Apple Perkenalkan Stolen Device Protection di iOS 17.3 Beta

Apple Perkenalkan Stolen Device Protection di iOS 17.3 Beta

Menanggapi meningkatnya tren pencuri yang mengeksploitasi kode sandi iPhone untuk mengakses informasi sensitif, Apple telah mengambil langkah proaktif dengan memperkenalkan fitur anti-pencurian baru yang disebut Stolen Device Protection di iOS 17.3 beta.

Tindakan penanggulangan ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan iPhone dan mengurangi risiko pencurian identitas setelah pencurian perangkat.

Baca juga : 5 Pilihan Rekomendasi Smartphone Murah Tahun 2023

Stolen Device Protection

Laporan sebelumnya, terutama dari The Wall Street Journal, menyoroti tren yang mengkhawatirkan di mana pencuri menargetkan pemilik iPhone, mengamati atau mencatat kode sandi saat masuk. Setelah memiliki kode sandi, pencuri mendapatkan akses ke berbagai aspek ponsel, yang berpotensi menyebabkan pencurian identitas, transaksi Apple Pay tanpa izin, dan penyalahgunaan aplikasi perbankan.

Apple Perkenalkan Stolen Device Protection di iOS 17.3 Beta

Respons Apple berupa Stolen Device Protection, fitur yang disematkan pada iOS 17.3 beta. Meski tidak diklaim mudah, fitur ini memperkenalkan lapisan keamanan tambahan dengan mengunci fungsi tertentu di belakang Face ID atau Touch ID jika pencuri menemukan kode sandi perangkat.

Aspek Utama Stolen Device Protection ini meliputi :

  • Penguncian Biometrik : Perlindungan Perangkat yang Dicuri mengunci uang dan fitur terkait akun di balik Face ID atau Touch ID, mencegah akses melalui kode sandi.
  • Kondisi Aktivasi : Fitur ini aktif ketika ponsel jauh dari lokasi yang familiar seperti rumah atau kantor, sehingga meningkatkan keamanan di lingkungan yang asing.
  • Lingkup Perlindungan: Stolen Device Protection membatasi akses ke Rantai Kunci iCloud, aplikasi Kartu Apple, penonaktifan Mode Hilang, mengatur perangkat baru dengan ponsel yang dicuri, menggunakan metode pembayaran yang disimpan di Safari, dan penghapusan perangkat.
  • Pemeriksaan Otentikasi Biometrik: Mengubah kredensial atau mematikan Temukan iPhone Saya selama Perlindungan Perangkat yang Dicuri memerlukan dua pemeriksaan biometrik dengan jeda satu jam di antaranya.

Pencegahan Terhadap Pencurian

Meskipun diakui bahwa penjahat yang gigih mungkin berupaya menghindari tindakan ini, penerapan terbaru tersebut bertujuan untuk memberikan efek jera. Dengan menghambat akses langsung ke fungsi-fungsi penting dan menyebabkan penundaan dalam tindakan tertentu, fitur ini berupaya mencegah pelanggaran identitas terkait pencurian.

Fitur Tambahan di iOS 17.3 Beta

Selain Perlindungan Perangkat yang Dicuri, iOS 17.3 beta menghadirkan kembali Apple Music Playlists Kolaboratif. Fitur ini, yang tidak dirilis ke publik pada iOS 17.2, memungkinkan pengguna mengundang teman dan anggota keluarga untuk menyarankan lagu untuk daftar putar, sehingga mendorong pengalaman berbagi musik yang kolaboratif.

iOS 17.3 beta, yang saat ini dalam pratinjau publik, diperkirakan akan dirilis ke khalayak yang lebih luas pada bulan Januari atau Februari. Karena Apple mengklaim terus memprioritaskan keamanan pengguna, dimana fitur terbaru tersebut mewakili langkah proaktif dalam mengatasi ancaman yang muncul terkait dengan pencurian iPhone dan akses tidak sah.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com