Corsair Vengeance LPX 32 GB DDR4-4333 Siap Terjun Untuk PC Enthusiast

Kebutuhan kapasitas RAM hari ini cukup besar untuk PC modern yang tangguh yang serba cepat, untuk itulah Corsair baru-baru ini mengungkapkan kit memori baru yang diberi nilai 32 GB, dimana ia mampu berjalan pada kecepatan DDR4-4333. Produk tersebut terdiri dari empat modul dan merupakan salah satu rangkaian DIMM tercepat yang menampilkan kapasitas besar hingga saat ini. Ya, mereka menamakannya sebagai Corsair Vengeance LPX 32 GB DDR4-4333(CMK32GX4M4K4333C19).

Yang paling menarik di sini adalah persyaratan kompatibilitas kit yang sangat spesifik, dimana kit ini hanya kompatibel dengan beberapa prosesor Intel Core generasi ke-8 terbaru. Sehingga  Corsair lebih menyarankan bagi konsumen yang tertarik RAM tersebut untuk memastikan kompatibilitas. Kit Corsair’s Vengeance LPX 32 GB DDR4-4333 (CMK32GX4M4K4333C19) memiliki nilai operasi dalam mode dual channel 4333 MT / s dengan timing CL19 26-26-46 dan 1,5 V.

Seperti modul DDR4 kelas antusias terbaru lainnya, DIMM 8 GB dari kit terbaru ini didasarkan pada chip DRAM B-die pre-binned Samsung yang dibuat dengan menggunakan teknologi proses 20 nm. Modul ini secara tradisional menampilkan profil XMP 2.0 dengan pengaturan SPD yang sesuai agar penyiapannya lebih mudah. Untuk memastikan bahwa perangkat 32 GB DDR4-4333 bisa bekerja dengan stabil, Corsair telah melakukan beberapa tes dengan menggunakan CPU Intel Core i5-8600K yang berjalan pada motherboard ASUS ROG Maximus X Hero.

Corsair Vengeance LPX 32 GB DDR4-4333
Image credit : anandtech.com

Hasilnya, Intel Coffee Lake CPU mampu bekerja sedikit berbeda dengan modul DDR4 high-end lainnya yang lebih rendah dan memerlukan sub-timing tRAS yang lebih longgar daripada CPU Kaby Lake sebelumnya. Dengan pemikiran tersebutlah tidak mengherankan jika Corsair’s Vengeance LPX 32 GB DDR4-4333 kit hanya ditujukan untuk prosesor Coffee Lake terbaru. Namun, Corsair mengatakan bahwa tidak semua CPU Coffee Lake dapat menangani kecepatan DDR4-4333. Hal ini disebabkan kombinasi clockspeed kit yang sudah tinggi, ditambah dengan fakta bahwa menjalankan 4 DIMMs (2 DPC) jauh lebih sulit dilakukan pada pengontrol memori dari 2 DIMM (1 DPC). Secara fungsional, ini adalah aspek overclocking prosesor – dalam bentuk overclocking controller memori  dan dengan Corsair mendorong amplop begitu keras, pada akhirnya tidak semua CPU akan mampu menjaga stabilitas overclock ini.

Akibatnya, Corsair merekomendasikan penggunaan prosesor pre-binned dan motherboard yang benar-benar berkualitas tinggi dengan dukungan kit 4 DIMM  sepenuhnya. CPU semacam itu dijual oleh toko tertentu, seperti Overclocker dari Inggris dan CaseKing.de, dan harganya lebih mahal daripada komponen biasa karena memerlukan waktu untuk menemukan sampel dengan potensi overclocking yang jauh lebih ideal. Dengan posisi yang sangat spesial dari kit Vengeance LPX 32 GB DDR4-4333, masih harus dilihat apakah Corsair akan menjualnya langsung dari situs webnya, atau melalui pengecer tertentu.

 Baca Juga :




Comments