Intel Xeon Terbaru Dengan 22 Core Akan Hadir Pada Tahun 2017 Mendatang

Pada acara SC16(The International Conference for High Performance Computing) beberapa waktu lalu, Intel telah menyajikan rincian untuk prosesor Xeon tercepat mereka dan generasi berikutnya untuk platform Skylake-EP. Prosesor terbaru ini memiliki kekuatan besar dan didedikasikan untuk mempercepat tugas-tugas HPC.

Sebelumnya dari Keluarga Broadwell, yakni EP Xeon E5-2600 V4 diluncurkan pada awal 2016 dan menampilkan sebuah lineup SKU yang mengesankan. Bagian unggulan dari Xeon E5-2699 V4 memiliki prosesor 22 inti dan menampilkan 44 Thread. Chip ini memiliki clock 2,20 GHz dan dikemas dalaam 55 MB L3 cache. TDP untuk bagian ini ditetapkan pada 145W dan harga yang ditetapkan sebesar $ 4115 atau sekitar 53 jutaan.




Keluarga Intel Xeon saat ini memiliki pangsa pasar sebesar 92% dalam daftar TOP500. Dan ia menguasai hampir seluruh pasar yang sedang kita bicarakan. Prosesor Broadwell-EP terbaru telah melakukan pekerjaan yang besar dengan desain yang efisien untuk memperpanjang dominasi Intel di pasar Datacenter dan HPC. Intel ingin memperpanjang keunggulan mereka dengan menawarkan varian yang lebih cepat dari Broadwell-EP ini.

Prosesor baru yang akan menggantikannya dikenal sebagai E5-2699A V4. Chip ini memiliki spesifikasi yang sama persis seperti 2699 V4 tapi datang dengan 200 MHz Clock boost. chip memiliki 2,40 GHz clock speed yang menghasilkan LINPAC gain 4,8% dibandingkan bagian Xeon E5-2699 V4 dan prosesor baru tersebut datang dengan harga $ 4938 atau sekitar 64 juta.

Intel® Xeon prosesor E5-2699A v4 telah memberikan kinerja industri terkemuka yang paling menuntut, aplikasi data-intensif yang ideal untuk pelanggan yang membutuhkan kinerja tinggi dari kebanyakan dan dipilih dari keluarga prosesor data center di dunia.

Pada Supercomputing 2016, Intel telah menunjukkan sebuah cluster HPC yang menampilkan versi awal dari generasi prosesor Intel Xeon dalam memanfaatkan terintegrasi Intel OPA dan Intel Advanced Vector Extensions-512 (Intel® AVX-512), dilengkapi dengan prosesor Intel Xeon Phi.

intel-broadwell-ep-xeon-e5-2699a-v4-processor-840x473
Sumber Referensi : http://wccftech.com/

Intel akan mengumumkan Ketersediaan Skylake-EP Xeon E5-2600 V5 Prosesor di Mid-2017

Intel akan mengumumkan ketersediaan umum untuk prosesor ini pada pertengahan 2017. Dan ini akan ada sekitar 7-8 bulan dari sekarang dan kami mengharapkan peluncuran tersebut akan diumumkan pada  Computex 2017. Intel telah membuat beberapa HPC yang berfokus pada optimasi dalam chip Skylake-EP , beberapa di antaranya termasuk Instruksi Advanced Vector -512 untuk meningkatkan perhitungan floating point dan algoritma enkripsi. Intel juga telah terintegrasi dalam Bagian arsitektur Omni chip untuk jaringan kecepatan tinggi dan interkoneksi.

Detail Next-Gen Intel Skylake-EP / EX V5

Platform Purley adalah platform scalable dan terpadu yang akan mendukung chip 2S, 4S dan 8S di lineup Skylake-EP dan Skylake-EN. Ini akan menampilkan arsitektur Storm Lake Gen 1 dan ini adalah generasi berikutnya dari Omni-Path interkoneksi Intel yang akan menampilkan Purley sementara di Lewisburg PCH yang akan menyalakan seluruh platform yang.

Sehingga, ia dapat memberikan hingga kecepatan interkoneksi 100 GB / s dengan latency 56% lebih rendah dibandingkan dengan generasi sekarang, sehingga ia mampu sampai dengan 48 port dengan arsitektur Chip baru.

Platform baru ini juga dilengkapi dengan soket yang telah diperbarui. Dimana soket ini telah ditingkatkan untuk fitur 3647 pin yang memberikan nama LGA 3647. socket ini dikelilingi oleh 12 slot DIMM DDR4. Hal ini disebabkan dengan dukungan untuk generasi memori hexa-channel dan DIMM Optane Intel untuk solusi latency yang lebih cepat. Secara keseluruhan, Purley akan memperluas platform server Intel di berbagai fitur baru.

Intel LGA 3647 Socket LGA vs 2011-3

Skylake Xeon V5 akan naik terhadap platform Naples berdasarkan Zen AMD tahun depan. Intel telah dominan dalam menguasai pasar server. Namun, AMD yakin bahwa chip terbaru mereka akan menampilkan paritas kinerja dengan saingan mereka setelah waktu yang sangat lama.Selain itu juga, Intel juga akan mengumumkan peluncuran generasi prosesor berikutnya yakni prosesor Xeon Phi “Knights Mill” pada tahun 2017 yang akan difokuskan untuk belajar AI. Mari kita tunggu saja aksinya.



Comments