HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review : Combo Ampuh Ryzen 9 5900HX + Radeon RX 6600M

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review : Combo Ampuh Ryzen 9 5900HX + Radeon RX 6600M

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition mungkin jadi salah satu laptop gaming unik yang udah ada dipasaran. Ukuran layarnya sedikit lebih besar dibanding standar laptop gaming 15”. Yang lebih menarik lagi, desainnya lebih simpel, tapi elegannya masih tetep kuat.

Dengan bawa kekuatan prosesor terbaru AMD Ryzen 9 5900X plus GPU Radeon RX 6600M, HP OMEN 16 bakal memberikan potensi performa yang lebih powerful tentunya. Tidak hanya buat gamer semata, tapi pembuat konten juga berlaku.

Ok, buat kalian yang penasaran dengan laptop gaming ini, mari kita ungkap lebih detail dibawah ini.

Baca juga : 6 Prosesor Ryzen Terbaik Sejak Diluncurkan AMD Tahun 2017

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Sebenernya seri HP OMEN 16 punya banyak pilihan, cuma edisi AMD Advantage tampaknya bakal memberikan nilai tambahan dari sisi performa dengan bawa fitur lebih istimewa, seperti Smart Access Memory atau AMD Smart Shift.

Cuma kalo harga sih cukup mahal, dimana nilainya bisa mencapai diatas 25 jutaan. Jadi laptop ini pasti agak memilih dan bisa ideal buat mereka yang punya anggaran enggak terbatas. Pertanyaannya, benefit apa sih yang bisa ditawarin HP OMEN 16?

Spesifikasi  HP Omen 16 AMD Advantage Edition
Processor AMD Ryzen™ 9 5900HX processor1
Graphics Radeon™ RX 6600M Graphics (8 GB GDDR6 dedicated) with Smart Access Memory
Memory 16GB DDR4-3200 MHz RAM (2 x 8 GB)
Storage 512 GB PCIe® NVMe™ TLC M.2 SSD
Operating System Windows 10 Home2
Display 16.1″ diagonal, Full HD, 144 Hz, 3 ms response time, IPS, micro-edge, 
anti-glare, Low Blue Light, 300 nits, 100% sRGB3
Wireless Connectivity Intel® Wi-Fi 6E AX210 (2×2) and Bluetooth® 5.2 combo (Supporting Gigabit data rate)4, 5
MU-MIMO supported
Sound Audio by Bang & Olufsen with dual speakers
Integrated Keyboard Full-size, island-style, 4-zone RGB backlit, shadow black keyboard and 26-Key Rollover Anti-Ghosting Key technology
HP Imagepad with multi-touch gesture support
External I/O Ports Rear 1 Thunderbolt™ 4 with USB4™ Type-C® 40Gbps signaling rate (USB Power Delivery, DisplayPort™ 1.4, HP Sleep and Charge)
1 SuperSpeed USB Type-C® 10Gbps signaling rate (USB Power Delivery, DisplayPort™ 1.4, HP Sleep and Charge)
1 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate (HP Sleep and Charge)
2 SuperSpeed USB Type-A 5Gbps signaling rate
1 RJ-45
1 AC Smart pin
1 Headphone/microphone combo (DTS: X® Ultra)8
1 Mini DisplayPort™
1 HDMI 2.1
Harga Rp25.999.000 (Cek harga terbaru disini)

Desain

Desain overall menawan. Rasa premiumnya jelas kelihatan, entah dari bahan materi case maupun finishing yang hadir. Elegannya juga jauh lebih berasa ketika ngeliat dari logo diamond. Kalo saya bilang sih simpel, enggak ribet tapi menawan.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Cuma ukurannya cukup besar dan agak ribet buat mobilitas. Hadirnya layar 16” tentu ngasih banyak perubahan dari sisi dimensi. Meskipun itu bisa diwajarkan sih buat sebuah laptop gaming. Apa yang menarik, laptop ini enggak terlalu tebal, meskipun beratnya bisa nyampe 2.5Kg.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Cooling juga diklaim bakal lebih adem, terlebih didukung teknologi Omen Tempest cooling yang punya ventilasi tiga sisi, dua bagian belakang dan satu bagian sisi kanan. Cuma kadang kalo pake mouse extra, agak kurang nyaman gitu. Soale saat ngeluarin udara panas, itu bakal berasa ke tangan juga.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Keyboard RGB juga hadir, malah bisa diatur juga lewat software khusus bawaan produsen. Banyak pilihan efek menarik tentunya.

