- Berita Terbaru, Gaming Gear, Hardware, Monitor, Tutorial

Pilihan Monitor Gaming Yang Ideal : 60Hz VS 120Hz atau 144Hz?

Monitor Gaming Yang Ideal– Ada banyak pertanyaan mengenai pilihan monitor gaming yang baik hari ini, dan salah satu pertanyaan tersebut biasanya hadir dalam bentuk “ pilihan monitor mana yang paling ideal untuk gaming ?”. Apakah saya harus memiliki pilihan monitor yang memiliki tingkat refresh rate diatas 120Hz atau 60 Hz juga sudah cukup? Jawabannya cukup sederhana, ini tergantung pada komponen hardware yang anda miliki saat ini atau rencana kedepannya.

Namun sebelum mendalami pertanyaan tersebut, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui, khususnya mengenai berbagai istilah yang hadir dalam spesifikasi sebuah monitor. Atau lebih khususnya pada pendalaman refresh rate, dimana istilah ini mungkin masih cukup awam bagi pengguna pada umumnya. Sehingga, ketika anda sudah mengerti dengan istilah ini, anda bisa melihat bagaimana kebutuhan monitor yang ideal untuk anda.

Baca juga : 6 Tips Ampuh Sebelum Membeli Monitor Gaming Yang Ideal

Jadi, apa sih Refesh Rate itu?

Refresh Rate merupakan tingkat penyegaran alias refresh seberapa kali dalam detik sebuah layar bisa memperbarui buffernya. Refresh Rate mencakup gambar bingkai identik yang berulang, sementara rasio frekuensinya mengukur seberapa sering sumber video dapat memberi makan seluruh bingkai data baru ke tampilan. Refresh Rate biasanya diukur dalam HZ pada batasan siklus perdetik, artinya jika monitor anda memiliki tingkat refresh 60 hz, maka monitor tersebut mampu me-refresh image 60 kali per detik.

Monitor Gaming Yang Ideal

Walaupun ini biasanya berbeda dengan tingkat frame, namun bisa kita jadikan patokan untuk membeli sebuah monitor gaming yang ideal sesuai dengan kebutuhan kita. Karena dengan hadirnya patokan ini, anda setidaknya bisa mengkalkulasi bagaimana kemampuan sistem anda pada layar atau sebaliknya, apalagi jika sistem anda memiliki kekuatan yang besar untuk dunia gaming. Sehingga, anda tidak memilih pilihan hardware yang kurang pas dan bisa memaksimalkan potensi sistem anda pada monitor, khususnya untuk urusan gaming.

Jadi, apakah saya harus memilih monitor 60Hz, 120Hz atau 144Hz?

Dan ini berkaitan langsung dengan pilihan yang ideal, dimana semua jawaban biasanya tergantung pada kebutuhan dan kemampuan perangkat anda. Contohnya, jika anda memiliki sistem PC dengan kekuatan GPU yang bisa menghadirkan gaming pada tingkat frame rate diatas 70 Fps ( dalam semua pengaturan), maka sangat tidak ideal untuk menghadirkan pilihan monitor dengan kekuatan refresh rate hanya 60Hz. Anda seolah mengorbankan potensi maksimal yang dimiliki sistem anda, khususnya GPU untuk pengalaman gaming yang jauh lebih baik.

Selain itu, ada beberapa masalah yang hadir karena keterbatasan monitor dengan tingkat refresh rate 60 Hz, biasanya hadir dalam bentuk screen tearing, stuttering dan sebagainya. Jadi, ketika anda memiliki masalah ini, bukan karena masalah software atau hardware, namun lebih pada keterbatasan monitor yang anda miliki. Hanya saja jika anda memaksa untuk pilihan yang lebih murah (60Hz monitor biasanya memiliki anggaran terjangkau), maka anda mungkin perlu mengaktifkan beberapa fitur atau alternatif.

Kehadiran in-game setting seperti V-Sync akan memberikan tingkat frame rates dalam game untuk bisa mengatasi masalah ini, meskipun juga akan memberikan sedikit hal yang cukup menggangu dalam game. Namun, hal yang terbaik adalah mendapatkan pilihan monitor dengan fitur Sync, baik dari AMD FreeSync maupun Nvidia G-Sync. Dua pilihan teknologi inilah merupakan jawaban yang jitu untuk masalah keterbatasan pada monitor.

Berbeda halnya ketika anda ingin mendapatkan pilihan monitor dengan 120 Hz atau bahkan lebih tinggi seperti 144 Hz, anda pasti akan bisa mendapatkan pengalaman yang jauh lebih seru dan meyakinkan, apalagi jika fokus anda ada pada dunia gaming Fps yang membutuhkan konsentrasi tinggi. Hanya saja, perlu anda ketahui bahwa pilihan hardware pada sistem tentu perlu mencukupi untuk semua kebutuhan monitor high-end ini. Anda mungkin tidak perlu memilikinya jika GPU anda tidak yakin untuk bisa memenuhi gaming dengan tingkat 120 Fps/ detik pada setiap pengaturan dalam gaming. Bebeda ceritanya jika anda mampu memenuhi pilihan GPU seperti Nvidia GTX 1080 ke atas didalam sistem anda.

Kesimpulan

Jadi, itu dia sedikit penjelasan tentang refresh rate dan pilihan monitor mana yag ideal untuk anda, khususnya dilihat dari segi ini. Dengan adanya penjelasan ini, mungkin hal yang kami ungkapkan diatas bisa memberikan jawaban atau pengetahuan yang jauh lebih luas, apalagi jika anda berencana untuk membeli monitor gaming dalam daftar belanja anda. Jadi, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan follow akun media sosial kami dibawah ini.

 Baca Juga :



Comments

About Indra Setia Hidayat

Saya bisa disebut sebagai tech lover, gamer, a father of 2 son, dan hal terbaik dalam hidup saya bisa jadi saat membangun sebuah Rig. Jauh didalam benak saya, ada sebuah mimpi dan harapan, ketika situs ini memiliki perkembangan yang berarti di Indonesia atau bahkan di dunia. Tapi, jalan masih panjang, dan cerita masih berada di bagian awal. Twitter : @murdockcruz Email : murdockavenger@gmail.com
Read All Posts By Indra Setia Hidayat

1 thought on “Pilihan Monitor Gaming Yang Ideal : 60Hz VS 120Hz atau 144Hz?

Comments are closed.