Webcam Pakai Kamera Smartphone Di Windows 11 Bakal Lebih Mudah

Webcam Pakai Kamera Smartphone Di Windows 11 Bakal Lebih Mudah

Dalam langkah signifikan untuk meningkatkan konektivitas antara komputer Windows 11 dan perangkat mobile, Microsoft telah memperkenalkan dukungan kamera langsung melalui perangkat dengan aplikasi Tautan ke Windows. Mengambil inspirasi dari fitur Continuity Camera Apple, fungsi baru ini memungkinkan pengguna memanfaatkan kamera Smartphone sebagai webcam untuk berbagai aplikasi video dengan lancar.

Baca juga: NVIDIA Rilis Driver Hotfix Atasi Masalah Encoder Di GTX 16-Series

Pengumuman yang dibuat pada hari Kamis ini menyoroti konektivitas nirkabel dari fitur tersebut, memungkinkan pengguna menghindari kerumitan menghubungkan ponsel mereka melalui USB kecuali diperlukan pengisian daya selama konferensi video. Kemampuan nirkabel ini sangat mirip dengan fitur Continuity Camera Apple, yang diperkenalkan dengan macOS Ventura dan iOS/iPadOS 16 pada Oktober 2022.

Meskipun Apple mempelopori fitur Kontinuitas pada tahun 2014, Continuity Camera adalah tambahan yang lebih baru, memberikan pengguna kemampuan untuk menghubungkan perangkat seluler mereka ke Mac dan menggunakannya sebagai webcam. Ini terbukti sangat berguna ketika pengguna tidak memiliki webcam internal atau lebih suka menggunakan MacBook tertutup dengan monitor eksternal.

Konektivitas Windows 11 Bakal Siap Dukung Kamera Smartphone

Perjalanan Microsoft menuju fitur serupa dimulai dengan diperkenalkannya aplikasi Your Phone dan Your Phone Companion pada tahun 2018. Seiring waktu, aplikasi ini berkembang menjadi aplikasi Tautan ke Windows, yang menawarkan pengalaman yang lancar di seluruh perangkat kepada pengguna.

Fitur dukungan kamera perangkat mobile yang baru diperkirakan akan mengungguli banyak pengaturan webcam saat ini, mengingat kualitas kamera luar biasa yang ditemukan di sebagian besar ponsel pintar modern. Pengguna dapat dengan mudah beralih antara kamera depan dan belakang, sehingga tidak perlu mengubah posisi webcam untuk tampilan berbeda selama panggilan video.

Fitur-fitur penting termasuk kemampuan untuk menjeda streaming video selama gangguan dan opsi untuk menggunakan efek video khusus ponsel, yang berpotensi memperluas kompatibilitas dengan platform konferensi video populer seperti Zoom.

Microsoft telah menyatakan bahwa mereka meluncurkan fitur tersebut ke “all Insider Channels”, yang menunjukkan bahwa fitur tersebut sedang dalam tahap pengujian dan mendekati rilis. Pengguna yang ingin mencobanya memerlukan akses Insider dan ponsel dengan Android 9.0 atau lebih baru, bersama dengan setidaknya aplikasi Tautan ke Windows versi 1.24012.

Konektivitas Windows 11 Bakal Siap Dukung Kamera Smartphone

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengguna harus menavigasi ke Pengaturan PC dan memilih Bluetooth & devices > Mobile devices > “Manage mobile devices”. Mengaktifkan sakelar untuk “Android [pengguna]” dan ” Use a connected camera ” akan mengaktifkan fungsionalitas tersebut, dengan Windows secara otomatis mengambil Host Pengalaman Lintas Perangkat dari Microsoft Store jika diperlukan.

Untuk pengalaman optimal, Microsoft merekomendasikan untuk memasang dudukan telepon yang kokoh dan andal untuk tepi layar monitor atau laptop. Tersedia dudukan universal, namun pengguna harus memilih salah satu yang mampu memposisikan ponsel secara efektif agar tidak menghalangi layar.

Perkembangan terbaru ini sejalan dengan tren yang sedang berlangsung dalam mengintegrasikan berbagai perangkat dan platform, sehingga menawarkan pengalaman digital yang lebih terpadu dan efisien kepada pengguna.

Saat Microsoft menyempurnakan dan merilis fitur ini ke khalayak yang lebih luas, masih harus dilihat bagaimana pengguna akan merespons langkah inovatif menuju integrasi tanpa batas antara Windows 11 dan perangkat seluler.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com