Layar & Konektivitas

Layar sekali lagi bawa ukuran 16” dengan dukungan panel IPS dan punya refresh rate tinggi nyampe 165Hz. Cuma sampel yang kami miliki refresh rate-nya nyampe 144 Hz. Masih ok sebenernya, apalagi buat main game yang butuh akselerasi tinggi. Smoothnya pasti bakal berasa.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Hal terbaik dari layar tentunya lebih luas dan kualitas warna juga cukup tajam. Nyaman buat dipake apapun, entah nonton video, editing atau main game. Nah rating brightness layar juga nyampe 300 nits, yang bisa dikatakan solid. Cuma bukan yang terbaik sih.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Kalo port I/O, HP OMEN 16 bawa 4 port USB modern, antara sebuah port thunderbolt 3 Type C, dan 3 port USB 3.1 gen 1. Satu port malah dukung Charging buat perangkat lain. Sisanya itu port LAN, jack audio combo buat mic sama headphone, Mini Displayport dan HDMI 2.0.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Networking nirkabel juga ada, malah udah pake opsi modern dengan pilihan Intel WiFi 6 dan Bluetooth 5.2.

Audio

Dukungan audio di laptop ini pake Bang & Olufsen lewat dual speaker. Bukan yang terbaik kalo dilihat dari intensitas ketinggian volume, tapi renyahnya berasa. Artinya suara yang dihasilkan laptop ini ada dirasa nyaman juga, entah saat dengerin musik, nonton video atau main game.

Spesifikasi Inti

Buat spek, magnet utama laptop ini adalah prosesor yang membawa kekuatan Ryzen 9 5900HX dan GPU Radeon RX 6600M. Dua pilihan ini dikatakan bakal jadi combo ampuh buat nantang banyak aplikasi modern yang menuntut, apapun yang kalian lemparkan.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Ryzen 9 5900HX itu sendiri bawa kekuatan 8 Core 16 threads, clockspeed up to 4.6 Ghz, L3 cache 16MB dan default TDP 45W. CPU ini jadi salah satu opsi prosesor laptop terbaik hari ini, malah masih bisa bersaing ketat dengan Core i9 generasi ke-11 H series. Btw, kalian juga bisa atur nilai TDP nya dari opsi paling kecil 35W sd diatas 45W. Semakin besar kinerja tentu bisa lebih baik, cuma konsumsi daya pasti lebih boros.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Kalo GPU, Radeon RX 6600M boleh dibilang jadi pilihan ideal VGA mid-range untuk laptop modern. GPU ini masih bisa bersaing dengan RTX 3060 di gaming 1080p, terlebih lagi bawa kekuatan besar seperti VRAM 8GB GDDR6, lebar bus memori 128-bit, stream processor 1792 sama clockspeed bisa nyampe 2177 Mhz.

Ada juga fitur istimewa seperti Infinity cache sebesar 32 MB yang memungkinkan kinerja bandwith tinggi di daya maupun latensi yang lebih rendah. Jadi efisiensinya juga bakal lebih berasa.

Kalo RAM default laptop ini 32GB DDR4 3200Mhz, ada dua slot memori yang tersedia. Jika pengen upgrade, ram bawaan tentu perlu diganti.

Storage juga ok, meskipun pilihan default mungkin terbatas dengan opsi 512GB. Tapi ini udah dukung NVMe SSD dengan speed transfer data diatas 1GB/s.

Ruang Upgrade

Btw, kalian juga bisa upgrade komponen inti laptop ini, khususnya untuk RAM sama SSD. Dua slot RAM sekali lagi tersedia. Meskipun slotnya udah penuh dengan pilihan default. Kalo SSD, ada dua slot M.2 yang ngedukung Gen3 SSD. Satu slot udah di isi dengan SSD bawaan, sisa slotnya masih kosong.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Nah, ngebongkar case laptop ini juga mudah. Cuma perlu sabar aja sih, karena baut-bautnya cukup kecil.

