Cloud Hosting

Sekilas Tentang Overclocking Software MSI Afterburner





MSI Afterburner adalah utilitas overclocking kartu grafis dan  memberikan  Anda kontrol penuh terhadap kartu grafis yang sedang anda gunakan . Software ini memberikan gambaran yang sangat rinci dari perangkat keras kartu grafis  Anda dan dilengkapi dengan beberapa fitur tambahan seperti profil fan yang bisa disesuaikan , benchmarking dan merekam video . MSI Afterburner tersedia secara gratis dan dapat digunakan dengan kartu grafis dari semua merek.

MSI Afterburner  adalah kolaborasi antara MSI dan pengembang RivaTuner ini , Alexey Nicolaychuk . Software ini akan bekerja untuk semua merek lain dari berbagai jenis kartu video, Seperti halnya software utilitas ASUS GPU Tweak , yang berarti MSI Afterburner akan bekerja dengan baik dengan kartu grafis  NVIDIA dan kartu grafis berbasis AMD .

Ketika memulai software utilitas ini, anda pertama kali akan melihat dua panel, panel kiri dan panel kanan.  Pertama, mari kita lihat  pada panel kanan, yaitu panel monitor hardware. Sepintas, kita bisa melihat suhu GPU, penggunaan GPU, kecepatan kipas, dan RPM. Ketika kita bergerak slider ke bawah, kita melihat banyak informasi pemantauan tambahan . Tidak hanya dapat kita memantau kartu video , tapi kita dapat memantau hardware lain juga. Suhu CPU  dan penggunaan memori sistem juga dapat dipantau.

Ketika kita menekan tombol detach di bagian atas panel dapat memungkinkan Anda untuk memperluas panel. Hal ini memungkinkan Anda untuk mendapatkan gambaran yang lebih besar dari apa yang bisa ditawarkan dari monitor hardware ini . Tidak ada keraguan bahwa software ini  adalah utilitas pemantauan paling informatif dari semua software yang lain .

Ketika kita melihat  ke panel sebelah kiri , kita dapat melihat bahwa Afterburner memungkinkan untuk menyesuaian array standar pengaturan , segala sesuatu dari batas kekuatan untuk kecepatan kipas ,menyesuaikan tegangan core GPU ( pada kebanyakan GPU ) dan sebagainya. Namun hal tersebut adalah pilihan yang perlu diaktifkan di tab pengaturan sebelum digunakan . Seiring dengan penyesuaian tegangan , Afterburner juga menawarkan pengguna hingga lima profil kustom , sehingga Anda dapat menyimpan dan menerapkan profil yang diperlukan . Hal tersebut juga termasuk fitur kunci untuk menjaga Anda dari penerapan atau mengubah profil dengan sengaja atau tidak sengaja.

Anda mungkin telah memperhatikan tombol K di kiri atas dari panel utama . Ini adalah untuk sebuah program yang disebut MSI Kombuster . Seperti OC Scanner X  dari EVGA  , software tambahan ini sebagai alat pengujian dan alat benchmarking yang menggunakan teknologi FurMark . Kombuster dapat memeriksa stabilitas kartu video dan suhu max sementara dari overclocking . Sebagai manfaat tambahan, hal tersebut juga bisa  menguji CPU Anda . Tidak seperti OC Scanner X , versi terbaru Kombuster ini tidak termasuk artefak pemindai . Juga sebagai catatan  bahwa Kombuster tidak dibundel dengan Afterburner ,anda perlu menginstal secara terpisah .

MSI Kombustor

Pada bagian tab umum dalam pengaturan Afterburner dan kita bisa melihat opsi apa saja yang ditawarkan. Seperti disebutkan sebelumnya, pengguna kini diberi pilihan untuk membuka kontrol tegangan bersama dengan pemantauan tegangan di tab umum. Kita bisa menguji kartu grafis dengan  menggunakan kontrol tegangan yang berbeda dan kita bisa  mampu menyesuaikan tegangan core GPU pada setiap pilihan dari mereka setelah memeriksa opsi tegangan diunlock. Jenis kompatibilitas ini membuat software utilitas tersebut menjadi salah satu yang diunggulkan dari software ini oleh sebagian besar pengguna overclocker. Selain itu, kita dapat memilih untuk memiliki setting Afterburner yang sudah dimodifikasi pada Windows startup dan memiliki utilitas berkala untuk memeriksa update yang telah tersedia.

Comments

Artikel Terkait