Sejarah Singkat Mengenai Japanese-Role Playing Game (JRPG)

Sebuah role-playing game ( RPG ) adalah suatu permainan di mana setiap pemain dapat  mengasumsikan berbagai peran karakter ,yang  umumnya diatur dalam fantasi atau secara  fiksi ilmiah , yang dapat berinteraksi dalam permainan dunia imajiner .

Ada beberapa bentuk dari RPG . Bentuk aslinya , kadang-kadang disebut table RPG (RPG meja) , yang dilakukan melalui diskusi , sedangkan pada live action role-playing game ( LARP ) yaitu  pemain secara fisik melakukan tindakan melalui karakter mereka . Dalam kedua bentuk ini , pengatur semua permainan  disebut master permainan ( GM ) yang biasanya memutuskan pada aturan dan pengaturan yang akan digunakan dan seolah bertindak sebagai wasit , sementara masing-masing pemain lain memainkan peran karakter tunggal .

Ada banyak beberapa varietas RPG yang juga ada di media elektronik , seperti multi -player MUD berbasis teks dan penerus berbasis grafis mereka, game online role-playing dengan massively multiplayer ( MMORPG ) . Role-playing game juga memasukan  single-player role-playing video game di mana pemain bisa mengontrol karakter atau tim yang melakukan pencarian , dan mungkin termasuk kemampuan untuk  menggunakan mekanika statistik .

Meskipun RPG ini hadir dalam  berbagai bentuk , beberapa bentuk permainan seperti permainan kartu perdagangan dan wargames yang terkait dengan peran -playing game mungkin tidak disertakan . Kegiatan role-playing mungkin terkadang hadir dalam permainan seperti itu, tapi hal itu bukan fokus utama dari game RPG.  Istilah ini juga kadang-kadang digunakan untuk menggambarkan permainan simulasi roleplay dan latihan yang digunakan dalam pengajaran , pelatihan , dan penelitian secara akademis .salah satu jenis genre dari RPG juga adalah Japanese role-playing game (JRPG)

Japanese role-playing game (JRPG)  merupakan bentuk permainan video games buatan Jepang . JRPG membuat penampilan untuk pertama kalinya pada tahun 1980-an, dan  hari ini , ada banyak ratusan game yang telah didesain di Negara Jepang serta diterjemahkanke dan didistribusikan berbagai negara lainnya.

Pada awalnya, yaitu sekitar tahun 1970-an, Role-playing game memiliki sedikit perhatian dari public jepang, karena hampir semua game yang ada hanya memiliki bahasa Inggris.dan sekitar tahun 1980-an, mulailah banyak diproduksi game lokal buatan jepang sendiri,hingga beberapa majalah game dan permainan komputer mulai ikut memperkenalkan game buatan lokal itu sendiri.

Beberapa game RPG Jepang  awalnya memiliki  judul fiksi ilmiah , termasuk Donkey Commando pada tahun 1982 dan Enterprise : Role Play Game di Star Trek pada tahun 1983. Classic Traveller merupakan game RPG  yang pertama diterjemahkan pada tahun 1984 , kemudian menyusul  Dungeons & Dragons pada tahun 1985. Salah satu yang paling awal dalam  RPG fantasi tradisional Jepang yang dirancang adalah Roads To Lord , yang diterbitkan pada tahun 1984 .

Ff3
Final Fantasy awal tahun 1990

Hingga pada akhir 1980-an, munculnya video game seperti Dragon Quest dan Final Fantasy sangat membantu mempopulerkan permainan JRPG.  Game Dragon Quest yang pertama diterbitkan oleh Enix pada tahun 1986 untuk NES dan MSX Platform / MSX2. Dan dalam waktu  yang sama juga,  Grup SNE merintis genre buku baru yang disebut Replay; genre baru ini terdiri beberapa sesi log  yang diatur sebagai publikasi . Replay yang pertama, Record of War Lodoss, merupakan sekuel dari Dungeons and Dragons yang telah diterbitkan di majalah Comptiq sejak 1986. Replay dan novel Record of War Lodoss melahirkan genre RPG fantasi. Sedangkan untuk Sword World 2.0, game ini merupakan edisi terbaru dari role-playing game yang cukup  populer di tahun 90-an. Game RPG buatan Jepang ini diterbitkan pada tahun 1989 dan menjadi populer dengan sangat cepat.  

s-l300
Alshard

Sampai pada tahun 1990-an , Grup SNE merupakan sebuah perusahaan role-playing game yang  terkemuka di Jepang . Salah satu game yang paling populer pada akhir 90-an adalah  Alshard , yang juga merupakan game  J RPG di abad ke-21 , disusul dengan game The ” Spring Age ” yang membentang pada tahun 1999-2002 . JRPG yang cukup terkenal juga adalah Blade Of Arcana (1999 ) , Double Cross (2001 ) , Night Wizard (2002 ) dan Alshard (2002 ) .

 Dan sejak saat itu, Perluasan sistem role-playing game generik dengan  Sistem Standard RPG didasarkan pada sistem permainan Alshard sejak 2006. Mereka semua dibuat oleh F.E.A.R dan tumbuh menjadi salah satu perusahaan terkemuka RPG baru di Jepang .

Konsol dan komputer RPG memiliki pengaruh yang sangat besar. Misalnya, Alshard terinspirasi oleh Final Fantasy dan Arianrhod RPG (2004) terinsiprasi dari game Ragnarok Online. Game cerita yang oriented juga dipengaruhi oleh berbagai game role-playing asing, seperti Cyberpunk 2020, Torg dan World of Darkness.

RPG pertama yang diterjemahkan dari bahasa Jepang ke bahasa lain adalah Sword World  RPG . Pada tahun 2008, banyak game RPG benar-benar diterjemahkan dari bahasa Jepang ke dalam bahasa Inggris . Tenra Bansho Zero telah diproyeksikan menjadi terjemahan pertama ke dalam bahasa Inggris . ; Namun ,  mempunyai  kandungan kontroversial saat pertama kali diedit  .

Sumber : wikipedia

Comments