Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660: Powerful & Stylish

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660: Powerful & Stylish

Dalam kancah persaingan laptop modern, ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660 tampil sebagai pesaing yang patut mendapat perhatian. Laptop ini menantang standar yang ditawarkan perangkat serbaguna kepada penggunanya—memadukan kemampuan gaming yang kuat dengan kemahiran yang dibutuhkan oleh pembuat konten dan mobilitas umum yang dibutuhkan oleh pengguna sehari-hari.

Jadi dalam ulasan ini, kami akan mendalami apa yang membuat VivoBook Pro 16 OLED menonjol, meneliti kinerjanya, dan membantu pengguna menentukan apakah ini bisa menjadi pilihan tepat.

Baca juga: Review Motherboard ASUS ROG Strix Z790-A Gaming WIFI II

Harga

ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660 berada pada posisi yang sulit di pasar saat ini, dengan banderol harga sekitar Rp 26 jutaan. Ini bisa menimbulkan dilema bagi calon pembeli. Mengapa dilema? Bagi mereka yang mencari laptop tipis dengan mobilitas ultra, laptop ini mungkin bukan pilihan yang tepat.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Sedangkan untuk para gamer hardcore, tersedia alternatif khusus gaming yang lebih ampuh, beberapa di antaranya dilengkapi dengan GPU RTX 4060 dengan harga kurang dari Rp 25 juta. Lantas, siapa sebenarnya pengguna ideal VivoBook Pro 16 OLED K660?

Link pembelian ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660: Shopee, Tokopedia

Desain

Model ini bisa dianggap sebagai laptop hybrid, terutama dalam hal penggunaan. Ini cukup serbaguna untuk bermain game, cocok untuk pembuat konten, dan bagus untuk pengguna biasa.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

VivoBook Pro 16 OLED mengadopsi desain seperti laptop gaming dengan layar 16 inci, namun relatif ringan dan tipis, masing-masing hanya sekitar 1,9 kg dan 1,9 cm, sehingga meningkatkan mobilitasnya dibandingkan dengan laptop gaming yang biasanya lebih besar.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Desainnya mengikuti estetika standar VivoBook—sederhana namun elegan. Produk ini memiliki kualitas build metalik yang kokoh, terasa cukup premium, terutama dengan sertifikasi ketahanan tingkat militer—sebuah kemajuan penting dari model seri VivoBook yang lebih murah.

Konektivitas

VivoBook Pro 16 juga tidak mengurangi konektivitas, menampilkan port penting termasuk Thunderbolt 4, USB Type-C 3.2 Gen2, dan dua port USB-A yang mendukung USB 3.2 Gen2.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Ada juga port HDMI 2.1 dan penyertaan yang langka di laptop premium saat ini—Gigabit LAN, bersama dengan slot MicroSD. Jaringannya kuat dengan dukungan WiFi 6E dan Bluetooth 5.3, memastikan opsi konektivitas online yang serbaguna dan terkini.

Audio

Sistem audio onboard yang ditenagai oleh Harman Kardon luar biasa, menawarkan suara yang jernih dengan bass yang nyata, meningkatkan pengalaman multimedia. Kejernihan mikrofon ditingkatkan dengan AI Noise Cancellation, memberikan input audio yang jernih untuk panggilan dan rekaman.

Keyboard

Keyboard memberikan pengalaman mengetik yang nyaman dengan jarak tombol 1,4 mm, tombol dengan lampu latar, dan elemen desain unik seperti warna berbeda pada tombol escape dan aksen tambahan pada tombol enter.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Ini juga mencakup numpad ukuran penuh dan sensor sidik jari yang terintegrasi ke dalam tombol daya untuk login sekali sentuh, meningkatkan fungsionalitas dan keamanan.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Fitur Layar

Salah satu fitur menonjol dari ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660 tidak diragukan lagi adalah layar OLED-nya yang menakjubkan. Layarnya bersinar terang dengan kecerahan maksimum hingga 600 nits, sehingga mudah dilihat meski dalam kondisi pencahayaan cukup. Ini juga mendukung HDR, meningkatkan kontras dan rentang warna video dan gambar, memberikan pengalaman menonton yang lebih mendalam.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Selain itu, layarnya telah divalidasi Pantone, memastikan bahwa layar tersebut mereproduksi warna dengan akurasi luar biasa. Hal ini penting bagi para profesional seperti desainer grafis, fotografer, dan editor video yang mengandalkan warna nyata untuk pekerjaan mereka. Gamut warna 100% DCI-P3 semakin memperkaya palet ini, mencakup spektrum luas yang sangat berharga dalam pembuatan konten profesional.

