Home » Sebelum Membeli Laptop, Pahami Dulu beberapa Hal Penting ini

Sebelum Membeli Laptop, Pahami Dulu beberapa Hal Penting ini

Selalu ada pengguna baru diantara pengguna laptop, dan ketika mereka berencana untuk membeli sebuah laptop hebat dengan anggaran yang sangat terbatas, terkadang mimpi buruk justru yang menyapa duluan.

Untuk itulah, sebelum kamu membeli sebuah perangkat portable yang ideal, ada baiknya untuk memahami beberapa hal penting yang akan kami jelaskan dibawah ini, khususnya pandangan kami dari segi harga, dimana ini bisa membawa esensi paling utama saat berencana untuk membeli laptop.

Baca juga : 5 Pilihan Hebat Laptop 6 Jutaan, eSport Gaming Ready

Sebelum Membeli Laptop, Pahami Dulu beberapa Hal Penting ini

Sebagaimana kita tahu, produsen laptop biasanya memberikan banyak pilihan produk, mulai dari segmen entry level hingga pilihan high-end yang terkenal memiliki nilai harga yang sangat fantastis. Dan, mereka juga biasanya memberikan banyak variasi harga, baik dari seri 3 jutaan hingga pada pilihan termahal yang bisa mencapai puluhan juta.

Nah, dari sinilah kita setidaknya bisa mengetahui tujuan umum sebuah laptop bagi pengguna, yang bisa menjadi panduan ideal untuk mencari pilihan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Karena dengan nilai harga, biasanya kita bisa mengetahui secara pasti bagaimana semua hal tersebut akan berakhir, khususnya kelas yang disajikan.

Namun, terkadang pengguna awam sering menyalah-artikan bahwa semua pilihan laptop biasanya sama, bahkan beberapa dari kita mungkin berpikir bahwa mereka semua memiliki potensi kinerja yang sesuai dengan harapan. Pengertian inilah yang bisa membawa mimpi buruk bagi kamu, sehingga tujuan utama saat kamu membeli laptop ternyata sepenuhnya jauh dari harapan.

Untuk itulah, beberapa hal yang perlu kamu pahami kembali sebelum membeli laptop akan kami jelaskan detailnya dibawah ini.

1. Laptop Kasual Office Dibawah 5 jutaan

Biasanya, laptop dengan harga dibawah 5 jutaan ditujukan untuk pengguna kasual yang membutuhkan kinerja Office standar, entah itu untuk kegiatan pengetikan, browsing, atau hanya untuk sekedar menonton film. Hampir semua pilihan laptop dibawah harga tersebut biasanya disajikan dengan spesifikasi low budget, baik itu dari pilihan prosesor, grafis, hingga pada pilihan kualitas materi.

Sebelum Membeli Laptop, Pahami Dulu beberapa Hal Penting ini

Dan jangan berharap untuk kegiatan lebih dari hal tersebut, seperti kegiatan gaming atau kinerja yang lebih berat jika dibandingkan dengan kasual office, karena itu tidak akan menjadi sesuatu yang layak untuk dilakukan. Beberapa merk laptop mungkin bisa memungkinkan untuk memberikan kinerja gaming kasual, hanya saja masih terbatas dalam resolusi dan nilai FPS yang dihadirkan (termasuk pilihan game yang terbatas).

Baca juga : Laptop Gaming ASUS ROG Line-Up 2018 : Intel 8th Gen CPU Inside

2. Laptop Kasual Office Antara 5 sd 7 jutaan

Jika kamu menginginkan pilihan yang jauh lebih baik dari “sekedar” pengetikan, dan ingin menghadirkan sesuatu yang jauh lebih kuat untuk kegiatan gaming ringan atau eSport, maka pilihan laptop diatas 5 jutaan hingga 7 jutaan mungkin bisa menjadi solusi yang lebih ideal. Apa yang terbaik pada laptop pada kisaran harga tersebut adalah pilihan spesifikasi yang jauh lebih tangguh, termasuk juga kehadiran dedicated grafis (entry level) yang sangat baik untuk kasual gaming, meski masih juga terbatas pada nilai FPS dan resolusi.

