas internet dan bisa memfasilitasi untuk penyelesaian berbagai tindakan di World Wide Web.

Oleh karena itu alamat Internet Protocol merupakan bagian dari sistematis yang diletakkan pada jaringan yang saling berhubungan yang mengatur komunikasi online dengan mengidentifikasi kedua perangkat dalam memprakarsai berbagai tujuan Internet, sehingga membuat kemungkinan komunikasi dua arah.

Sebuah alamat IP terdiri dari empat angka, masing-masing berisi 1-3 digit, dengan satu titik (.) dimana titik tersebut yang memisahkan setiap nomor atau serangkaian angka. Masing-masing dari empat nomor dapat berkisar dari 0 sampai 255.

Berikut ini adalah contoh dari apa yang alamat IP yang akan terlihat seperti: 78.125.0.209. Kelompok ini tampak dari empat nomor yang merupakan kunci yang memberdayakan Anda dan saya untuk mengirim dan mengambil data melalui koneksi internet, sehingga memastikan bahwa pesan kami, serta permintaan kami untuk data dan data yang kami minta, akan mencapai yang benar pada Internet. Tanpa protokol numerik ini, mengirim dan menerima data melalui World Wide Web tidak akan mungkin.

kb3998-019_en_v10Alamat IP dapat berupa statis atau dinamis. alamat IP statis tidak pernah berubah. Mereka melayani sebagai alamat internet permanen dan menyediakan cara sederhana dan dapat diandalkan untuk komputer remote untuk menghubungi Anda.

Dan alamat IP statis mampu mengungkapkan informasi seperti benua, negara, wilayah, dan kota di mana komputer berada; juga mengenai ISP (Internet Service Provider) dari layanan komputer tertentu. Selain itu, IP statis juga memberikan informasi teknis seperti lintang tepat dan bujur dari negara, serta lokal dari komputer. Banyak situs menyediakan layanan alamat IP look-up kepada pengunjung mereka secara gratis. Jika Anda penasaran tentang alamat IP Anda sendiri, Anda dapat menemukan website dengan melakukan pencarian Google.

Untuk alamat IP dinamis bersifat sementara dan ditugaskan setiap kali komputer akan mengakses Internet. Mereka, pada dasarnya, dipinjam dari kolam alamat IP yang dibagi di antara berbagai komputer.

Sejak sejumlah alamat IP statis yang tersedia, banyak ISP menyisihkan sebagian dari alamat mereka yang ditugaskan untuk berbagi di antara pelanggan dengan cara ini. Hal ini akan menurunkan biaya dan memungkinkan mereka untuk melayani pelanggan jauh lebih dari kapasitas yang dinyatakan bisa.

Alamat IP statis umumnya banyak disukai untuk penggunaan seperti VOIP (Voice over Internet Protocol), game online, atau tujuan lain di mana pengguna sangat perlu untuk membuat mudah bagi komputer lain dalam mencari dan terhubung ke mereka. Akses mudah juga dapat difasilitasi bila menggunakan alamat IP dinamis melalui penggunaan layanan DNS dinamis, yang memungkinkan komputer lain untuk menemukan Anda meskipun Anda mungkin menggunakan, alamat IP sementara.

Namun bagaimanapun juga, hal ini sering memerlukan biaya tambahan, jadi anda bisa cek dengan ISP Anda. alamat IP statis dianggap agak kurang aman dari alamat IP dinamis, karena mereka lebih mudah untuk dilacak ketika untuk tujuan data mining. Namun, mengikuti praktik Internet yang aman dapat membantu mengurangi potensi masalah ini dan menjaga komputer anda dengan aman tidak peduli jenis alamat IP apa yang anda gunakan.



Comments