Cloud Hosting

Ponsel Android anda Lambat? Tips ini mungkin berguna

Hampir semua orang memiliki smartphone berbasis android, apalagi tahun ini, pengguna smartphone berbasis android meningkat cukup pesat. Saat ini, setiap orang yang memiliki smartphone tersebut setidaknya tahu bagaimana cara menggunakannya dan pasti juga memiliki kendalanya juga. Salah satu kendala yang sering dialami oleh pengguna android yaitu smartphone tersebut kadang tidak secepat ketika pertama kali membelinya. Hal ini bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari penggunaan smartphone yang berlebihan ketika sedang bermain game, internet, dan sebagainya. Ataupun banyak file yang tidak terlalu berguna bagi anda. Berikut adalah beberapa tips bagi anda agar smartphone android  yang anda miliki bisa bekerja lebih cepat kembali.

1.       Hapus semua Aplikasi yang  tidak anda butuhkan

Anda pasti tahu apa yang saya maksud. Kadang-kadang Kita suka mengunduh  aplikasi  yang sebetulnya kurang berguna bagi kita atau tidak sengaja mengunduh aplikasi dan terinstal secara otomatis. Untuk beberapa saat kita masih menyadari ada aplikasi tersebut, namun lama-kelamaan kita akan lupa betapa banyaknya aplikasi yang kita unduh dan tidak terpakai sama sekali. Hal ini yang mengakibatkan  ponsel Anda lambat dengan menggunakan sumber daya seperti siklus CPU untuk layanan latar belakang, mengambil blok memori dan memecah-belah penyimpanan Anda, dan umumnya mengacaukan tempat.

Untuk menghapus aplikasi yang telah Anda download, Anda dapat menghapusnya di bagian pengaturan perangkat dan cari  App “manager.”  Setelah terbuka, pilih tab yang tertulis  “download” dan telusuri daftar tersebut . Bila Anda menemukan sebuah aplikasi yang perlu anda hapus, tekan entri daftar untuk membuka layar Info aplikasi. Di bagian atas Anda akan melihat tombol Uninstall itu. Dan anda tinggal mengatakan selamat tinggal pada aplikasi tersebut.

2.       Bersihkan “Junk File”/ File sampah dari Drive tempat penyimpanan data

Kadang-kadang kita lupa ketika kita mempunyai file yang mempunyai salinan yang sama, mengambil photo yang seharusnya satu kali ambil, namun beberapa kali pengulangan sehingga banyak file yang tidak terpakai, atau ketika browsing diinternet, banyak temporary files. Hal ini menyebabkan memory tempat penyimpanan penuh dan tidak teratur, dan berdampak pada lambatnya ponsel android anda.

Untuk menghapusnya, buka halaman penyimpanan dalam pengaturan dan lihat  ke bawah daftar sampai Anda melihat sebuah entri untuk “Lain-lain.” Sentuh, dan Anda akan melihat daftar aneka file aplikasi yang telah dibuat pada perangkat penyimpanan Anda. Jika Anda melihat sesuatu yang Anda tahudan  Anda tidak perlu lagi, Anda bisa menghapusnya sini. Jika Anda tidak tahu file tersebut jangan  menghapusnya terlebih dahulu.

Anda juga bisa memakai aplikasi untuk membersihkan file sampah, salah satunya CC Cleaner. Software ini sangat berguna juga bagi Ponsel android yang anda gunakan.

3.       Bersihkan Cache Data

Cache Data artinya komponen yang menyimpan data permintaan; data yang disimpan dalam cache mungkin hasil dari perhitungan sebelumnya , atau duplikat data yang tersimpan di tempat lain .

Data cache umumnya merupakan hal yang baik. Bisa  menjaga beberapa hal dalam penyimpanan lokal, seperti thumbnail posting untuk aplikasi Android Central,yang memungkinkan  Anda tidak perlu men-download kembali  anda membuka aplikasi itu sendiri. Namun, Aplikasi yang Anda jarang gunakan akan memiliki cache data yang tidak hanya memakan ruang, tetapi selalu ketinggalan zaman dan perlu  dibangun kembali pula. Kadang-kadang, data cache dapat menyebabkan bug . Anda dapat menghapus cache untuk sebuah aplikasi individu di dalam halaman info Application.

Buka pengaturan pada Android Anda, dan pergi ke halaman penyimpanan perangkat. Lihat  ke bawah daftar sampai Anda melihat entri data cache, dan tekan di atasnya. Anda akan melihat pop-up yang memberitahu  bahwa Anda dapat membersihkan semua data cache. Anda juga bisa menggunakan aplikasi CC Cleaner untuk ini.

4.       SD card Anda bermasalah?

Kartu memory SD card mungkin merupakan ruang penyimpanan yang sangat berguna, tapi lain halnya ketika anda memasangkan kartu sd card yang cukup besar pada perangkat ponsel android anda yang pas-pasan, atau anda memasangkan sd card yang memang sudah bermasalah dari awalnya. Kebanyakan orang tidak tahu, bahwa ruang penyimpanan ini bisa bermasalah dan sangat membuat ponsel android anda bekerja secara lambat. Ada baiknya ketika anda membeli sebuah sd card, diformat terlebih dahulu, atau ketika sudah sangat bermasalah, anda coba untuk memformat dahulu.

Catatan : Format sd card anda akan mengakibatkan hilangnya data-data.

 

5.       Factory Reset

Langkah terakhir sebelum anda mengirimkan ponsel anda ke tukang servis, adalah mereset semuanya dengan cara Factory reset.

Factory reset  membuat segalanya terhapus  dan harusnya bisa mengembalikan ponsel ke kondisi yang sama ketika  pertama kali Anda membuka ponsel tersebut. Update firmware akan tetap ada, tapi hal-hal seperti pesan teks dan data lainnya akan hilang selamanya . Tapi kadang-kadang , sebuah awal baru adalah cara terbaik untuk pergi .

Nah, beberapa Tips diatas semoga cukup bermanfaat bagi anda sekalian.

[yasr_visitor_votes size=”small”]
Comments

Artikel Terkait