Performa

Gimana dengan performa? Kinerja prosesor sekali lagi sangat baik untuk menampar aplikasi yang menuntut sekalipun, apalagi jika berkaitan dengan multi-tasking.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Di cinebench R23 skor single-thread mungkin bukan yang terbaik. Tapi hasil multi-thread jauh lebih baik dibanding Intel Core i9 generasi ke-11. Cuma skornya masih rendah dibanding laptop ASUS  ROG yang bawa prosesor serupa.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Hasil rendering image pake software Blender juga cukup cepat nyampe 3 menit lebih sedikit. Skornya sedikit lebih cepat dibanding CPU Intel, tapi seri ROG lebih baik ketika memakai prosesor yang serupa.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Buat gaming, Radeon RX 6600M superior buat game di resolusi 1080p ultimate setting, di resolusi 1440p juga memungkinkan. FPS buat judul triple A masih bisa diatas 60, apalagi buat game eSport. Jadi VGA ini masih bisa bersaing ketat dengan RTX 3060 laptop.

Suhu & Performa Baterai

Nah, suhu sebenernya bisa jadi kendala saat laptop sedang kerja penuh, khususnya ketika laptop dipake sambil di charging. Suhu idle aja bisa di atas 50°, main game bisa diatas 80° Celsius, malah saat tes Cinebench R23 ketika semua core bekerja bisa diatas 90° Celsius. Jadi, klaim produsen suhu bakal lebih adem kayaknya enggak terbukti.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Bukan karena coolingnya enggak bagus, cuma buat nahan CPU yang bisa ngasilin watt besar tentu perlu cooling extra. Jadi saran kami sih kalo tertarik dengan HP Omen ini, mending beli cooling tambahan.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Kalo baterai, performanya menurut saya pribadi sih kurang, bahkan untuk sekelas laptop gaming sekalipun. Charging baterai sih ok, cuma butuh waktu 1 jam lebih sedikit. Cuma kalo saat dipake, apalagi pake power plan terbesar, pake kegiatan ringan aja enggak nyampe 2 jam. Main game malah enggak nyampe dibawah 2 jam.

HP OMEN 16 AMD Advantage Edition Review

Jadi, kalo bawa laptop ini keluar, maka wajib bawa charging.

Kesimpulan

Jadi, gimana menurut kalian sejauh ini? Laptop gaming HP OMEN 16 AMD Advantage Edition ini pasti nyaman buat gaming ultimate di resolusi 1080p atau 1440p juga mungkin. FPS yang dihasilin tinggi, buat editing juga ok.

Hadirnya prosesor powerful sekelas Ryzen 9 5900HX plus Radeon RX 6600M bakalan jadi combo ampuh buat nantang apapun yang dilemparkan user di laptop ini. Malah masih bisa bersaing juga dengan laptop yang bawa GPU RTX 3060.

Desain juga elegan, rasa premiumnya juga jelas kelihatan. Ruang upgrade juga mudah untuk dilakukan secara DIY. Ada slot tambahan SSD M.2 juga. Hal terbaik lainnya tentu aja layar yang lebih luas sama tajam juga. Jadi nyaman pastinya berlama-lama depan laptop.

Cuma harga sih pasti mahal. Nilai 25 jutaan pasti enggak bisa dianggap remeh buat kebanyakan orang. Ideal buat mereka yang enggak terbatas dengan anggaran. Kalo budget user mungkin mikir dulu.

Minus terbesar menurut kami ada di suhu prosesor sama performa baterai. Suhu saat sedang kerja penuh cukup tinggi, malah bisa nyampe diatas 90° Celsius ketika semua core prosesor bekerja. Jadi buat mereka yang tertarik, wajib beli cooling extra.

Kalo baterai performanya agak sedikit so-so. Performanya lebih rendah dibanding beberapa laptop gaming yang pernah kami coba.

Nah, itu dia ulasan singkat tentang Laptop gaming HP OMEN 16. Meskipun enggak semua diungkap, cuma yang pasti semoga bermanfaat ya!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com