Perlukah Kita Memiliki Aplikasi Keamanan Untuk Perangkat Mobile Android ?

Android sudah ada sekitar beberapa tahun yang lalu sampai sekarang dan belum ada topik mengenai argumen tentang bagaimana sistem keamanan dari perangkat mobile tersebut. Di satu sisi Anda memiliki gagasan bahwa Android tidak rentan terhadap ancaman virus , asalkan Anda berhati-hati tentang apa yang Anda pilih , anda tidak ada membutuhkan perangkat lunak seperti antivirus . Di sisi lain , Anda memiliki laporan dan statistik yang mengklaim bahwa malware adalah hal yang menakutkan secara umum dan perangkat Android tanpa perlindungan pasti terinfeksi . Jadi mana kebenaran dan mana hal yang tidak benar

Anda mungkin bertanya-tanya pada diri sendiri , bagaimana jika saya memiliki virus ponsel ? ketika anda  menyimpan banyak hal berharga , data berharga pada ponsel anda , dan ketika anda mendengar dalam berita bahwa ancaman virus mobile meningkat , sangat mudah untuk melupakan konteks di balik angka dan kekhawatiran bahwa Anda mendapatkan rasa takut virus ponsel akan mencuri informasi pribadi Anda . Mudah-mudahan kita bisa mengklarifikasi hal-hal dengan mengatasi beberapa pertanyaan yang kita dengar tentang yang disebut Android ” virus . ”




Sejarah yang dibawa  dari dunia komputer, ” virus ” adalah sebuah program yang mereplikasi sendiri dengan melampirkan ke program lain . Hacker sering menggunakan metode ini untuk menyebarkan pekerjaan jahat mereka , dan virus menjadi istilah populer untuk menyebut semua jenis perangkat lunak berbahaya ( malware ) pada komputer . Dalam kasus smartphone , sampai saat ini kami belum melihat malware yang dapat mereplikasi diri seperti virus PC , dan secara khusus pada Android ini tidak ada , sehingga secara teknis tidak ada virus Android . Namun, ada banyak jenis lain dari malware Android . Kebanyakan orang berpikir dari perangkat lunak berbahaya adalah seperti virus , meskipun secara teknis tidak akurat .

Malware  adalah kependekan dari perangkat lunak yang berbahaya , merupakan  software yang dirancang yang secara diam-diam untuk mengontrol perangkat , mencuri informasi pribadi atau uang dari pemilik perangkat . Malware banyak  digunakan untuk mencuri password dan nomor rekening dari ponsel , menempatkan tuduhan palsu pada akun pengguna dan bahkan melacak lokasi dan aktivitas pengguna tanpa sepengetahuan mereka .

Melalui penelitian Lookout Mobile Security 2012 pada setiap Negara , kami telah menemukan bahwa perilaku pengguna dan geografi sangat mempengaruhi risiko Anda menghadapi malware. Penipu membuat pekerjaan mereka untuk menyamarkan malware sebagai aplikasi mobile seolah tampak tak berdosa di toko aplikasi dan situs web.

Hal yang paling sederhana bagi anda untuk meminimalkan risiko menghadapi malware adalah mempunyai aplikasi keamanan di perangkat Android sebagai benteng pertahanan untuk mencegah hal ini terjadi   dan menjadi bijaksana untuk setidaknya mengetahui  aplikasi keamanan yang Anda akan unduh ,serta hal yang  paling aman bagi anda agar terhindar dari malware adalah untuk tetap men-download/mengunduh aplikasi pada jalur yang sudah ‘ditentukan’ dari aplikasi yang sudah terkenal dan terpercaya  seperti Google Play yang memiliki aplikasi keamanan yang terpercaya atau yang lainnya.

Jadi Perlukah kita mempunyai aplikasi keamanan untuk perangkat Android? jawabannya iya.



Comments