Perlukah Upgrade RAM Ke DDR5? Jawaban Pastinya Sih Begini

Perlukah Upgrade RAM Ke DDR5? Jawaban Pastinya Sih Begini

Perlukah upgrade RAM ke DDR5? Pertanyaan ini seringkali muncul, apalagi platform yang mendukung udah tersedia. Jawabannya relatif, bisa iya bisa enggak. Tapi kemungkinan terbesar sih mending jangan dulu.

Baca juga : NVIDIA Umumkan GPU Terbaru Untuk Laptop, Termasuk GeForce RTX 2050, MX570 & MX550

Mengapa begitu? Satu hal yang pasti, ketersediaan masih sangat terbatas. Kalaupun ada, harganya bener-bener enggak masuk akal, bahkan bisa lebih mahal dibanding satu set PC 10 jutaan. Disisi lain, varian kapasitas juga terbatas, dimana rata-rata memori kit DDR5 masih berada di varian 32GB. Pilihan dibawahnya masih belum tersedia (sejauh apa yang kami lihat dipasaran).

Nah, selain harga yang mahal, komponen pendukung juga sebenarnya punya harga yang juga sama mahalnya. Meskipun ini relatif, motherboard Z690 bisa punya nilai diatas 5 jutaan. Dan itu juga berkaitan dengan pilihan prosesor.

Perlukah upgrade RAM ke DDR5

Tapi jangan khawatir sih buat urusan ini, karena Intel berencana akan merilis chipset maupun prosesor yang lebih murah bulan Januari mendatang. Kita semua pastinya berharap akan lebih banyak pilihan yang pas dengan budget untuk PC Intel.

Cuma, pilihan untuk memori DDR5 masih tetap terbatas hanya untuk platform Intel saja. AMD masih belum mendukung, rencananya tahun 2022. Meskipun kepastian tanggal belum ada, antara pertengahan tahun hingga akhir 2022 bakal ada realisasinya.

Kalo performa DDR5, apa lebih baik dibanding DDR4? Tom’shardware menyebut kalo kinerja DDR5 sejauh ini masih sangat segmentatif, malah DDR4 masih lebih diuntungkan. Pertama harga masuk akal, kemudian varian kapasitas, speed maupun stok juga lebih banyak. Dan kinerja, situs ini menyebut kalo DDR5 bisa efektif dibeberapa skenario, dan kami juga pernah mencoba kalau belum semua software (misal software benchmarking tertentu) mendukung DDR5.

Tapi, pertimbangan untuk memori terbaru ini tentu masih ada, bahkan kedepannya akan menjadi pilihan utama dengan fitur yang future proof banget. Cuma sejauh ini, menurut kami sih mending tunggu dulu. Setidaknya sampai stok dan varian tersedia banyak. Harga juga bisa mengikuti ke opsi terendah.

Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com