AMD Perkenalkan Radeon Anti-Lag 2 Di Counter-Strike 2

AMD Perkenalkan Radeon Anti-Lag 2 Di Counter-Strike 2

Menyusul kesalahan signifikan pada Radeon Anti-Lag+ pada musim gugur lalu, AMD mengambil pendekatan yang lebih hati-hati dengan versi terbaru dari fitur pengurang latensinya. Versi revisi, dijuluki Radeon Anti-Lag 2, kini tersedia dalam mode preview khusus untuk pemain Counter-Strike 2. AMD mencari masukan dari pengguna untuk memastikan implementasi baru ini menghindari kesalahan sebelumnya.

Baca juga: GIGABYTE Indonesia Umumkan Solusi RMA untuk Monitor Gaming G24F2

Radeon Anti-Lag 2 bertujuan untuk memberikan pengurangan latensi input yang unggul dibandingkan pendahulunya. Pembaruan ini kompatibel dengan GPU AMD Radeon RX 5000, 6000, dan 7000 dan memerlukan versi pratinjau driver Radeon terbaru, versi 24.5.1. Setelah diinstal, fitur ini akan aktif secara otomatis saat memulai Counter-Strike 2, meskipun pemain dapat mengaktifkannya secara manual di pengaturan grafis game.

Untuk membantu menyempurnakan fitur ini, AMD mendorong para pemain untuk melaporkan masalah apa pun menggunakan AMD Bug Report Tool. Selain itu, alat analisis telah terintegrasi untuk membantu pengguna membedakan dampak fitur tersebut. Dengan menekan Alt+Shift+L, pemain dapat beralih melalui mode yang berbeda—tanpa Anti-Lag, Anti-Lag asli, dan Anti-Lag 2. Penghitung bingkai dan milidetik yang ditampilkan di dekat peta mini akan memberikan umpan balik visual mengenai perbedaan latensi.

Belajar dari Kesalahan Masa Lalu

Radeon Anti-Lag asli, yang diperkenalkan pada tahun 2019, mengurangi latensi input pada tingkat driver untuk semua game. Namun, pembaruan Anti-Lag+ berikutnya, yang diluncurkan September lalu, mencoba melakukan integrasi lebih dalam dengan mengoptimalkan kode setiap game.

Perubahan ini menyebabkan masalah yang signifikan, termasuk game crash dan larangan anti-cheat, karena AMD belum memberi tahu pengembang game tentang implementasi baru tersebut. Dampak buruk ini mendorong AMD untuk mencabut Anti-Lag+ dan menjanjikan revisi yang komprehensif. Untuk memastikan pengalaman yang mulus, AMD telah berkolaborasi erat dengan Valve untuk pengembangan Anti-Lag 2. Kerja sama ini bertujuan untuk menyelaraskan pemrosesan frame CPU dan GPU dalam kode game, sehingga mengurangi risiko masalah dalam game.

AMD Perkenalkan Radeon Anti-Lag 2 Di Counter-Strike 2

Data awal dari AMD menunjukkan bahwa Anti-Lag 2 dapat mengurangi latensi hampir dua kali lipat dibandingkan dengan implementasi aslinya. Grafik AMD menunjukkan potensi penghematan sekitar lima frame dibandingkan dengan Anti-Lag dasar dan hingga 10 frame dibandingkan dengan tidak menggunakan fitur tersebut sama sekali. Pengujian independen akan segera memvalidasi klaim ini.

Perkembangan Masa Depan

Meskipun saat ini terbatas pada Counter-Strike 2, AMD berencana untuk merilis Software Development Kit (SDK) untuk Anti-Lag 2 di GPUOpen, yang memungkinkan pengembang untuk mengintegrasikan fitur tersebut ke dalam game lain. Langkah ini diharapkan dapat memperluas manfaat dari pengurangan latensi input pada lebih banyak judul game, sehingga meningkatkan pengalaman bermain game untuk audiens yang lebih luas.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com