Istilah & Fungsi Konektor Daya Di Motherboard : Hal Yang Perlu Kalian Ketahui

Istilah & Fungsi Konektor Daya Di Motherboard : Hal Yang Perlu Kalian Ketahui

Buat apa sih konektor daya yang suka ada di bagian atas motherboard itu? Ini merupakan sumber kelistrikan bagi CPU. Jumlah konektornya bisa bervariasi, bisa 8-pin atau kurang, malah ada pilihan dengan jumlah pin yang lebih banyak juga.

Biasanya konektor ini terhubung langsung dengan power supply sebagai sumber daya utama bagi prosesor. Semakin banyak konektor CPU pin dibagian atas, maka itu bisa memberikan daya lebih besar bagi prosesor. Biasanya hal tersebut dibutuhkan bagi prosesor yang butuh tenaga extra untuk bisa memberikan kinerja lebih baik.

Baca juga : Panduan Singkat Hadapi Ransomware

Makanya, motherboard kelas atas biasanya memiliki jumlah konektor daya yang lebih besar dibanding standar motherboard kelas menengah atau dibawahnya. Beda halnya untuk segmen low-end, biasanya hanya memiliki jumlah pin 4 atau 8.

Itu karena arus daya yang terpasang pada motherboard lebih ideal untuk prosesor yang enggak butuh daya besar atau lebih kecil. Jadi, jika kalian lupa memasang konektor 8-pin atau yang lebih besar, maka prosesor pasti enggak akan berfungsi atau bekerja sama sekali.

Tapi bagaimana jika PSU yang dimiliki hanya terbatas untuk daya max 8-pin aja? Sedangkan misalnya kalian punya motherboatd yang memiliki jumlah konektor lebih dari 8-pin. CPU masih bisa bekerja, tapi kebutuhan daya bakal terbatas. Jadi kinerja prosesor pasti enggak akan maksimal.

Lalu buat apa konektor 24 pin?

Nah, konektor yang lebih besar dan suka kita temukan dibagian motherboard paling kanan itu biasanya digunakan untuk memberikan arus daya ke beberapa perangkat peripheral yang terpasang di motherboard, selain mobo itu sendiri tentunya.

Konektor Daya motherboard

Intinya, konektor daya 24-pin menambahkan saluran ekstra masing-masing 3,3 volt, 5 volt, dan 12 volt, serta ground tambahan. Saluran ekstra ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan teknologi yang lebih baru dan periferal yang lebih haus daya. Mereka juga mengganti konektor tambahan 12 volt yang lebih tua yang ditemukan pada beberapa motherboard 20-pin.

Jadi, jika kalian lupa memasang konektor daya 24-pin, maka komponen utama antara motherboard dan peripheral lain yang terpasang di perangkat tersebut tentu tidak akan berfungsi (terkecuali VGA external yang punya daya terpisah), entah motherboard itu sendiri, storage dan sebagainya.

Simpulan Awal

Sudah bisa dimengerti sejauh ini? jadi kebutuhan daya untuk perangkat yang terpasang di motherboard itu penting sekali. Dan itu terhubung pada konektor utama 24-pin yang akan memenuhi daya ke perangkat utama motherboard itu sendiri dan peripheral yang terpasang.

Sedangkan konektor dibagian atas antara 4-pin, 8-pin atau lebih besar dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan daya buat CPU yang terpasang di motherboard. Semakin besar jumlahnya, maka semakin besar pula kebutuhan daya yang bisa diberikan untuk CPU. Biasanya ideal bagi mereka yang ingin memaksimalkan kinerja prosesor, seperti overclocking misalnya.

Jadi itu dia sekilas tutorial kami mengenai konektor daya yang seringkali kita jumpai di motherboard. Mungkin enggak semua sih diungkap, tapi semoga bermanfaat ya!

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com