HP 14-cm0006AU Review : Spesifikasi Internal

HP 14-cm0006AU Review : Spesifikasi Internal

Jauh lebih dalam, kini kita beralih pada spesifikasi Internal yang bisa membuka bagaimana hebatnya kinerja komputasi pada notebook HP 14-cm0006AU ini. Ada banyak hal yang bisa menjadi sisi keunggulan, namun apa yang terbaik dari seri tersebut adalaah kehadiran prosesor AMD Ryzen yang fenomenal plus nilai grafis integrated yang jauh lebih tangguh, Radeon RX Vega.

Seri Ryzen pada dasarnya sudah terkenal hebat untuk urusan desktop, dan kali ini AMD membawanya pada seri notebook, dimana mereka mengklaim bahwa pilihan tersebut akan jauh lebih hebat sebagai tenaga utama komputasi notebook tipis dengan nilai konsumsi daya jauh lebih rendah.

 Indeks :

HP 14-cm0006AU Review : Prosesor

Spesifikasi AMD Ryzen 3 2200U
Cores / Thread 2C/4T
Base Clock / Boost Clock 2.5Ghz / 3.4Ghz 
Total L1 Cache 384KB
Total L2 Cache 1024KB
Total L3 Cache 4MB
Unlocked No
CMOS 14nm
Default TDP / TDP 15W
Max System Memory Speed DDR4 2400MHz
Memory Channels 2
Graphics Model Radeon™ Vega 3 Graphics

AMD Ryzen 3 2200U menjadi sajian utama pada notebook ini, dimana prosesor tersebut bisa jauh lebih baik dari generasi sebelumnya, termasuk dengan pesaing utama tim biru, Intel Core i3 series. AMD Ryzen 3 2200U merupakan prosesor APU mobile yang dihadirkan untuk laptop tipis maupun seri mainstream, dimana CPU tersebut diumumkan pada bulan Oktober 2017 silam. Prosesor ini memiliki kekuatan dual core dengan base clockspeed 2,5 Ghz dan memiliki maksimum boost clock hingga 3,4 GHz. Seri ini juga menawarkan SMT (empat thread sekaligus) dan 4 MB L3-Cache.

HP 14-cm0006AU Review

Arsitektur prosesor ini didasarkan pada Zen, dimana AMD menyebutnya sebagai pilihan yang paling efektif antara Kinerja maupun nilai Efisiensi. Mereka mengklaim bahwa seri CPU yang membawa arsitektur Zen ini akan memberikan peningkatan performa hingga 52% dalam siklus instruksi per-jam jika dibandingkan dengan seri prosesor AMD generasi sebelumnya.

Inti “Zen” itu sendiri merupakan desain prosesor x86 “clean sheet” yang benar-benar fresh dan  menginspirasi generasi produk terbaru komputasi AMD yang menawarkan kinerja tinggi, termasuk untuk seri Ryzen 3 2200U. Seri ini juga membawa grafis terintegrasi yang disebut Radeon RX Vega 3 dan menawarkan 3 CU (192 Shaders) dengan maksimum clock hingga 1000 MHz. TDP dapat dikonfigurasi antara 12 dan 25 Watt (15 Watt nominal).

Jika kamu melihat bagaimana performa Cinebench Diatas, seri ini sebenarnya masih belum memberikan potensi terbaik. Padahal, kami sebelumnya pernah mencoba uji coba dengan CPU yang sama pada merk lain, yang bisa membukukan skor lebih dari 300 poin. Beberapa percobaan sudah kami lakukan, namun pilihan skor terbaik hadir pada 285 poin. Meskipun begitu, ia masih bisa dianggap lebih baik dalam hal kinerja multi-thread jika dibandingkan dengan seri Intel Core 7th gen.

Grafis

Radeon RX Vega 3 yang melekat pada prosesor Ryzen 3 2200U menjadi sajian utama dan satu-satunya pilihan grafis pada notebook ini. Namun, kamu tidak usah khawatir mengenai performanya, karena ia bisa menjadi mesin grafis yang handal dan bisa memberikan kinerja gaming yang ideal untuk kasual game maupun eSport.

