Apa Sih Memori ECC Itu ? Begini Penjelasannya

Apa Sih Memori ECC Itu ? Begini Penjelasannya

Terkadang kita suka melihat banyak pilihan memori yang tersedia dipasaran, dan salah satunya hadir dalam bentuk ECC memory. Pengguna yang sudah terbiasa dengan dunia PC mungkin mengenalnya secara pasti, namun nyatanya banyak juga dari kita masih awam dengan hal tersebut. Jadi, dalam artikel ini, mari kita ungkap sekilas pengertian tentang Memori ECC.

Kehadiran jenis tipe memori ECC biasanya hadir untuk komputasi server, dimana jenis komputer skala besar ini memiliki banyak data untuk diolah dan diatur sebagai terminal utama dari banyaknya arus masuk dan keluar sebuah atau sekumpulan data. Ibaratnya, server itu layaknya sebuah stasiun kereta yang sangat besar, jadi untuk menghindari banyak kesalahan, pilihan komponen yang dimiliki oleh sistem ini biasanya memiliki perangkat yang stabil, mampu mengatur semua hal secara baik.

Baca juga : Hal Yang Perlu Kita Ketahui Tentang Latency & Kecepatan Memori

Jadi, Apa Sih Yang Dimaksud Dengan Memori ECC itu?

Secara harfiah, memori ECC memiliki kepanjangan dari Error-correcting code memory, dimana ini merupakan jenis penyimpanan data komputer yang dapat mendeteksi dan memperbaiki jenis-jenis korupsi data internal yang paling umum. Memori ECC digunakan di sebagian besar komputer di mana korupsi data tidak dapat ditoleransi dalam keadaan apa pun, seperti untuk komputasi ilmiah atau keuangan.

Biasanya, jenis memori ECC mempertahankan sistem memori yang kebal terhadap kesalahan satu bit: data yang dibaca dari setiap kata selalu sama dengan data yang telah dituliskan ke dalamnya, bahkan jika satu atau lebih bit yang sebenarnya disimpan telah dibalikkan ke bagian yang salah. Kenyataannya, sebagian besar memori non-ECC tidak dapat mendeteksi banyak kesalahan, meskipun beberapa memori non-ECC dengan dukungan paritas memungkinkan deteksi, namun mereka biasanya tidak memiliki koreksi.

Perbedaan antara memori ECC dan non-ECC (non-paritas)?

Seperti apa yang telah kami jelaskan diatas, memori ECC dapat mendeteksi beberapa kesalahan dalam data yang dikembalikan dan ia benar-benar bisa memperbaiki kesalahan tersebut. Itu karena memori ECC biasanya memiliki 8 bit ekstra untuk mendukung ECC. Hanya saja, pengguna yang menginginkan pilihan memori ECC harus memiliki mobo dengan dukungan penuh untuk ECC, dan semua memori dalam sistem juga dapat didukung secara aktif. Biasanya, spesifikasi board sistem akan memberi tahu pengguna apakah kita dapat menggunakan ECC atau tidak.

Menggunakan ECC biasanya menurunkan kinerja PC Anda sekitar 2%. Namun, DRAM dengan teknologi ini sangat stabil dan kesalahan memori jarang terjadi, dan yang paling penting, memori ECC hanya diperlukan dalam lingkungan misi kritis seperti server web. Ini berfungsi jauh dari kata banyak bermanfaat bagi pengguna rata-rata di lingkungan rumahan. Itulah makanya jenis memori ini banyak dipakai di perusahaan.

Memori ECC

Namun, terkadang pengguna juga memiliki sistem server dirumah mereka sebagai pilihan komputasi server skala kecil, sehingga pilihan memori ECC tentu sangat ideal untuk kebutuhan tersebut. Hanya perlu diperhatikan bahwa, anda harus mencocokkan jenis memori yang sudah terpasang di sistem. Jika Anda tidak yakin apakah anda memiliki ECC atau non-ECC, hitung jumlah chip IC hitam kecil yang terpasang pada salah satu batang memori yang ada. Jika jumlah chip di satu sisi genap, seperti 4 atau 8, berarti anda memiliki memori non-ECC. Jika jumlah chip di satu sisi TIDAK sama, seperti 9, Anda memiliki ECC.

Jadi, Apa Yang Bisa Kita Ambil Dari Semua Hal Yang Telah Kita Bicarakan?

Intinya, jika anda sedang membangun PC dan berencana untuk menggunakan sistem sebagai server, memiliki memory ECC memiliki keuntungan tersendiri dengan menghadirkan sistem yang sangat stabil dan akan memastikan integritas data . Namun, jika anda berencana untuk menggunakan PC sebagai aplikasi rumahan, kantor, atau permainan biasa, pilihan paling ideal adalah memilih memori non-ecc.

 Baca Juga :



Comments

VIDEO TERBARU MURDOCKCRUZ :

Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com