Elk Cloner Dan Brain, 2 Virus Pertama Yang Mengubah Dunia Komputer

Elk Cloner Dan Brain, 2 Virus Pertama Yang Mengubah Dunia Komputer

Manusia selalu dikelilingi sisi baik juga buruk, hal ini berlaku bagi perangkat elektronik, termasuk sebuah komputer. Mungkin kita semua tahu mengenai sisi baik dari kehadiran komputer, atau setidaknya begitu. Namun, sisi buruk dari sebuah komputer yang memiliki basis perangkat lunak sistem operasi ini tidak terlepas dari kehadiran virus.

Virus komputer ternyata memiliki umur hampir setua komputer itu sendiri. Kebanyakan orang menggunakan istilah “virus komputer” untuk merujuk kepada semua perangkat lunak yang berbahaya, yang juga bisasa kita sebut sebagai malware. Virus komputer sebenarnya hanya satu jenis malware, sebuah program yang mampu mereplikasi dirinya sendiri dan dirancang untuk menyebarkan dari komputer ke komputer. Virus adalah, pada kenyataannya merupakan sebuah awal malware hari ini masih merajalela.




Virus komputer yang hadir pada awalnya cukup jinak. Bahkan, virus seperti “Creeper” (1971) yang hanya menampilkan pesan “I’m A Creeper: Catch Me If You Can” merupakan hanya sebuah eksperimen berbahaya dalam komputasi, tapi benar-benar dikarantina hanya untuk jaringan rumah mereka.

Ternyata mimpi buruk ini memiliki start awal yang sangat lambat. Virus pertama yang menyebar di luar dari jaringan pribadi melakukannya proses replika sepenuhnya offline, dimana ini benar-benar “virus” yang memakai basis floppy disk sebagai media penyebarannya dan dilakukan dari komputer ke komputer oleh tangan manusia.

Bagaimana tepatnya virus pertama yang tersebar ? dan siapa yang menemukan mereka? Yah, itu tergantung pada siapa Anda bertanya, dan apakah mereka memakai Mac atau PC. Sebagai contoh, Virus Apple pertama kali ditemukan ternyata merupakan sebuah lelucon seorang remaja, sednagkan virus PC datang untuk pertama kalinya merupakan bentuk protes terhadap perusahaan untuk anti pembajakan.

Elk Cloner

virus komputer

Elk Cloner merupakan salah satu virus mikro pertama yang diketahui menyebar “di alam liar”, lebih tepatnya di luar sistem komputer atau laboratorium di mana ia ditulis. Ini merupakan virus pertama pada sistem operasi Apple II dan menyebar dengan floppy disk. Ini dibuat pada tahun 1982 oleh programmer dan pengusaha yang bernama Rich Skrenta, dimana saat ia membuatnya, ia masih duduk sebagai siswa SMA yang berumur 15 tahun dan  awalnya dimaksudkan sebagai lelucon, dan dimasukkan ke disk game.

Elk Cloner menyebar dengan menginfeksi sistem operasi Apple DOS 3.3 menggunakan teknik yang sekarang dikenal sebagai virus boot sector. Virus ini melekat pada permainan, dan akan aktif saat permainan ke-50. Saat pertandingan ke-50 terjadi,  virus ini dirilis, tapi bukannya menampilkan game, ia akan merubah layar menjadi kosong dan menampilkan sebuah puisi tentang virus bernama Elk Cloner, puisi itu berbunyi :

“Elk Cloner: The program with a personality

It will get on all your disks

It will infiltrate your chips

Yes, it’s Cloner!

It will stick to you like glue

It will modify RAM too

Send in the Cloner!”

Jika komputer boot dari floppy disk yang terinfeksi, salinan virus ditempatkan di memori komputer. Ketika disk yang tidak terinfeksi dimasukkan ke dalam komputer, seluruh DOS (termasuk Elk Cloner) akan menyebar lewat disk, yang memungkinkan untuk menyebar lagi ke disk lain.

Brain

virus komputer

Brain merupakan virus komputer yang pertama kalinya dirilis dalam bentuk MS-DOS, cikal bakal sistem operasi Windows pada bulan januari tahun 1986. Ia menginfeksi boot sector media penyimpanan dengan file DOS Alokasi File sistem Table (FAT).  Brain ditemukan dan dikembangkan oleh dua bersaudara asal Pakistan, yakni Basit Farooq Alvi dan Amjad Farooq Alvi.

Brain mempengaruhi komputer PC IBM dengan mengganti sektor boot dari sebuah floppy disk dengan salinan virus. Sektor boot riil ini dipindahkan ke sektor lain dan ditandai sebagai bad sector. Disk yang terinfeksi biasanya memiliki kapasitas lima kilobyte bad sector. Label disk berubah menjadi © Brain, dan memiliki teks dimana ini dapat dilihat pada boot sector yang terinfeksi, yakni :

Welcome to the Dungeon (c) 1986 Basie & Amends (pvt) Ltd VIRUS_SHOE RECORD V9.0 Dedicated to the dynamic memories of millions of viruses who are no longer with us today – Thanks GOODNESS!! BEWARE OF THE er..VIRUS : this program is catching program follows after these messages….$#@%$@!!




Ada banyak variasi kecil dan besar dalam teks tersebut. Virus ini memperlambat kinerja floppy disk drive dan membuat menghilangkan tujuh kilobyte memori untuk DOS. Brain ditulis oleh Amjad Farooq Alvi, yang pada saat itu tinggal di dekat Stasiun Lahore, di Lahore, Pakistan. Ia merilis virus ini untuk melindungi perangkat lunak medis mereka dari pembajakan, dan justru akan menimbulkan pelanggaran hak cipta.



Baca juga :




Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com