Spesifikasi  Radeon RX Vega 3
Codename Vega Raven Ridge
Architecture Vega
Pipelines 192 – unified
Core Speed 1100 (Boost) MHz
Shared Memory no
DirectX DirectX 12_1
Transistor Count 4500 Million
technology 14 nm
Features Tiled Rasterization, Shared Memory 

Radeon RX Vega 3 ini diluncurkan pada awal 2018, dimana sebenarnya GPU tersebut masih didasarkan pada arsitektur Vega (generasi ke-5 GCN) dan memiliki 3 CU (= 192 dari 704 shader) dengan maksimum clock hingga 1100 MHz. Kinerja tergantung pada TDP yang dikonfigurasi, clock, pendinginan, dan konfigurasi memori). Dan jika notebook ini memiliki pilihan RAM dual channel, maka seri iGPU tersebut akan jauh lebih handal untuk urusan kinerja, termasuk gaming.

[Best_Wordpress_Gallery id=”29″ gal_title=”Ryzen 3 2200U 3DMark”]

Hasil yang diperlihatkan pada beberapa skenario uji 3DMark diatas, Radeon RX Vega 3 pada notebook ini bisa menunjukan kekuatan yang sangat baik, bahkan hampir setara dengan seri Geforce 920MX, meskipun ini masih belum menunjukan seberapa hebat GPU tersebut untuk performa gaming. Namun begitu, seri ini jauh lebih baik dari apa yang ditawarkan Intel HD Graphic, apalagi jika ia memiliki dual channel memori yang akan mendongkrak kinerja jauh lebih gahar.

RAM & Storage

Notebook HP 14-cm0006AU memiliki pilihan standar memori sebesar 4GB DDR4, namun pengguna bisa mengupgradenya dengan ketersediaan slot extra. Dan saran kami, mengupgrade seri ini dengan memori hingga 8GB (dual channel) akan memberikan performa yang jauh lebih hebat, khususnya untuk kinerja grafis internal radeon RX Vega. Namun, perlu dicatat bahwa jika kamu melakukan proses upgrade sendiri, garansi yang hadir mungkin saja akan hilang, sehingga kamu perlu melakukan proses upgrade di tempat resmi HP.

Sedangkan untuk pilihan storage, HDD standar dengan kapasitas 1TB masih menjadi pilihan utama dengan pilihan merk Seagate. Seri ini bekerja pada kecepatan 5400rpm dengan pilihan interface SATA 6Gb/s. Sajian ini bisa memberikan kinerja transfer data hingga 100Mb/s, meskipun hal tersebut bisa saja berbeda dengan apa yang bisa menjadi potensi utamanya.

Dan jika kamu berencana untuk menghadirkan kinerja sistem yang cepat, notebook ini juga tersedia slot M.2 sebagai bahan upgrade SSD dengan bentuk faktor kecil. Ada banyak hal yang bisa ditawarkan SSD, namun kami masih belum meyakini apakah SSD dengan tipe NVMe bisa compatible pada notebook tersebut.

Kinerja Sistem & gaming

Rasanya sangat hambar jika kami tidak menghadirkan bagaimana performa sesungguhnya pada laptop ini, sehingga ada beberapa scenario sebagai bagian dari uji-coba kami dalam menentukan bagaimana hebatnya HP 14-cm0006AU ini.

Pertama, kehadiran PCMark 8 bisa memberikan pandangan yang ideal untuk melihat seberapa jauh performa sistem dalam kegiatan kasual sehari-hari. Semakin besar skor yang dihasilkan, maka semakin hebat ia akan dirasakan oleh pengguna. Ada 3 skenario benchmark yang dihadirkan, yakni Home Accelerated 3.0, Creative Accelerated 3.0 dan Work Accelerated 2.0. Semua pilihan ini bisa mewakili bagaimana idealnya tenaga komputasi plus dukungan hardware lain untuk menyajikan kinerja hebat. Untuk lebih lengkapnya, kamu bisa melihat hasil skor semuanya dibawah ini.

Dari semua hasil 3 skenario ini, Notebook HP 14-cm0006AU memiliki rata-rata lebih dari skor office laptop, sehingga ini bisa menjadi salah satu patokan kamu dalam hal keunggulan kinerja sistem saat akan berencana untuk membelinya.  

Sedangkan untuk performa gaming, ada 6 game yang kami siapkan untuk mengetahui bagaimana idealnya notebook ini untuk kinerja tersebut. Beberapadiantaranya mungkin sudah dirilis cukup lama , namun ini bisa menentukan seberapa hebat kinerja Radeon RX Vega 3 dalam game.

Radeon RX Vega mungkin tidak bisa memberikan performa hebat ketika pengaturan game diatur pada setting medium-high dengan resolusi 720p, namun ia masih bisa menyajikan tingkat Fps yang cukup baik pada beberapa game kasual atau eSPort (seperti DOTA 2) diatas 30 Fps.

 Indeks :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com