Hanya saja, pilihan laptop dengan kisaran harga tersebut masih juga dikatakan sebagai kategori entry level notebook atau seri mainstream yang memiliki keterbatasan dalam hal materi casing, display maupun pilihan spesifikasi internal. Namun begitu, ini bisa menjadi pilihan yang jauh lebih baik bagi mereka yang menginginkan sebuah laptop handal dengan harga cukup terjangkau untuk mendukung segala kegiatan yang lebih dari kata “sekedar” pengetikan atau browsing saja.

3. Laptop Kasual Office Antara 7 sd 10 jutaan

Jika kamu memiliki anggaran antara 7 sd 10 jutaan, pilihan laptop pada kisaran harga tersebut bisa memberikan nilai yang jauh lebih baik, khususnya dari segi performa. Bahkan, beberapa merk laptop sudah memberikan pilihan tenaga komputasi yang lebih kuat dan pilihan grafis yang lebih hebat. Sehingga, kamu juga bisa menghadirkan banyak hal pada kategori laptop pada kisaran harga tersebut, termasuk kegiatan yang cukup menuntut (meski masih terbatas pada beberapa hal).

Selain itu, kehadiran SSD juga sudah mulai disajikan, termasuk juga materi casing maupun display yang lebih besar dalam hal resolusi. Disisi lain, banyak produsen juga menghadirkan pilihan laptop seri premium dengan sajian yang superior dan bentuk desain desain yang penuh estetika (meski masih terhitung seri entry level).

4. Pilihan Laptop Antara 10 Sd 20 Jutaan

Jika kamu memiliki anggaran diatas 10 jutaan, maka ada banyak hal yang menyenangkan yang bisa kamu peroleh pada laptop dengan kisaran harga tersebut. Tentu, ada dua hal yang menjadi kepastian utama yang bisa dihadirkan pada laptop dengan harga diatas 10 jutaan, yakni Laptop Gaming entry level yang bisa memberikan kinerja hebat pada level 1080p dan premium laptop dengan nilai portabilitas tangguh dan tipis.

Pastikan kamu mengetahui pilihan mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu, baik dari sisi harga, fitur maupun performa yang ditawarkan. Biasanya, semakin hebat sebuah laptop, maka semakin mahal ia dihadirkan. Hanya saja, semua pilihan mahal tidak selalu sesuai dengan harapan pas kamu, karena selalu ada opsi yang jauh lebih baik untuk memulai.

5. Pilihan Laptop 20 jutaan Lebih

Pilihan laptop diatas 20 jutaan mungkin bisa menjadi solusi paling ampuh bagi kalangan profesional ataupun gamer serius yang benar-benar menginginkan harapan besar pada perangkat portable ini. Dan ketika kamu memiliki anggaran yang besar, pilihan laptop dengan kisaran harga tersebut akan membawa solusi paling ampuh, baik untuk seri laptop gaming maupun premium laptop yang sempurna, tidak hanya dari sisi portabilitas saja.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu pahami sebelum membeli laptop yang pas dan sesuai dengan kebutuhan kamu, terutama jika dilihat dari harga yang ditawarkan. Sehingga, apa yang kamu inginkan benar-benar tercapai dan tidak ada lagi ada kata kecewa sesudah membelinya. Setelah kamu benar-benar memahami, langkah selanjutnya adalah mencari tahu pilihan merk mana yang pas pada beberapa review dari situs yang sangat terpercaya, atau juga bertanya langsung kepada mereka yang sudah pernah merasakan asam-garam dari sebuah laptop. Semoga bermanfaat.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Artikel Terkait

2 thoughts on “Sebelum Membeli Laptop, Pahami Dulu beberapa Hal Penting ini

Comments are closed.