AMD Perkenalkan Chipset Motherboard Seri 800, Perluas Platform AM5

AMD Perkenalkan Chipset Motherboard Seri 800, Perluas Platform AM5

AMD baru saja mengumumkan pembaruan signifikan chipset motherboard seri 800 untuk platform AM5-nya, memperpanjang umurnya yang telah dikonfirmasi hingga tahun 2027 dan seterusnya. Perpanjangan ini memberikan lebih banyak kejelasan dan kepastian bagi calon pembeli dan pemilik AM5 saat ini, yang sebelumnya hanya diberi tahu tentang dukungan hingga tahun 2025+.

Baca juga: AMD Umumkan CPU Ryzen 9000 Terbaru dengan Arsitektur Zen 5

Chipset X870 dan X870E

Bersamaan dengan dukungan yang diperluas, AMD telah meluncurkan chipset seri 800 baru: X870 dan X870E, yang sepenuhnya melampaui seri 700. Chipset baru ini memperkenalkan beberapa kemajuan dibandingkan chipset X670 dan X670E:

  • Dukungan USB4 Standar: Semua motherboard dalam seri ini akan menyertakan dukungan USB4.
  • PCIe 5.0 untuk Penyimpanan Grafis dan NVMe: PCIe 5.0 akan menjadi standar untuk penyimpanan grafis dan NVMe di semua motherboard.
  • Peningkatan Dukungan Frekuensi Memori: Peningkatan dukungan frekuensi memori melalui teknologi EXPO AMD.

Meskipun pembaruan ini menjadikan seri X870 sebagai peningkatan berulang dibandingkan X670, pembaruan ini secara signifikan meningkatkan kemampuan dasar motherboard seri X.

AMD Perkenalkan Chipset Motherboard Seri 800, Perluas Platform AM5

Misalnya, motherboard X670 saat ini seperti Gigabyte X670 Gaming X dan Asus Prime X670-P, mendukung PCIe 5.0 hanya untuk slot M.2 pertama, dengan PCIe 4.0 untuk slot grafis x16 utama. Versi X870 dari papan ini harus mendukung PCIe 5.0 untuk slot M.2 dan x16 utama dan mengintegrasikan USB4.

AMD juga mengisyaratkan kedatangan GPU PCIe 5.0, mungkin merujuk pada arsitektur RDNA4 yang akan datang.

Kompatibilitas & Update di Masa Depan

Chipset X870 dan X870E baru akan kompatibel dengan CPU Ryzen 7000 dan 8000 berbasis Zen 4 dan akan mendukung seri Ryzen 9000 baru. Demikian pula, papan seri 600 yang ada akan kompatibel dengan CPU Zen 5 setelah pembaruan BIOS, memastikan peningkatan yang lancar.

Salah satu aspek yang harus diperhatikan adalah dukungan clock memori EXPO yang lebih tinggi. Semua data performa AMD untuk seri Ryzen 9000 dikumpulkan pada board X670E menggunakan memori DDR5-6000. Belum ada konfirmasi apakah Zen 5 akan mendukung memori yang lebih cepat atau apakah peningkatan ini terutama untuk ketahanan di masa depan. Rincian lebih lanjut diperkirakan akan muncul di acara Computex dalam beberapa hari mendatang.

AMD Perkenalkan Chipset Motherboard Seri 800, Perluas Platform AM5

Meskipun komitmen AMD untuk mendukung platform AM5 hingga setidaknya tahun 2027 merupakan berita positif, produsen belum secara eksplisit mengonfirmasi bahwa arsitektur CPU berikutnya selain Zen 5, mungkin Zen 6, akan kompatibel dengan AM5.

Dalam slide presentasi yang sama mencatat bahwa AM4 akan didukung hingga tahun 2025, meskipun tidak ada arsitektur CPU baru yang diluncurkan pada platform tersebut sejak tahun 2021, selain model V-Cache.

Interpretasi yang paling skeptis mungkin menunjukkan bahwa dukungan AM5 hingga tahun 2027+ bisa berarti hanya memperbarui CPU Zen 5 daripada memperkenalkan model Zen 6. Namun, ekspektasi umum dan kemungkinan interpretasi, didukung oleh implikasi pemasaran AMD, adalah bahwa Zen 6 memang akan didukung pada platform AM5. Mengingat Zen 6 diperkirakan akan diluncurkan sebelum tahun 2027, mengecualikannya dari AM5 akan sangat menyesatkan.

Dukungan AMD yang diperluas untuk platform AM5 dan pengenalan chipset X870 dan X870E baru menggarisbawahi komitmen AMD untuk menyediakan platform yang kuat dan tahan masa depan bagi penggunanya. Dengan pembaruan ini, AMD terus mendorong batasan kinerja dan kompatibilitas, memastikan bahwa penggunanya memiliki akses terhadap teknologi mutakhir di masa depan. Nantikan liputan lebih detail dari Computex.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com