Ukuran layar 16 inci dipadukan dengan rasio aspek 16:10, menawarkan lebih banyak ruang vertikal dibandingkan layar tradisional 16:9. Ruang ekstra ini ideal untuk menjelajah, membaca, atau mengerjakan dokumen karena memungkinkan lebih sedikit pengguliran dan lebih banyak konten di layar sekaligus. Resolusi 3,2K yang tajam memastikan segala sesuatu mulai dari teks hingga gambar tajam dan detail, sehingga meningkatkan produktivitas dan pengalaman hiburan.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Para gamer juga mempunyai banyak hal untuk dirayakan dengan tampilan ini. Kecepatan refresh 120 Hz memungkinkan gameplay lebih lancar, sebuah keuntungan signifikan dalam game bertempo cepat di mana setiap milidetik sangat berarti. Ditambah dengan waktu respons 0,2 ms yang sangat cepat, layar dapat menangani aksi berkecepatan tinggi tanpa bayangan atau keburaman, memastikan pengalaman bermain game yang kompetitif.

Spesifikasi Inti

  • Model: K6602VU
  • Colors: Quiet Blue, Transparent Silver
  • Processor: Intel® Core™ i9-13900H, 2.6 GHz, up to 5.4 GHz, 14 cores, 20 threads
  • Graphics: NVIDIA® GeForce RTX™ 4050 Laptop GPU (6GB GDDR6); Intel Iris Xᵉ Graphics*
  • Display: 16.0-inch OLED, 3.2K, 120Hz, 100% DCI-P3, VESA HDR True Black 600
  • Memory: 16GB DDR5, expandable up to 24GB
  • Storage: 1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 SSD
  • Ports: USB-C, 2x USB 3.2 Type-A, Thunderbolt™ 4, HDMI 2.1, 3.5mm audio jack, RJ45
  • Ethernet, Micro SD card reader
  • Camera: 1080p FHD with privacy shutter
  • Audio: harman/kardon speakers, Smart Amp, built-in microphone, Cortana support
  • Connectivity: Wi-Fi 6E, Bluetooth® 5.3
  • Battery: 96WHrs, 6-cell
  • Weight: 1.90 kg
  • Dimensions: 35.53 x 25.20 x 1.90 ~ 2.00 cm

VivoBook Pro 16 OLED K660 ditenagai oleh prosesor Intel® Core™ i9-13900H Generasi ke-13. CPU kelas atas ini memiliki 14 core dan 20 thread, memberikan kemampuan multitasking yang luar biasa dan penanganan tugas komputasi intensif yang efisien.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Dengan kecepatan turbo boost hingga 5,4 GHz, prosesor ini memastikan peluncuran aplikasi yang cepat dan pemrosesan yang lancar, menjadikannya ideal untuk segala hal mulai dari perangkat lunak pengeditan video yang kompleks hingga game kelas atas.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Tugas grafis dikelola oleh NVIDIA GeForce RTX 4050, GPU kelas menengah solid yang dirancang untuk proyek kreatif dan bermain game. Dengan VRAM GDDR6 sebesar 6GB, kartu grafis ini mendukung efek visual tingkat lanjut dan dapat menangani tugas-tugas intensif grafis dengan lancar, memastikan visual yang detail dan responsif selama bermain game atau pembuatan konten.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Laptop ini dilengkapi dengan RAM DDR5 16GB, yang merupakan kelas atas untuk memastikan multitasking yang efisien dan kinerja yang lancar di berbagai aplikasi. Untuk pengguna dengan kebutuhan RAM yang lebih tinggi, seperti editor video dan data scientist, sistem ini mendukung upgrade memori, sehingga memberikan fleksibilitas untuk peningkatan di masa mendatang.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

VivoBook Pro 16 dilengkapi SSD M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 1TB, menawarkan ruang penyimpanan yang cukup untuk file besar dan waktu akses data yang cepat. SSD cepat ini sangat penting untuk mengurangi waktu muat aplikasi dan game, serta meningkatkan respons sistem secara keseluruhan.

