- Berita Terbaru, Gaming Gear, Kartu Grafis

Nvidia Dikabarkan Bakal Rilis GTX 1660 SUPER, GDDR6 Sajian Utama

Nvidia RTX Super sudah mengudara, namun produsen tampaknya ingin juga memberikan pilihan “segar” untuk segmen midrange kebawah. Untuk itulah, GTX 1660 Super bakal hadir tidak lama lagi, meskipun belum ada kepastian tanggal rilis.

Ini bisa membuat pasar semakin ramai dengan banyaknya varian baru dari tim hijau, apalagi AMD juga bakal memberikan perlawanan dengan hadirnya seri Navi 14 untuk gantikan seri midrange lama kebawah dengan pilihan yang jauh lebih jitu. Kehadiran GTX 1660 Super tentu akan menjaga asa Nvidia masih tetap terasa taringnya, meskipun harga dan kinerja bakal menjadi keputusan akhir konsumen.

Baca juga : Nvidia GeForce GTX 1650 Ti Dikabarkan Bakal Dirilis Bulan Oktober Mendatang

Rumor tersebut semakin mencuat, terlebih lagi ketika MyDrivers melalui Fast Technology menunjukkan secercah bukti bahwa Nvidia sedang mempersiapkan GTX 1660 Super untuk menyempurnakan seri Turing pada segmen midrange kebawah.

Kartu itu sendiri akan mendaur ulang chip TU116-300, dengan jumlah inti CUDA 1.408 yang sama namun bakal hadir dengan tipe memori GDDR6 14Gbps, meskipun VRAM masih tetap sama, yakni 6GB 192-bit.

Kehadiran tipe memori yang jauh lebih cepat (dibanding versi standar GDDR5) pastinya akan dongkrak kinerja jauh lebih tinggi, apalagi jika kemungkinan lainnya adalah nilai harga yang terhitung masih sama.

Contohnya, ketika GTX 1660 standar memiliki harga antara 3.5 juta sd 4 jutaan, maka jika versi SUPER masih memiliki nilai harga sama, maka konsumen akan jauh lebih bergembira, apalagi kinerja yang hadir bisa jauh lebih menyenangkan.

Namun, AMD disisi lain siap memberikan perlawanan besar, apalagi ketika segmen entry level terbaru mereka melalui NAVI siap disajikan. Radeon RX 5700 series itu sendiri mampu dobrak kinerja tinggi pada nilai harga yang lebih murah. Dan jika semua rumor tersebut benar adanya, maka sebaiknya simpan semua anggaran kalian beberapa bulan kedepan untuk dapatkan nilai terbaik antara kinerja maupun harga pada kedua GPU tersebut, baik antar Nvidia maupun AMD.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat