HP Notebook 15 BW064AXO : Laptop Gaming Handal & Terjangkau

Sebuah laptop gaming hari ini tidak selalu pergi pada pilihan yang mahal, karena selalu ada pilihan yang sangat baik untuk anggaran keuangan anda. Salah satunya adalah kehadiran dari HP Notebook 15 BW064AXO. Dengan kisaran sekitar 6.7 jutaan, anda akan mendapatkan sebuah laptop quad core yang benar-benar bisa diandalkan untuk performa gaming kasual tanpa harus repot-repot mencari pilihan yang jauh lebih mahal.

Ya, pilihan notebook ini sangat ideal bagi mereka yang sedang mencari notebook terbaik dalam hal segala performa, khususnya untk performa gaming. Dengan kehadiran pilihan prosesor AMD 7th Gen Bristol Ridge series A10 9620p, anda akan memiliki sebuah prosesor quad core yang layak dan benar-benar ideal untuk memberikan performa terbaiknya. Dan untuk menyempurnakan performa gaming,  pilihan laptop ini juga sudah memiliki GPU diskrit AMD Radeon 530 dengan maksimum jumlah memori hingga 2GB DDR3. Ini bisa menjadi kabar terbaik bagi pengguna yang memiliki anggaran terbatas. Jadi, mari kita ungkap sekilas mengenai HP Notebook 15 BW064AXO dibawah ini.

Baca juga : 5 Pilihan Notebook Quad core Terbaik dibawah 7 jutaan

HP Notebook 15 BW064AXO : Desain

HP Notebook 15 pada dasarnya hadir untuk pengguna anggaran entry level, namun ia sudah memiliki bentuk desain yang cukup elegan dengan gaya khas pilihan warna natural silver yang cukup menawan.  Namun, anda tidak akan menemukan pilihan desain dengan bahan material logam pada laptop ini, karena ia sepenuhnya memiliki casing yang terbuat dari plastik. meskipun terlihat kokoh, namun notebook ini cukup rentan terhadap segala benturan keras. Namun begitu, ia masih terlihat solid, apalagi jika kita melihat harga yang ditawarkan pada notebook ini.

         

Laptop ini memiliki ukuran sekitar 38 x 25.38 x 2.38 cm dan memilik berat sekitar 2.1 Kg, sehingga pilihan ini cukup ideal dalam hal sisi mobilitas, apalagi jika anda sering atau berencana memakai laptop ini diluar. Pilihan laptop ini bahkan sedikit ringan jika dibandingkan dengan laptop saingannya, dan itu bisa menjadi salah satu keunggulan HP Notebook 15 dalam hal desain.

Mengenai kualitas, HP 15 tidak memiliki kekurangan yang cukup besar. Di bagian tepi kiri tutup notebook,  anda bisa merasakan beberapa overhang material bezel display. Ini menempatkan tekanan pada titik-titik umum (pada kedua sisi keyboard, di bawah touchpad) yang membuat sasis sedikit melengkung. Unit dasar juga bahkan bisa berputar terlalu banyak, meskipun itu tergantung selera kita. Bahkan tutupnya bisa dipelintir tanpa banyak usaha, yang menghasilkan distorsi gambar.

Konektivitas

Ada 3 pilihan port USB yang dihadirkan pada notebook ini, dan 2 buah pilihan USB 3.1 yang hadir pada bagian sisi kanan laptop sudah menjadi pilihan konektivitas yang sangat baik untuk transfer data yang cukup cepat. Sedangkan sisa pilihan USB hadir dengan port USB 2.0 untuk pilihan input lainnya sebagai kebutuhan dasar. Sayangnya, kebutuhan fitur multi display mungkin cukup terbatas karena laptop ini hadir hanya dengan sebuah pilihan port HDMI.

Untuk melengkapi sisia konektivitas lainnya, laptop ini hadir dengan pilihan standar seperti sebuah port headphone/microphone yang mendukung fitur combo, Port Lan RJ-45, dan tentu saja sebuah multi-format SD media card reader pada bagian samping. Selain itu, HP Notebook 15 BW064AXO juga hadir dengan pilihan Notebook review kami dilengkapi dengan Intel Dual Band Wireless-AC 7265 (a / b / g / h / n / ac) dengan Bluetooth 4.2 tapi bukan standar AC yang cepat namun cukup ideal untuk kebutuhan sehari-hari anda.




Spesifikasi Internal

Spesifikasi HP Notebook 15 bw064ax
HargaRp 6,799,000 (Beli)
Operating systemFreeDOS 2.0
MicroprocessorAMD Quad-Core A10-9620P APU (2.5 GHz base frequency, up to 3.4 GHz burst frequency, 2 MB cache)
Product ColorNatural silver
Memory Ram8 GB DDR4-1866 SDRAM (1 x 8 GB)
Expansion slots1 multi-format SD media card reader
Graphics DeviceAMD Radeon 530 Graphics (2 GB DDR3 dedicated)
Display15.6" diagonal HD SVA BrightView WLED-backlit (1366 x 768)
Hard drive1 TB 5400 rpm SATA
AudioDual speakers
KeyboardFull-size island-style keyboard with integrated numeric keypad
CameraHP TrueVision HD Camera with integrated digital microphone
Ports1 USB 2.0; 1 HDMI; 1 RJ-45; 1 headphone/microphone combo; 2 USB 3.1 Gen 1 (Data transfer only)
Battery4-cell, 41 Wh Li-ion
Dimensions38 x 25.38 x 2.38 cm
Package weight2.1 kg

Apa yang terbaik pada laptop ini adalah pilihan spesifikasi internal yang benar-benar bisa diandalkan untuk segala kebutuhan anda. Salah satunya adalah kehadiran prosesor AMD Quad Core A10 9620p. Prosesor ini merupakan bagian dari generasi 7th Gen Bristol Ridge series, dimana ia memiliki jumlah 4 core dan 4 thread tambahan.

HP Notebook 15 BW064AXO

Prosesor ini memiliki tingkat clockspeed sebesar 2.5 Ghz dan fitur turbo speed hingga 3.4 Ghz. Selain itu, ia juga memiliki TDP sebesar 15W dan mengintegrasikan GPU Radeon R5 (384 core shader / 6 compute core) dan pengontrol memori DDR4-18600 dual-channel. A10-9620P sedikit lebih cepat dari FX-8800P, sehingga ia bisa memberikan performa yang sangat baik untuk segala pekerjaan yang anda hadirkan pada laptop tersebut.

Pilihan notebook ini juga sudah sangat ideal dengan pilihan 8 GB DDR4-1866 SDRAM (1 x 8 GB), anda bahkan bisa memiliki tambahan RAM dengan ketersedian slot kosong didalamnya, apalagi ia juga sudah mendukung dual channel memori yang akan memberikan kinerja yang jauh lebih baik. HP Notebook 15 BW064AXO hadir dengan pilihan penyimpanan 1 terabyte SATA dengan kecepatan 5400 RPM dengan cache 64 MB. Pilihan penyimpanan ini sudah cukup ideal untuk menyimpan sebagian besar file besar anda.

Untuk urusan grafis, kehadiran dedicated graphic AMD Radeon 530 akan memberikan sesuatu yang sangat ideal untuk kebutuhan gaming anda. Itu karena ia sudah hadir dengan kekuatan VRAm sebesar 2GB DDR3 64-bit. GPU didasarkan pada arsitektur GCN dengan total shader unit skeitar 384. AMD menjamin bahwa pilihan GPU ini mampu mencapai tingkat clockspeed hingga 1024 Mhz, sehingga pilihan game yang tidak terlalu menuntut termasuk game E-Sport yang cukup populer bisa dimainkan dengan tingkat FPS yang cukup nyaman pada pengaturan medium-high.

Display

Laptop ini memiliki ukuran layar sekitar 15.6″ dengan maksimum resolusi HD (1366×768 piksel) yang cukup baik. Ia juga memiliki teknologi panel TN sederhana dengan tingkat kontras dan kecerahannya yang ideal serta dengan masing-masing sekitar 525: 1 dan 250 cd / m². Warna yang dihadirkan cukup jelas, meskipun anda harus berjuang saat berada dilingkungan yang terbuka dengan ruangan yang sangat terang. Bekerja di tempat teduh tentu mungkin, asalkan sudut tampilan disesuaikan dengan hati-hati untuk meminimalkan pantulan. Namun, ia memiliki teks dan gambar yang tidak terlalu tajam karena resolusi rendah dan tampilan real estat yang besar. Dan karena ia memiliki panel TN, maka laptop ini memiliki keterbatasan dalam hal sudut pandang.