Performa

Kinerja CPU

Pengujian dengan Cinebench R23 memberikan indikasi yang baik mengenai performa CPU VivoBook Pro 16, yang menggambarkan bagaimana pengaturan daya yang berbeda memengaruhi efisiensi dan dinamika termalnya.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Mode Charging saat dicolokkan dan menggunakan pengaturan daya tinggi, VivoBook mencapai skor multi-core Cinebench lebih dari 15.000. Tingkat performa tersebut menunjukkan bahwa laptop tersebut memanfaatkan kemampuan prosesor Intel Core i9-13900H mendekati batas atasnya, mencapai thermal design power (TDP) yang tinggi sekitar 80 watt.

TDP yang tinggi ini memungkinkan kinerja yang lebih baik namun menghasilkan suhu yang lebih tinggi, berpotensi melebihi 90 derajat Celsius.

Sedangkan saat dijalankan dengan daya baterai, skor kinerja turun secara signifikan menjadi sekitar 10.000. Pengurangan ini disebabkan oleh konsumsi daya yang lebih rendah (di bawah 35 watt) untuk menghemat masa pakai baterai, yang juga menghasilkan suhu pengoperasian yang jauh lebih dingin.

Kinerja Grafis

Saat dicolokkan dan dalam mode performa tinggi, GPU mencapai rata-rata 51 fps dalam game yang menuntut seperti Cyberpunk 2077 pada pengaturan tinggi 1080p. Performanya cukup cocok untuk laptop gaming kelas menengah.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Performa turun menjadi sekitar 38 fps saat tidak dicolokkan, menunjukkan perbedaan jelas dalam cara sumber daya memengaruhi output grafis dan pengalaman bermain game. Suhu tetap terkendali di bawah 75 derajat Celcius, namun kebisingan kipas menjadi lebih jelas saat sistem mencoba untuk mendinginkan.

Kinerja Baterai

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

  • Waktu Idle: VivoBook dapat bertahan sekitar 5,6 jam dalam keadaan idle, yang merupakan standar untuk laptop modern dengan internal yang kuat.
  • Penggunaan Aktif: Daya tahan baterai berkurang secara signifikan saat melakukan tugas intensif seperti menonton video atau menjelajah web, bertahan sekitar 3 jam 50 menit, dan bahkan lebih sedikit lagi saat bermain game terus menerus, sekitar 2 jam 20 menit.
  • Fast Charging: Salah satu keunggulan VivoBook adalah kemampuan fast charging yang mampu mengisi ulang baterai hingga 90% hanya dalam waktu 40 menit, sebuah fitur penting bagi pengguna yang membutuhkan isi ulang cepat di siang hari.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660 merupakan laptop tangguh yang cocok untuk para pembuat konten dan gamer yang membutuhkan CPU dan GPU bertenaga, layar berkualitas tinggi, dan audio premium dalam kemasan yang relatif portabel.

Review ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660

Namun, harga yang mahal, GPU yang harusnya bisa lebih baik, dan performa SSD yang kurang mengesankan mungkin menjadi kendala bagi beberapa calon pembeli. Kipas yang berisik dapat menjadi gangguan, meskipun hal ini dapat disesuaikan melalui aplikasi MyASUS dengan mengorbankan suhu yang lebih tinggi.

Nah, gimana menurut kalian? Apakah ASUS VivoBook Pro 16 OLED K660 pilihan tepat untuk kebutuhan kalian? Tulis ya di kolom komentar.

Positif:

  • Layar OLED Berkualitas Tinggi
  • Prosesor yang Kuat
  • Performa Grafis Solid
  • Desain Cukup Portabel
  • Pengisian Daya Cepat
  • Konektivitas Tingkat Lanjut

Minus:

  • Daya tahan Baterai dirasa kurang
  • Kebisingan Kipas
  • Performa SSD Belum masih kurang
  • Titik Harga yang cukup Tinggi
Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com