Keyboard & Touchpad

Notebook ini memiliki keyboard chiclet dengan pad nomor khusus, namun ia tidak memiliki lampu latar alias backlight. Perjalanan kunci dari kunci plastik sudah memadai, dimana ia memiliki titik tekanan yang terdefinisi dengan baik walaupun keyboard flex terbilang minim. Pengguna yang perlu mengetik banyak mungkin ingin mempertimbangkan laptop yang lebih berorientasi untuk bisnis, namun secara keseluruhan keyboard ini sudah cukup memuaskan untuk digunakan di rumah.

Untuk urusan touchpad, ia memiliki ukuran sekitar 11 x 4,5 cm (~ 4,3 x 1,8 in) dan  dilengkapi dengan dua tombol mouse khusus. Pengguna mungkin akan lebih suka pada pengaturan ini, karena ia memiliki umpan balik yang sangat layak. Tombolnya mungkin tidak terasa kenyal saat tertekan dan agak nyaring. Namun begitu, touchpad ini berukuran cukup besar dan ideal untuk gerak tubuh dan memiliki permukaan halus.

Audio & Webcam

Laptop ini dilengkapi dengan fitur dual speaker yang cukup baik dalam hal kualitas suara. Meskipun begitu, suaranya tetap tidak terdistorsi bahkan pada tingkat volume tinggi. Bass kurang, tapi midsnya setidaknya seimbang. Suara yang dihadirkan cukup nyaring, jadi kami merekomendasikan headphone eksternal atau speaker saat mendengarkan musik atau saat menonton film.

Pilihan yang sama juga hadir pada fitur Webcam, meskipun HP menghadirkan HP TrueVision HD Camera dengan integrated digital microphone, pilihan ini hanya bisa memenuhi kebutuhan video call saja tanpa banyak pilihan extra lainnya yang cukup menguntungkan. Meskipun begitu, hadirnya fitur webcam sudah cukup baik untuk memenuhi kebutuhan sederhana anda, apalagi jika melihat harga yang ditawarkan pada notebook tersebut.

Baterai

HP Notebook 15 BW064AXO hadir dengan pilihan baterai 4-cell, 41 Wh Li-ion. Dengan hadirnya pilihan baterai tersebut, anda akan menghadirkan kekuatan daya tahan selama 4 jam kurang untuk pemakaian normal dan 6 jam lebih ketika laptop dalam keadaan idle. Pilihan ini cukup baik, mengingat harga dan spesifikasi yang cukup besar dihadirkan pada notebook tersebut.

Kesimpulan

Terlepas dari semua hal yang hadir pada laptop ini, HP Notebook 15 BW064AXO bisa menjadi pilihan terbaik anda ketika sedang mencari laptop gaming dibawah harga 7 jutaan. Dengan hadirnya pilihan prosesor AMD Quad Core terbaru, pilihan grafis AMD Radeon 530 dengan 2Gb DDR3 yang cukup diandalkan, serta kekuatan memori sebesar 8GB DDR4, ia bisa memenuhi semua kebutuhan anda untuk performa gaming yang ideal. Meskipun ada beberapa sisi minus yang hadir, diantaranya adalah pilihan port untuk multi display yang hanya menampilkan sebuah port HDMI, kualitas audio dan webcam yang terhitung sederhana.

Namun, dari semua hal yang telah dibahas diatas, HP Notebook 15 BW064AXO layak untuk direkomendasikan bagi para pengguna yang menginginkan sebuah laptop handal untuk performa gaming dengan tingkat fps yang cukup nyaman, khususnya bagi mereka yang suka sekali dengan gaming E-Sport populer dengan pilihan harga yang benar-benar ramah anggaran.

 Baca Juga :



Comments